Perkembangan Bayi 8 Bulan Yang Sudah Mulai Aktif Bergerak

Discussion in 'Health & Medical' started by naimarenan, Jun 14, 2018.

  1. naimarenan

    naimarenan New Member

    Joined:
    Jun 6, 2018
    Messages:
    28
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Perkembangan bayi 8 bulan biasanya si kecil sudah mulai belajar untuk berdiri dengan bantuan kursi atau benda lain yang ada di sekitarnya. Memasuki usia ini tentu bayi sudah memiliki rasa penasaran yang cukup tinggi terhadap semua hal di sekitarnya. Bayi laki laki dan perempuan pada usia 8 bulan ini memiliki berat badan ideal yang berbeda. Untuk bayi laki laki usia 8 bulan umumnya memiliki berat sekitar 7 sampai 10 kg dengan panjang kurang lebih 66 hingga 74 cm. Sedangkan bayi perempuan usia 8 bulan biasanya memiliki berat sekitar 6 sampai 9kg dengan panjang badan kurang lebih 64 hingga 72 cm.

    Pada usia 8 bulan bayi akan mulai belajar mengangkat tubuhnya dengan menggunakan lutut dan tangan setelah pada usia 7 bulan ia sudah mahir melakukan kegiatan merangkak. Pada masa ini bayi juga sudah mulai menggerakkan tubuh ke depan maupun ke belakang dengan perlahan. Semua gerakan yang dilakukan si kecil akan bermanfaat untuk menguatkan otot ototnya sebagai tumpuan untuk dapat berjalan. Pada umumnya bayi yang sudah berusia 8 bulan mampu berdiri sendiri meskipun membutuhkan bantuan.

    Perkembangan Bayi 8 Bulan Belum Bisa Merangkak Wajarkah?

    Bayi usia 8 bulan umumnya sudah mulai belajar duduk dengan menekuk lutut ketika sesudah berdiri. Bunda bisa membantu si kecil untuk belajar berjalan dengan memegang kedua tangan bayi. Namun ketika bayi 8 bulan belum bisa merangkak apa yang harus dilakukan? Tenang Bun, hal ini tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan. Pada umumnya setiap bayi memiliki kemampuan berbeda beda dalam hal merangkak. Jadi hal seperti ini masih tergolong hal wajar ya Bun.

    Oleh karena itu jangan terlalu panik namun selalu beri semangat dan bantu si kecil untuk belajar merangkak secara perlahan. Perkembangan bayi 8 bulan belum bisa merangkak juga harus mendapat perhatian dari orangtua sebab untuk bisa mulai berjalan tentu si kecil harus terbiasa untuk merangkak terlebih dahulu. Beberapa dokter mengatakan bahwa anak yang berjalan tanpa alas kaki bisa memperkuat otot kakinya. Dengan demikian Bunda jangan terlalu cepat memberikan alas kaki untuk si kecil ketika ia mulai berjalan. Untuk menjaga keseimbangan si kecil ternyata tekstur lantai juga sangat mempengaruhi.

    Bayi yang sudah memasuki usia 8 bulan akan lebih aktif dalam menggerakkan mainan dengan segala cara, misalnya saja dengan mengocok, membanting, memukul, meremas dan membuangnya. Semua itu dilakukannya hanya karena ia mulai penasaran dan melakukan semua yang membuat ia senang terlepas dari benda yang dipegang akan dirusak. Bayi lebih menyukai mainan dengan bentuk yang hampir sama dengan benda aslinya, misalnya saja seperti telepon mainan, buah dari bahan plastik, cangkir plastik, dan mainan yang lain.

    Bunda wajib memberikan mainan si kecil yang sudah dijamin aman untuk di mainkan. Sebab selain dimainkan, biasanya si kecil sering memakan atau menggigit mainan tersebut. Si kecil juga bisa di berikan makanan kecil yang dapat dipegang. Makanan kecil yang bisa Bunda berikan diantaranya adalah apel, wortel, brokoli, pisang yang sudah di potong-potong memanjang. Akan tetapi Bunda harus selalu mengawasi si kecil ketika ia makan sendiri untuk menghindari ia tersedak makanan.

    Bayi biasanya suka memasukkan jari ke sela sela atau lubang mainan. Tugas Bunda mengawasi bayi berusia 8 bulan memang harus lebih ekstra sebab ia mulai aktif dalam segala hal termasuk pergerakkannya. Tetap semangat menjaga dan menyayangi si kecil ya Bun.
     
Loading...

Share This Page