Perjalanan Saya dari Kerja Nyata Sampai Akhirnya Jadi Blogger

Discussion in 'Online Business' started by wimaogawa, Dec 7, 2015.

  1. wimaogawa

    wimaogawa Member

    Joined:
    Jan 2, 2015
    Messages:
    20
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Sebelumnya mohon maaf kalo salah sub forum ya min :D

    Perkenalkan gan, saya seorang newbi dari pelosok kabupaten batang-Jateng yang mencoba mencari peruntungan di dunia internet. Tahun 2007 adalah pertama kalinya saya diperkenalkan dengan komputer, itupun karena masuk salah satu sekolah negeri di kota Batang. Sekedar info saja, saya bukan anak SMK TKJ gan, tapi SMK Otomotif.Itupun salah jurusan, karena saya sebenarnya hobi oprek barang elektronik, bukan oprek mesin motor atau mobil hehe apess bener.

    Selama 3 tahun di SMK, saya stress kalau ada pelajaran KKPI (mapel Komputer) karena sama sekali gak ada minat di bidang komputer gan. Ngetik 100 kata di ms. word saja butuh waktu cukup lama pake 11 jari pula :D. Apalagi kalo disuruh pake rumus excel, mau muntah rasanya..haha. Tapi untungnya saya punya temen yang agak pinter soal komputer gan, namanya Tepe. Walaupun otaknya agak mesum tapi gak pelit berbagi ilmu. Hampir tiap minggu saya ke warnet bareng dia gan walaupun cuma buka fb atau sekedar buka situs bok*ep :D.

    Singkat cerita saya lulus SMK tahun 2010. Setelah lulus ternyata tidak sesuai harapan gan. Saya nganggur selama 6 bulan. Selama 6 bulan itu saya mencoba melamar kerjaan kesana kemari tapi hasilnya nihil, kalopun dipanggil buat test pasti gagal di tahap test kedua/interview. Apes banget pokoknya. Dalam seminggu minimal 1 kali saya keliling kota buat nyari kerjaan.

    Sebenarnya ada beban pikiran gan, kebetulan selama 3 tahun di SMK saya selalu peringkat 2 besar, kalo gak peringkat 1 ya 2 dan 3 kali mendapat juara debat bahasa inggris ( juaranya berapa saya lupa, hehe). Nah karena faktor ini hidup saya terasa berat gan. Teman yang notabene peringkat di bawah saya malah bisa ketrima di perusahaan-perusahaan besar dengan gaji 5 juta keatas/bulan. Pernah saya berfikir hidup ini tidak adil, tapi saya sadar mungkin rejeki saya bukan di perusahaan besar tapi ada di bidang lain.

    Nah, buat ngisi waktu luang daripada nganggur saya bantu ortu gan. Kadang ikut bapak panen jagung, nyari bekicot di sawah, ngemes jagung ( memberi pupuk), muwur jagung (menanam jagung), meme jagung (mengeringkan jagung), dan yang paling keren jadi offroader dadakan gan, bawa hasil panen pake motor yang jaraknya kurang lebih 4 kilo dengan track pegunungan.hhmmmm. Sebenarnya kegiatan ini juga sering dilakukan waktu libur sekolah dulu.

    Berbulan-bulan di rumah akhirnya bosan juga gan. Kemudian saya di ajak sodara buat bantu-bantu di rumahnya, daerah Pekalongan (dulu di Perempatan Sorogenen). Rumahnya lumayan besar gan, soalnya rumah yayasan kalo gak salah.

    Disana saya bantu nambal ban sembari nunggu panggilan kerja ( sodara saya yang nyari info kerja di pabrik batik). Singkat cerita saya kerja di pabrik batik itu gan, dengan upah 15 ribu perhari. Soal gaji gak saya permasalahkan, cuman rekan kerja banyak yang gak respect. Akhirnya saya keluar setelah beberapa hari disana.

