Perkenalan Dengan Ramuan Cina

Discussion in 'Health & Medical' started by Marko Sianipar, Nov 19, 2016.

  1. Marko Sianipar

    Marko Sianipar Active Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    426
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Perkenalan Dengan Ramuan Cina - Pengobatan tradisional dengan bantuan ramuan cina atau Traditional Chinese Medicine (TCM) telah mengalami proses metamorfosis yang panjang dan kaya akan kisah historis. TCM juga termasuk kedalam salah satu pengobatan tertua di dunia, bergandengan dengan metode Mesir dan Babilon kuno. Faktanya, TCM telah dipercayai dan eksis di dunia ini selama ribuan tahun lamanya. Hingga saat ini, pengobatan dengan menggunakan metode klasik ala Cina masih digunakan, dan oleh dunia kedokteran modern dipelajari secara komprehensif. Terkadang, di beberapa rumah sakit menggabungkan metode holistik klasik ala Cina dengan pengobatan modern.

    [​IMG]

    Ramuan cina dan pengobatan nya sendiri telah mengalami pasang-surut. Terlebih, ketika Cina mengisolasi dirinya dari dunia luar. Walau demikian, titik terang tetap menghampiri dan merengkuh jiwanya, di tahun 1972, TCM mulai menyebar sedikit demi sedikit ke Eropa dan dunia barat. TCM sendiri memiliki beragam faktor yang memperkuat aura nya, berdasar nilai kultur dunia timur, filosofi Cina, politik, ketuhanan dan sains.

    Hari ini, Cina dikenali sebagai salah satu pemegang kebijakan dunia, dan juga menjadi negara adidaya selain Amerika Serikat. Perkembangan TCM hingga hari ini tak dapat dikesampingkan dari sejarah berbagai kekaisaran yang pernah berjaya di masanya. Akan tetapi, tak bisa pula mengesampingkan si tabib itu sendiri. Inilah beberapa tabib ramuan cina yang telah mas-hur di masanya, dan dikenang hingga kini karna keahlian mereka.
    • Bian Que 扁鹊 B.C 407—B.C 310
    • Hua Tuo 华佗 (140–208)
    • Zhang Zhongjing 张仲景 (150—219)
    • Huang Pumi 皇甫谧 (AD 265 – 420)
    • Ge Hong 葛洪 (283–343)
    • Sun Simiao 孙思邈 (540–682)
    • Qian Yi 钱乙 (around 1032 to 1113)
    • Zhu Zhenheng 朱震亨 (1280-1358 A.D.)
    • Li Shizhen 李时珍 (1518 – 1593)
    • Ye Tianshi 叶天士 (1667-1746)
    Mereka terkenal juga dari kitab-kitab pengobatan yang mereka susun, diantara yang terkenal adalah: “Shānghán Zábìng Lùn” (“Pengobatan Untuk Patogen Dingin dan Bermacam-macam Penyakit”) yang ditulis oleh Zhang Zhongjing 张仲景 (150—219). Mereka semua memiliki kontribusi besar bagi perkembangan TCM dari dinasti ke dinasti berikutnya. Bi idznillah.

    Mungkin di lapangan kita akan menemukan perbedan cara pandang para tabib dalam memahami akar penyakit. Maka tak heran, terkadang tabib satu dengan tabib lainya mendiagnosa penyakit dengan tepat namun ramuan cina yang diresepkan berbeda. Walau demikian, pada intinya.. setiap ramuan cina akan mengatasi berbagai gejala yang dirasa oleh pasien, meskipun resep ramuan nya berbeda.

    "Kesuksesan pengobatan yang dilaksanakan bergantung pada kejelian tabib dalam menggali akar penyakit dan memahami keadaan pasien" Itulah yang dikutip dari Shen-Nong(dot)com. [1]

    Kesimpulan Sederhana

    TCM sangatlah diakui di dunia kedokteran dan menjadi salah satu pemegang peranan penting pada sejarah perkembangan obat dan metode pengobatan bagi anak-anak Adam ('alaihissalam).

    Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi para qoori' thread bersosial. Terimakasih.

    Wallohu a'lamu bisshowab. Kullu 'ilmin mirrobbil 'aalamiiiin.

    Footnote:
    1. "The success of the treatment is measured through observation and how the patient feels." shen-nong(dot)com

    Marooji':
    *shen-nong(dot)com
    *chinawhisper(dot)com
     
Loading...

Share This Page