Perlunya Branding ( Merek ) Dalam Membangun sebuah Produk Bisnis

Discussion in 'Graphic Design & Animation' started by zamroni, Jul 14, 2018.

  1. zamroni

    zamroni New Member

    Joined:
    Nov 26, 2016
    Messages:
    8
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Apa Itu Branding ?

    Sebuah Brand ( Merek ) adalah ide atau citra produk tertentu atau jasa, yang terdiri dari nama, logo, slogan, atau desain dari perusahaan, baik berupa tulisan ataupun gambar. Branding adalah sebuah ide yang dituangkan dalam sebuah gambar atau bisa juga dengan tulisan / slogan yang menarik sebagai sebuah nama produk sehingga dapat dikenali oleh lebih banyak orang.

    Membuat sebuah Brand / Merek adalah bagian penting dalam mendirikan sebuah produk bisnis atau jasa, baik itu usaha online ataupun offline dimana memungkinkan perusahaan untuk membangun reputasi serta memperluas produk dan layanan mereka. Banyak Cara mudah yang dapat kita lakukan untuk membuat sebuah brand tersebut, salah satunya dengan menggunakan jasa pembuatan brand / merek atau anda membuat merek anda sendiri.

    Selain itu Branding juga merupakan sebuah cara untuk membangun aset reputasi. Yaitu apakah sebuah perusahaan memiliki reputasi, atau kurang diminati. Branding dapat membantu mengubah hal itu.

    “Your brand is the single most important investment you can make in your business.” – Steve Forbes

    "Merek Anda adalah investasi yang paling penting yang dapat Anda buat dalam bisnis Anda." - Steve Forbes

    Mengapa Anda Harus Membuat Brand

    Sebagai pemilik bisnis baru, Anda juga perlu menciptakan branding yang baik untuk bisnis Anda. Tapi jangan khawatir, bila Anda tahu apa yang Anda lakukan, tidak sesulit yang anda pikirkan Mungkin dengan menyerahkan pengerjaannya kepada jasa perusahaan yang bergerak dalam pembuatan brand ini. Diantaranya seperti : sribu.com, freelancer.com, deltamedia.web.id , Projects.co.id dan banyak lagi freelance yang lainnya, anda bisa menemukannya di internet.

    Yang jelas adalah bahwa branding merupakan aspek penting dari setiap bisnis, terutama yang ingin membuat bisnis baru.

    Ada sejumlah alasan anda harus membuat branding, terutama dari perspektif bisnis. Pilihan konsumen sekarang didasarkan tidak hanya dari sekedar harga. Dalam dunia bisnis global sekarang ini, orang membeli karena rasa suka terhadap produk tersebut, bukan pada dompet mereka. Branding harus menjelaskan mengapa konsumen harus membeli produk tersebut, dan mengapa mereka harus memilih Anda lebih dari pesaing Anda.

    Dengan banyaknya Jenis Produk dipasaran sehingga terjadinya kompetisi yang begitu ketat dan kita dituntut sebagai penyedia barang untuk menciptakan berbagai pilihan / jenis yang diminati untuk bisa bersaing.



    Perbedaan Logo dengan Branding.

    Kesalah pahaman yang umum adalah bahwa merek / brand hanyalah sebuah logo atau desain grafis saja, tentunya logo akan berbeda dengan brand. Branding melibatkan semua aspek baik dari logo perusahaannya, icon, iklan, jinggel , slogan dan lainnya bahkan meliputi cara di mana anda berinteraksi dengan pelanggan. Singkatnya, merek adalah cara di mana pelanggan Anda merasakan produk yang Anda buat, seperti apa produk itu baik dari kualitas maupun fungsinya. Oleh sebab itu membuat sebuah merek yang baik tidak akan terwujud dalam waktu yang singkat itu hasil dari perencanaan cermat dan pengembangan yang harus diperhatikan.



    Berikut 3 alasan mengapa Anda harus meluangkan waktu Anda mengembangkan Brand Anda :


    1. Merek / Brand membedakan Anda dari Pesaing Anda


    Dalam pasar global yang sangat kompetitif, ingat bahwa Anda tidak lagi bersaing di panggung lokal, Anda sekarang bersaing di ekonomi global dimana brand akan membantu Anda untuk dikenali.



    2. Sebagai acuan para pelanggan dalam melakuakan Testimoni mereka.


    Sebagian besar konsumen dalam berinteraksi dengan konsumen yang lainnya dalam membeli sebuah produk atas dasar rekomendasi dari pembeli yang lainnya. Oleh sebab itu bagaimana seorang pembeli akan merekomendasikan barang / produk yang anda jual sedangkan brand anda tidak ada.



    3. Branding akan membangun kepercayaan


    Sebuah tampilan yang profesional akan membangun kredibilitas dan kepercayaan, yang menjadi pertanda baik karena orang lebih cenderung untuk membeli dari sebuah bisnis yang muncul secara sah, terlihat elegan dan menarik. Disamping kualitas produk yang harus diperhatikan juga.

    Sebuah branding yang baik memberikan kontribusi signifikan terhadap bagaimana sebuah perusahaan dapat membujuk calon konsumen untuk membeli produk atau jasa yang kita jualkan. DImana dalam memenangkan persaingan tidak cukup hanya menarik dari segi harga saja, tetapi juga bagaimana menarik hati mereka untuk dapat membeli produk yang kita jual.
     
    Last edited: Jul 15, 2018

Share This Page