    20 Desember 2010
    Yapss.. tanggal 20 desember 2010 adalah titik awal saya merambah bisnis online. Sekitar tanggal 13 Desember sore, ada seseorang yang mencari saya. Dan kabar baiknya beliau mau mencarikan saya kerja. Wah bungah atine aku,,hehehe.

    Singkat cerita saya bertandang ke rumah bapak Prawito (orang yang mencari saya tadi). Beliau adalah pemilik titipan motor di daerah sekitar pantura. Sekedar info saja, dulu waktu sekolah saya sering nitip motor di rumah beliau karena belum punya SIM waktu itu, takut kena tilang kalau sekolah bawa motor,,haha.

    Di rumah Bapak prawito saya dipertemukan dengan Bos Indoplasa. Intinya saya diajak untuk membantu pekerjaan di Semarang. Setekah sepakat, akhirnya saya ke Semarang buat kerja perdana di dunia internet :D

    Setelah sampai di tempat kerja ternyata tidak sesuai harapan, ternyata disini hanya ada beberapa komputer dan laptop saja. Baru sadar ternyata dulu si Bos ternyata adalah Bos warnet yang kemudian bangkrut.

    Mungkin temen-temen bertanya-tanya apa pekerjaan saya disini. Di tempat kerja ini saya multi fungsi gan, bangun jam 5 pagi, sholat shubuh, nyapu, ngepel, ngosek WC, kadang juga masak, pokonya full, hehe. Nah, setelah jam 7 saya kerja gan. Kerjanya sebenernya ringan, cuma posting kaskus biar postingannya 2000 biji terus id nya dijual.

    Tapi bagaimana hasilnya? gak sesuai harapan gan.. 2000 postingan saya butuh waktu seminggu lebih, itupun dibantu temen saya. Karena gak ada prospek di bisnis ini akhirnya saya disuruh buat jadi customer service VPN/Wi-free(bahasanya keren yak,,kwkwkw).

    Dari VPN ini akhirnya saya paham, oh ternyata si BOS menjual trik internet tanpa kuota dengan harga yang murah. Selain VPN si Bos juga menjual akun premium buat download (yang hobi download dari filehosting rapidator, uploaded, dll pasti tau). Kadang juga terima jasa instal ulang. Disini mindset saya tentang bisnis onlen mulai berkembang, namun sekali lagi setelah bekerja disini selama beberapa bulan saya tidak mendapat ilmu apa-apa. Setelah kurang lebih 5 bulan bekerja disana akhirnya saya memutuskan resign, karena kerja full time gan. Jam 7 pagi sampai 10 malem.

    Bulan-bulan berikutnya saya nganggur lagi, hehe. Otomatis kembali ke rutinitas sebelumnya, yaitu bantu-bantu bapak di ladang/sawah. Hingga akhirnya sodara saya di Pekalongan sms yang intinya ada tawaran kerja di Rental Komputer. Letaknya dekat salah satu radio Pekalongan.

    Besoknya saya langsung mencoba melamar dan hari itu langsung kerja. Bagaikan disambar petir di siang bolong gan, hari itu juga setelah makan siang saya dipecat walaupun secara halus. lho kok bisa? Tau sendiri kan saya tdk bisa mengoperasikan ms. word apalagi ms. excel, kwkwkw. Dan akhirnya pulang dengan penuh kekecewaan sembari membawa amplop berisi 15rb hasil kerja setengah hari.

    Karena frustasi akhirnya saya mencoba mencari kerja lagi gan. Kali ini saya mengajak teman saya yang sama-sama pengangguran hehe, sekarang dia jadi Kurir JNE. Target operasi saat itu kawasan industri Candi semarang. Tapi disitu cuma muter-muter doang gan, hingga akhirnya melamar di Indom*ret. Tapi sialnya cuma saya yang ketrima dan temen saya ketolak. Walaupun hanya ketrima di Ind*maret, saya syukuri gan yang penting ijazah laku :D. Tapi sebenarnya berat, ijazah SMK Otomotif masak kerja di ind*maret.

