Persiapan Fisik Agar Tak Terkena Kanker di Masa Depan

Discussion in 'Health & Medical' started by Septiano, Dec 5, 2019.

  1. Septiano

    Septiano New Member

    Joined:
    Apr 27, 2018
    Messages:
    59
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Didiagnosa dengan penyakit kanker adalah mimpi buruk bagi semua orang. Terlebih bagi para wanita yang didiagnosa dengan kanker payudara dan kanker serviks, padahal selama ini merasa telah semaksimal mungkin menghindari penyebab kanker serviks dan gejalanya.

    Terkena penyakit kanker bukan hanya merusak kesehatan. Biaya pengobatan ini juga akan membuat kondisi keuangan Anda porak-poranda. Pasalnya akan dibutuhkan biaya yang sangat besar untuk berbagai tindakan medis, perawatan di rumah sakit, dan juga obat-obatan.

    Kondisi di atas akan berkali-kali lipat lebih buruk jika Anda tidak memiliki asuransi kanker. Semua biaya pengobatan harus bersumber dari dana pribadi dan mengorbankan kepentingan yang lain.

    Sebetulnya risiko terkena kanker serviks dan payudara bisa diminimalisir dengan melakukan pencegahan sejak dini. Berikut adalah persiapan fisik yang bisa dilakukan agar terhindar dari kanker di masa depan:




    Rajin Berolahraga

    Jika Anda belum menjadikan olahraga sebagai rutinitas, ada baiknya Anda mulai membiasakan diri mulai hari ini. Olahraga adalah sebaik-baiknya cara untuk menjaga kondisi badan sejak prima dan membuang lemak berlebih dari dalam tubuh.

    Anda harus tahu bahwa lemak berlebih adalah salah satu faktor yang memicu aktifnya sel kanker di dalam tubuh. Cara terbaik untuk mengurangi kadarnya di dalam tubuh adalah dengan berolahraga. Adapun jenis olahraga yang paling direkomendasikan untuk mencegah kanker adalah jogging, renang, yoga, dan taichi. Lakukan dengan rutin agar risikonya semakin minim.


    Menjaga Pola Makan

    Langkah berikutnya yang perlu dilakukan untuk mencegah munculnya penyebab kanker stadium 4 adalah menjaga pola makan. Hindari makanan yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker dan tingkatkan konsumsi makanan yang kaya akan oksidan.

    Contoh makanan yang bisa meningkatkan risiko terkena kanker adalah yang diolah dengan cara dibakar dan banyak mengandung pengawet buatan. Selain itu makanan instan dan makanan yang banyak mengandung lemak jenuh juga meningkatkan risiko yang sama.

    Sementara makanan yang bisa mencegah kanker adalah yang mengandung antioksidan tinggi. Sumber alaminya adalah sayur-sayuran dan buah-buahan. Jangan lupa jaga jumlah asupan air putih.


    Menghindari Kebiasaan Buruk yang Merusak Kesehatan

    Apakah Anda termasuk orang yang senang merokok dan mengkonsumsi alkohol? Jika iya, Anda perlu menyadari bahwa salah satu penyebab kanker serviks adalah kedua kebiasaan buruk tersebut. Jadi ada baiknya mulai saat ini Anda menjauhi rokok dan alkohol.

    Anda yang tidak merokok perlu menjaga diri agar tidak terlalu sering terpapar asap rokok. Sebab menjadi perokok pasif tidak kalah bahayanya dengan perokok aktif.

    Kebiasaan buruk lain yang perlu dihindari adalah tidur dengan cahaya lampu yang terang. Hal tersebut bisa meningkatkan risiko kanker karena tubuh jadi terkena paparan radiasi secara intens. Kalau memang tak bisa tidur dalam kondisi gelap, pakailah lampu tidur khusus yang cahayanya lebih redup.


    Tidak Memforsir Tubuh

    Seringkali tuntutan pekerjaan membuat Anda harus bekerja hingga larut malam, sementara keesokan paginya harus berangkat ke kantor lagi. Akibatnya tubuh jadi tidak mendapatkan jatah istiraha yang cukup. Padahal idealnya manusia dewasa butuh tidur minimal 6 jam sehari.

    Kebiasaan memforsir tubuh bisa mberdampak buruk bagi kesehatan, baik jangka pendek maupun panjang. Jika Anda tak mau sampai terkena penyebab kanker serviks stadium 4 dan penyakit kritis lainnya di masa depan sebaiknya berhentilah memforsir tubuh Anda.

    Buatlah batasan yang jelas kapan Anda harus bekerja, bersosialisasi dengan keluarga dan teman, dan kapan harus istirahat. Pola hidup yang seimbang akan membantu menjaga kesehatan hingga ke masa depan.


    Selain mempersiapkan kondisi fisik, Anda juga perlu mempersiapkan kondisi finansial jika sampai terdiagnosa kanker di masa depan. Caranya ialah dengan memiliki asuransi khusus kanker, atau setidaknya asuransi penyakit kritis yang akan mengcover jika Anda terdiagnosa dengan penyakit kritis.

    Keberadaan asuransi untuk kanker tersebut memastikan kondisi finansial Anda tak terlalu terbebani dengan biaya pengobatan. Jadi, selama Anda menjalani biaya pengobatan keluarga Anda tetap bisa menjalani kehidupan yang normal secara finansial.

    Selain asuransi kanker, ada baiknya Anda juga mulai menyiapkan dana darurat. Bukan hanya untuk berjaga-jaga dari diagnosa kanker, dana tersebut bisa berguna untuk menanggulangi banyak hal. Sisihkan minimal 5% dari penghasilan Anda setiap bulan ke dalam rekening yang berbeda, dan berkomitmenlah untuk tidak memakainya kecuali untuk kondisi darurat.

    PFI Mega Life menawarkan produk asuransi kesehatan kanker yang mengcover 10 penyakit kritis termasuk kanker serviks dan payudara. Agar bisa menjalani hari-hari dengan aman dan memastikan semua mimpi bisa terwujud, miliki asuransi tersebut sesegera mungkin.


    Baca Juga: Pentingnya Punya Asuransi Penyakit Kritis Bagi Ibu Rumah Tangga
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,447
    Likes Received:
    104
    Trophy Points:
    63
    Beberapa jenis kanker memang berbahaya dan bisa menyebabkan kematian, dan menjaga kesehatan supaya terhindari dari kanker adalah dengan tip yang telah disebutkan.

    Satu jenis kanker yang membuat beberapa orang mengeluh adalah kanker kantong kering, ini mungkin tidak berbahaya tapi bisa membahayakan, banyak orang melakukan kejahatan karena menderita kanker, ada yang beralasan buat bayar hutang sampai mencuri barang orang
     
Loading...

Share This Page