Perlu Tahu! Begini Cara Merawat Ban Tubeless

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Sep 12, 2019.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    390
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Apakah motor Anda menggunakan ban jenis tubeless? Ban motor yang satu ini merupakan inovasi yang berbeda dengan ban tubetype. Jika ban tubetype terdiri atas ban dalam dan ban luar, ban tubeless hanya berupa satu komponen.

    Ban tubeless dinilai lebih unggul dalam beberapa hal, terutama dari sisi kepraktisan. Namun, bagaimana supaya ban ini lebih awet serta tetap aman dan nyaman digunakan saat berkendara? Selain jeli memilih merek ban yang berkualitas dan asli, Anda juga harus tahu cara merawat ban motor tubeless. Apa saja di antaranya:


    1. Jangan Tambal Ban Tubeless Sembarangan
    [​IMG]
    Jangan tambal sembarangan ban jenis ini

    Salah satu keunggulan ban motor tubeless adalah tidak langsung mengempis ketika terkena benda tajam. Pasalnya, jenis ban ini memiliki konstruksi yang memungkinkan angin keluar perlahan-lahan. Meskipun demikian, ban motor tubeless tetap perlu ditambal.

    Cara yang biasa digunakan oleh penambal ban adalah string atau menusuk dan menyumpal. Cara ini memang mudah dan cepat, tetapi berpotensi merusak ban. Ketika ditusuk di tempat yang tidak pas, komponen nylon yang terdapat di dalam ban dapat putus. Inilah yang membuat ban terlihat benjol.

    Cara yang direkomendasikan untuk menambal ban motor tubeless adalah tip top. Pelek dibuka, ban dicopot, kemudian lubang ditambal dari dalam ban, bukan luar. Cara tambal tip top memang lebih lama dan lebih mahal dibandingkan string, tetapi hasilnya lebih baik. Ban motor tubeless pun dapat lebih awet.

    Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak terburu-buru menambal ban dengan lem cair atau lemb ban saat bocor. Pasalnya, cairan ini dapat merusak ban secara permanen. Selain itu, ban dapat meledak secara mendadak jika motor dipacu kencang.


    2. Gunakan Ban Untuk Keperluan yang Tepat
    Tahukah Anda bahwa ban motor tubeless dilengkapi dengan informasi berupa load index dan speed symbol? Informasi ini bisa ditemukan di dinding ban. Load index adalah berat beban ideal yang bisa ditanggung, sedangkan speed symbol berkaitan dengan batas kecepatan maksimum yang bisa ditempuh dengan aman.

    Bagaimana cara membacanya? Contohnya, kode yang tercantum adalah 90/80-17 M/C 46S. Load index adalah 46 dan speed symbol adalah S. Pada bagan khusus, ini berarti beban yang bisa ditahan adalah 170 kg dan batas kecepatan maksimum adalah 180 km. Jika melebihi ketentuan tersebut, ada risiko ban pecah. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
     
Loading...

Share This Page