    Kerja di Ind*maret saya punya angan-angan gan, 3 bulan gajian uang bakalan saya kumpulin buat beli laptop second yang nantinya buat bisnis onlen seperti sebelumnya. Tapi apalah daya gajian sekedar lewat aja, pas buat bayar kost- kost-an sama bayar utang di warteg. Belum lagi dikasih ke simbok walaupun sedikit, hehe. Eh satu lagi tiap bulan pasti gaji karyawan ind*maret dipotong buat ganti rugi barang yang hilang walaupun beberapa puluh ribu rupiah saja. Waktu itu UMK Semarang sekitar 900ribuan (Tahun 2011).

    Di kost-kost-an saya punya kenalan anak kuliahan gan, dia anak Udinus asal Brebes/Banyumas. Sekedar info saja, saya kerja di Ind*maret Suyudono, daerah Tugu Muda, Semarang. Sebenarnya dia punya mindset bisnis yang sama dengan saya dan ingin membangun bisnis bersama. Tapi apalah daya bulan ke 4 di Ind*maret akhirnya saya resign lagi karena diterima kerja di pabrik baru daerah Batang.

    Minggu pertama di Pabrik di luar dugaan gan, ternyata masih dalam proyek perakitan mesin. Kerja jam 8 pagi pulang jam 8 malam. Kerjanya bongkar peti mesin sekalian angkat-angkat besi, itung-itung fitnes gratis :D. Tapi lumayan gan setelah proyek perakitan selesai diangkat jadi mekanik :D.

    Nah, Setelah kurang lebih 4 bulan kerja di sana kejadian apes menimpa saya. Pas berangkat kerja shift malam, motor yang saya naiki terlindas truk gan. Untungnya saya masih diberi keselamatan oleh Allah SWT. Motor hancur lebur, ringsek.

    Stres saya gan, motor satu-satunya buat berangkat kerja hancur. Beruntungnya si sopir masih berbaik hati memberi ganti rugi 5 juta rupiah. Padahal motor baru saja lunas 6 bulan silam, apess. Uang 5 juta itu akhirnya saya jadikan DP buat ambil motor baru. Yah setoran motor lagi..hmmmm

    Alhamdulillah gan, gara-gara setoran motor otak bisnis saya jalan lagi. Setelah pulang kerja saya biasanya ke warnet. Di sana saya membuat lapak di forum Kaskus. Yapss.. tidak jauh beda dari yang dulu saya mengikuti jejak bos saya jualan akun premium. Minggu pertama setelah jualan lewat kaskus akhirnya pembeli pertama datang gan. Bahagianya luar biasa,, ( ngungkuli lebaran :D).

    Setelah pundi-pundi rupiah berdatangan lewat kaskus, alhamdulillah bisa beli tablet gan dengan harga 600ribu. Walaupun kurang maksimal tapi lumayan lah bisa buat nyundul lapak kaskus + browsing-browsing. Maklum gan, dulu saya belum punya laptop, hp juga belum ada layanan internetnya,hehe.

    Pertanyaannya Kenapa dulu gak beli tablet langsung dari gajian pabrik? jawabannya simple gan Uang cuma cukup buat setor motor, dikasih ke simbok + beli bensin dll :D. Maklum gan UMK di kota saya masih rendah kala itu.

    Bulan-bulan berikutnya pembeli semakin bertambah, dengan uang hasil onlen tadi saya membeli notebook kecil seharga 1.800.000 dari kawan saya. Tidak lupa membeli hape yang ada layanan internetnya :D. Sayapun mengajak beberapa teman pabrik maupun teman SMK buat kerja sama. Modal hp + lapak di kaskus urusan beres :D

    Hari-hari di pabrik setelah menjalankan bisnis ini saya seperti orang gila gadget gan. Tiap kerja selalu curi-curi waktu buat ym-an/balas sms para client, kadang juga kena tegur sama Mandor :D. Hingga akhirnya awal tahun 2013 saya memutuskan resign dari pabrik dan fokus kerja lewat internet gan. Dalam benak saya yang penting sehari bisa dapat duit 40rb/hari gak masalah gan.

