Perkembangan Bayi 4 Bulan Yang Menggemaskan Sekaligus Mencemaskan

Discussion in 'Health & Medical' started by naimarenan, Jun 13, 2018.

  1. naimarenan

    naimarenan New Member

    Joined:
    Jun 6, 2018
    Messages:
    28
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Perkembangan bayi 4 bulan tentu membuat semua orangtua sangat antusias untuk mengawasinya. Namun bukan tidak mungkin juga membuat orangtua khawatir sebab pergerakan si kecil mulai sedikit aktif. Bayi yang sudah mulai memasuki usia 4 bulan mempunyai rasa penasaran yang lebih, penuh suka cita untuk berpetualang dan juga senang mencicipi segala hal termasuk makanan dan mainan yang diberikan untuknya. Bisa dibilang perkembangan pada usia ini menjadi salah satu yang paling menarik ditunggu.

    Pada usia ini bayi akan lebih suka menunjukkan ekspresi yang menggemaskan, dengan begitu orangtua akan dapat melihat buah hatinya mengoceh, tersenyum dan tertawa dengan imutnya. Bunda juga tidak perlu cemas bila si kecil sudah mulai mencoba untuk mengangkat kepalanya ketika sedang tengkurap. Pasalnya si kecil sedang belajar berbagai hal baru dan mulai belajar cara bergerak dengan cepat. Untuk orangtua yang mungkin baru pertama kali mempunyai anak tentu akan melihat banyak perubahan fisik yang dialami si kecil pada usia ini.

    Menu Makan Bayi 4 Bulan Yang Sehat

    Memasuki usia 4 bulan tentu perkembangan fisik si kecil akan bertambah lebih cepat. Berat badan bayi akan bertambah sampai 2 kali lipat berat lahir. Hal ini merupakan salah satu tahapan tumbuh kembang bayi usia 4 bulan. Banyak para orangtua yang beranggapan bahwa bayi usia 4 bulan sudah boleh diberikan makanan padat. Akan tetapi para ahli medis atau dokter mengatakan bahwa orangtua yang ingin mendukung tumbuh kembang si kecil maka sebaiknya tetap memberikan ASI atau susu sekalipun sudah memasuki usia 4 bulan.

    Pada umumnya ketika bayi melihat orang dewasa makan maka ia pun akan mulai tertarik untuk ikut makan. Guna menghindari alergi pada makanan dan mengakibatkan fungsi usus tidak berjalan dengan sempurna maka Bunda harus selalu memperhatikan menu makan bayi 4 bulan. Terlebih untuk bayi yang mengalami kelahiran secara prematur masih perlu mendapatkan perhatian lebih ekstra. Kebutuhan ASI pada bayi usia 4 bulan juga akan mengalami perubahan yang cukup pesat. Walaupun kebutuhan makan si kecil semakin bertambah tetapi Bunda bisa juga memberikan ASI sebanyak 4 sampai 5 kali sehari.

    Akan tetapi Bunda umumnya membutuhkan waktu yang sedikit lama ketika menyusui dalam satu waktu. Terkadang ada bayi yang lebih suka ASI dan susu formula sebab setiap bayi mempunyai karakter yang tidak sama. Untuk mendapatkan waktu buang air besar dan buang air kecil secara rutin, sebaiknya si kecil mendapatkan nutrisi sesuai yang dibutuhkan. Bunda dapat melihat perubahan yang terjadi dan juga berat badan bayi yang mulai naik. Ketahui pula waktu buang air besar buah hati Bunda, bila ternyata mengalami masalah maka segera berkonsultasi pada ahli kesehatan atau dokter yang biasa merawat buah hati Bunda.

    Dengan usianya yang sudah memasuki 4 bulan ini, si kecil sudah dapat menegakkan kepala tanpa perlu ditopang dengan tangannya. Buah hati Bunda akan lebih aktif dan mendorong kakinya ke beberapa arah saat di letakkan di tempat tidur atau yang lain. Si kecil akan selalu aktif bergerak dan membuat Bunda mulai kesulitan untuk mengawasinya. Situasi ini tentu sangat melelahkan namun juga membuat orangtua sangat bahagia sebab buah hatinya sudah mulai aktif untuk melakukan segala hal. Ketika sedang tengkurap si kecil akan mulai berputar dan memasukkan tangan ke mulut sesuka hatinya. Sangat menggemaskan ya Bun.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    661
    Likes Received:
    44
    Trophy Points:
    28
    Kalau bayi umur segitu mungkin sedang imut-imutnya da menggemaskan yah bun
    bagi orang jawa biasanya suka mengudang, atau berkomunikasi dengan bayi dengan gerakan mimik wajah dan suara
     
  3. naimarenan

    naimarenan New Member

    Joined:
    Jun 6, 2018
    Messages:
    28
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1

    bener banget mom, stimulasi anak itu bagus dengan suara dan mimik wajah
     
Loading...

Share This Page