    Awal saya jadi pengangguran monoton banget gan. Tiap hari onlen sampe lupa waktu, kadang tidur hanya 2 jam sehari. hmmmm. Tapi Itu semua saya lakukan demi mencari peluang bisnis di internet.

    Bulan ke empat di tahun 2013 saya mengembangkan bisnis lagi, yaitu jualan SSH. Yapss.. yang pernah pake SSH mungkin sebagian tahu saya :D. Di bisnis SSH ini untungnya lumayan gan. Buat beli server/VPS bisa sampai 4jt/sebulan, keuntungan sekitar 3 jutaan(untung bersih kurang tau,hhh). Waktu itu punya VPS kurang lebih 20. Untuk tool dan lain-lain kadang saya membuat sendiri, seperti inject, launcher, P-Link, dll yang tentunya ilmu diambil dari internet pula.

    Karena kuwalahan akhirnya saya mengajak beberapa teman lama buat menjadi admin grup, seperti ibenz a.ka Gentho Alas Roban (sekarang jadi pegawai pertanian juga jadi publihser youtube) , Ucup a.ka Youhasbeen KissedBy Nadez (sekarang kerja di kalimantan), dan Tepe a.k.a Sompret Bergembira (sekarang kerja di Jepang, orang ini yg ngajarin saya tentang komputer :D ).

    Di bisnis SSH di akhir tahun 2014 saya berhenti jualan SSH karena trik yang digunakan cepet coid (karena bug mudah ditutup oleh Provider). Dan satu lagi, setelah jualan SSH, saya juga sudah tdk jualan akun premium lagi gan karena kuwalahan. Bayangkan, hampir tiap jam ada saja yang order SSH, baik lewat sms, whatsapp, bbm, juga dari fb belum lagi memandu client yang sama sekali belum paham instalasinya. (yang pernah jualan ssh pasti mengalami hal yang sama, hehe)

    Terus penghasilan bagaimana gan setelah gak jualan akun premium sama SSH? Saya benar-benar gak punya saldo di ATM, buat beli pulsa saja susah. Akhirnya ya ngutang sama temen gan buat sekedar beli pulsa/bensin. Dan pastinya kembali ke kehidupan dulu saat pengangguran selepas SMK gan, ngirit banget :D

    Hingga akhirnya kawan saya, Ibenz yang sudah saya anggap sebagai sodara sendiri ngasih ide ngeblog sama jadi publisher youtube. Awalnya saya ragu karena ngeblog pasti butuh teknik yang gak gampang, tentunya perlu ilmu SEO juga agar postingan muncul di halaman pertama google. Apalagi youtube, perlu teknik editing yang bagus.

    Setelah googling dan mendapat beberapa referensi tentang blog & youtube akhirnya saya mencoba upload beberapa video ke youtube dan saya daftarkan ke Google Adsense. Hasilnya memuaskan, aplication diterima. Selanjutnya saya msuk ke grup Youtube Partner Indonesia atas rekomendasi Erick Van Wilder (pernah beli ssh di saya).

    Disana ternyata ada beberapa trik reupload video menggunakan RDP/VPS Windows dan beberapa trik lainnya. Sampai akhirnya saya mencoba reupload menggunakan RDP tadi. Tapi hasilnya di luar dugaan, video tidak bisa dimonetize (mungkin saya yang terlalu begok, kwkwkwk). Karena frustrasi akhirnya saya mundur dari dunia publisher youtube, hingga akhirnya melirik dunia blogging.

    Sebenarnya saya punya blog gan, tapi tidak terurus. Isinyapun seputar SSH dan tool-tool pendukung internet gratis lainnya. Hingga akhirnya saya edit template dan isi beberapa artikel kemudian saya daftarkan ke Google Adsense. Hasilnya di luar dugaan. Blog dengan niche trik jebol provider tapi diterima. Saya sampe senang kegirangan waktu itu.

    Kemudian saya berfikir untuk merubah niche blog, hingga akhirnya saya ubah blog tadi ke niche Pendidikan. Kebetulan sejak pertengahan 2013 saya kerja sambilan di SD sebagai tenaga administrasi walaupun gaji 200rb/bulan. Jangan kira kerja sambilan di Sekolah penghasilannya banyak gan, banyak korbannya daripada untungnya :D

    Seteleh sekitar 4 bulan ngeblog akhirnya bisa gajian juga gan. Tapi selama 4 bulan tadi beberapa masalah muncul gan, domain ane error. Wah pusing bukan kepalang waktu itu, hinggak akhrinya vakum selama 2 minggu. Tapi ternyata setelah 2 minggi vakum blog kembali normal. Alhamdulillah

    Gajian pertama dari Google Adsense lumayan gan, sekitar Rp 1.700.000. Tapi seperti biasa gan, gajian cuma numpang lewat buat bayar hutang doang, maklum gak punya duit :D.

    Bulan-bulan berikutnya saya semakin semangat ngeblog gan dan akhirnya gajian lagi di bulan berikutnya. Lumayan dapat $540 atau sekitar Rp 7.300.000. Target saya gak muluk-muluk gan 3 juta/bulan sudah lebih dari cukup. hehe

    Di bulan November kemarin alhamdulillah gan bisa gajian $680 dai google dan bulan Desember ini juga sama sekitar $680. Doakan gan biar bisa cari tanggal 23 mendatang :D

    Perlu digaris bawahi, dalam mengelola blog saya tidak ada teknis khusus gan. Backlink mengalir apa adanya. Tinggal tentukan keyword buat judul blog, submit webmaster, ping, share fanspage, selesai. Tapi ingat niche blog mempengaruhi tingkat persaingan. Kalo tingkat persaingan tinggi jangan ikuti cara saya :D

    Untuk penghasilan dari blog macem-macem gan kadang banyak kadang dikit, yang penting disyukuri saja. Jadi jika ditotal, saya ngeblog baru setahun gan, masih perlu bimbingan mastah-mastah disini.

    Dari hasil onlen alhamdulillah gan bisa beli beberapa barang. Pernah buat modal buat jual beli hp, buat khitanan keponakan, beli Komputer, Kamera + beberapa alat elektronik, bangun kamar baru/rehab rumah + beli beberapa perabotan meubel, dll dan tentunya setoran motor 3 tahun terbayar lunas tuntas gan :D

    Dan yang terpenting setelah sekian tahun bergelut dengan dunia internet akhirnya sedikit demi sedikit saya tau tentang troubleshooting seputar komputer dan tentunya sudah bisa mengoperasikan ms. word sama ms. excel gan :D

    Demikain gan share pengalaman saya dari kerja dunia nyata sampai terjun di dunia blogger seperi sekarang ini. Postingan ini hanya sekedar share pengalaman bukan untuk maksud menyombongkan diri jadi ambil hikmahnya saja ya gan. Mohon maaf kalo tulisan berantakan :D

    Pesan :
    - Tidak perlu Otak cerdas untuk terjun di Dunia IM, yang dibutuhkan hanyalah ketekunan dan konsistensi. Jika gagal dicoba, jika masih gagal dicoba lagi , kalau buntu cari jalan lain.

    - Dalam bisnis IM berlaku hukum putaran roda, kadang di bawah (tak punya duit sepeserpun) kadang di atas (panen duit), jadi pandai-pandailah bersyukur

    THX to : Kang Mandom (Almarhum), Nurul Hidayat, Ibenz, Pak Prawito, Mas Dedi dkk, Tepe, Ucup, dan teman2 dunia maya
     
    Last edited: Dec 9, 2015
  2. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,207
    Likes Received:
    176
    Trophy Points:
    63
    Baru kali ini baca thread panjang gila, salut :rolleyes:

    Yang ini sangat mengganjal:
    Mungkin maksud TS, "tidak perlu pendidikan tinggi untuk terjun di dunia IM, karena pada dasarnya yang dibutuhkan adalah pengalaman yang membuat kita cerdas dan paham, ketekunan, serta konsistensi"

    Soalnya kalau nggak cerdas, bakal gampang ditipu orang haha :D
     
  3. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,005
    Likes Received:
    2,634
    Trophy Points:
    413
    Sekarang mulai trend, jangan mencari pekerjaan tapi ciptakan pekerjaan :D
     
  4. LASTU FLORA

    LASTU FLORA Super Level

    Joined:
    May 29, 2014
    Messages:
    2,089
    Likes Received:
    255
    Trophy Points:
    83
    Bikin starup salah satunya y kang...heheheh
     
  5. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,726
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Panjang juga ceritanya btw ... salut lah atas kerja kerasnya...
     
  6. wimaogawa

    wimaogawa Member

    Joined:
    Jan 2, 2015
    Messages:
    20
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    haha iya gan kira2 begitu maksud saya
     
  7. Fahmi

    Fahmi Newbie

    Joined:
    Dec 5, 2012
    Messages:
    1,719
    Likes Received:
    159
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Kalau dari slogannya Tokopedia itu, "Ciptakan Peluangmu" :)
     
  8. Ahliko

    Ahliko New Member

    Joined:
    Dec 5, 2015
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    yeah.... perjalanan yang sangat berliku sehingga bisa merasakan manisnya dolar dari hasil ngeblog, tetap semangat, fokus dan konsisten....
     
  9. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,774
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    saya baru mengerjakan ciptakan peluang :D
     
  10. Alpha Graphology Center

    Alpha Graphology Center Member

    Joined:
    Sep 4, 2015
    Messages:
    45
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    Intinya ... Learning by doing
     
  11. Prito

    Prito Member

    Joined:
    Nov 1, 2015
    Messages:
    485
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
  12. Wahyudi

    Wahyudi Member

    Joined:
    Sep 25, 2015
    Messages:
    225
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    ini baru threads mantap sampe gx kedip bacanya panjang banget *mati*
     
  13. dimengertiaja

    dimengertiaja Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    854
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    salutt dengan kerja kerasnyaaa
     
  14. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    762
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    puanjangg...
    tapi salut....tetep berjuang...
    btw itu penghasilannya lumayan juga..cicilan motor udah lunas den? :D
     
  15. wimaogawa

    wimaogawa Member

    Joined:
    Jan 2, 2015
    Messages:
    20
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    salam sukses masgan :D thx

    langsung praktek aja gan :D

    yap betul banget gan, hehe

    hehe ini juga saya singkat2 masgan ceritanya :D

    selamat membaca gan

    alhamdulillah gan perlu kerja keras biar impian tercapai :D

    alhamdulillah cicilan 3 taun terbayar lunas tuntas pake duit onlen masgan :D
     
  16. FarrasAgda

    FarrasAgda Member

    Joined:
    Oct 10, 2015
    Messages:
    75
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8

    Kalo boleh tau, kamu handle berapa blog ya sampe bisa gajian segitu?
     
  17. lembing

    lembing Active Member

    Joined:
    Aug 21, 2014
    Messages:
    1,173
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    48
  18. dimengertiaja

    dimengertiaja Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    854
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28

    iyaa gan .. terusss semangat semangat terus *senang*
     
  19. Wawan Tamaram

    Wawan Tamaram Member

    Joined:
    May 28, 2015
    Messages:
    47
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    Kereeenn... pencapaian yang luar biasa.. salut dengan mas den @wimaogawa
     
  20. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,850
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Tidak menyangka jika ampek $680 / perbulan..! Ane kapan ya...!*berkeringat*
     
Loading...

Share This Page