Pertanyaan Klasik, Darimanakah Asal Usul Martabak Manis??

Discussion in 'General Discussion' started by wariorseiya, Oct 22, 2020.

  1. wariorseiya

    wariorseiya Member

    Joined:
    Feb 22, 2017
    Messages:
    213
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Martabak Manis atau Terang Bulan adalah Makanan yang terbuat dari adonan terigu gula, telur, ditaburi kacang tanah atau coklat kemudian dipanggang dan dilipat. Sesuai namanya, makanan ini mempunyai cita rasa yang gurih diluar tetapi lembut dan manis di dalam.

    [​IMG]

    Resep Terang Bulan

    Beberapa waktu lalu, masyarakat di hebohkan karna adanya perdebatan perihal Martabak Manis. Hal ini disebabkan karna orang Malaysia Meng-claim bahwa Martabak Manis sebagai makanan khas Malaysia dengan nama lain Apem Balik. Tetapi tahukah kamu bagaimana asal-usul Martabak Manis di Indonesia sendiri? Berikut penjelasannya

    Asal – Usul Martabak Manis

    Makanan ini diciptakan oleh oleh warga keturunan Tionghoa atau orang Hakka (Khek) Bangka. Satu-satunya di dunia, makanan orang suku Hakka (khek) yang memakai nama suku Hoklo. Nama asli dari Martabak Manis adalah Hok Lo Pan yang memiliki arti kue orang Hok Lo. Hok Lo Pan ( Martabak Manis ) adalah kue yang sangat sederhana. Membuatnya pun cukup mudah. Hanya 12 Menit menunggu Hok Lo Pan ( Martabak ) pun Jadi.

    Dahulu Martabak Manis di buat menggunakan tepung terigu, diolesi dengan mentega, ditaburi coklat butir campur kacang tanah dan wijen, atau Keju parut campur wijen, kemudian diberikan susu kental manis. Kini, isi dalam Hok Lo Pan ( Martabak Manis ) beragam, ada pisang, strawberry, blueberry, dll. Aslinya hanya wijen saja. Hampir semua orang di kota-kota besar termasuk Jakarta menyebutnya dengan sebutan Martabak Bangka.

    Kreatifitas sangatlah dibutuhkan dalam berbisnis, salah satunya bisnis makanan Martabak Manis. Dengan kreatifitas, kamu bisa berinovasi untuk membuat suatu hal yang baru dan unik dari Resep Martabak Manis. Tentunya hal ini akan sangat berguna untuk menarik calon pelanggan kamu. Mempertahankan rasa rasanya juga tidak cukup untuk mempertahankan pelanggan.

    Oleh karena itu, Inovasi yang menghasilkan variasi baru sangatlah diandalkan untuk mempertahankan minat pelanggan pada produk makanan yang kamu jual. Berikut beberapa Inovasi dari Martabak Manis yang bisa kamu coba sebagai referensi bisnismu nanti.

    Berbagai Inovasi Martabak Manis Kekinian

    Martabak 16 Topping Rasa – Ide Martabak Manis 16 rasa sudah banyak bermunculan sejak tahun 2018. Martabak yang pada umumnya hanya memiliki 1-2 rasa kini berubah dibagi menjadi 16 varian rasa manis. Seperti Coklat, Keju, Ovomaltine, Red velvet, Oreo, Green Tea dan masih banyak varian rasa lainnya yang bisa tersedia dan bisa kamu pilih langsung di gerai martabak yang menjualnya.

    Martabak Durian – Bagi para pecinta duren, Martabak Durian adalah pilihan yang sangat cocok untuk dijadikan santapan . Martabak durian memiliki sensasi yang berbeda dari Martabak Manis lainnya. Perpaduan antar adaging durian dan kulit martabak menjadi kesatuan rasa yang sangat nikmat. Dengan ciri rasa yang khas tentunya.
    Hasil gambar untuk martabak durian

    Martabak Gelato – Pernahkah kamu mencoba Martabak dengan isian gelato di dalamnya ? Martabak Gelato ini sangat unik, karna belum banyak yang menjual martabak dengan inovasi seperti ini. Sensasi manis, lembut serta dinginnya es krim gelato bercampur menjadi satu dengan gurihnya kulit martabak. Gurih diluar dan lumer di lidah begitulah kira-kira rasanya. Kamu juga bisa memilih varian rasa gelato seperti vanilla, coklat, taro dan lain-lain.

    Martabak Warna – Warni – Kulit Martabak manis pada umumnya berwarna kuning kecoklatan. Tetapi ada yang berbeda dengan Martabak warna – warni. Jika sebelumnya kita membahas soal beraneka ragam topping isi martabak yang berwarna-warni, Kini berbeda . Warna-warni yang dimaksud disini adalah kulit martabak yang berwarna warni karna adonannya memakai berbagai campuran pewarna bubuk dan rasa. Seperti Martabak hitam biasanya memiliki rasa Blackforest, Merah memiliki rasa Red Velvet Dan Hijau Greentea . Tentu melihat tampilannya yang berwarna akan menggoda setiap pelanggan yang melihatnya .

    Selain terkenal dengan sebutan Martabak Bangka, Martabak Manis sendiri memiliki beberapa julukan lain berdasarkan daerah yang berbeda.

    Julukan Martabak Manis Di Berbagai Daerah

    Jakarta
    Di Jakarta, nama Martabak Manis tentu sudah tidak asing lagi bagi warga. Makanan berbentuk bundar ini dulunya hanya tersedia rasa klasik yaitu meses dan kacang. Tetapi kini seperti yang sudah kita ketahui banyak pedagang Martabak kekinian telah menjamur di berbagai daerah sekitar Jakarta. Tentu Martabak yang mereka jual bukan hanya sekedar Martabak Manis biasa tetapi telah banyak inovasi varian rasa yang menarik para pelanggan.

    Bandung
    Di Bandung sendiri, masyarakat menyebut Martabak Manis dengan nama Terang bulan. Bentuknya memang tidak jauh berbeda dengan kebanyakan Martabak Manis pada umumnya. Tetapi yang membuat terang bulan berbeda dari Martabak Manis adalah teksturnya yang agak sedikit kasar dibanding Martabak Manis lainnya. Hal ini disebabkan karna terang bulan terbuat dari bahan yang sedikit berbeda yaitu menggunakan soda kue, santan dan ragi. Yang mana bahan tersebut tidak dipakai dalam membuat Martabak lainnya.

    Semarang
    Martabak Manis memiliki nama yang unik di Kota Semarang. Mereka menyebutnya dengan sebutan Kue Bandung. Unik bukan ? uniknya juga, sebelum kamu membeli kue Bandung biasanya pembeli akan menawarkan kamu untuk memilih adonan kulitnya. Dan adonan kulit Kue Bandung biasanya menggunakan campuran bubuk rasa dan pewarna makanan. Setelah itu kamu bisa memilih topping yang kamu mau sebagai isian kue Bandungmu.

    Bangka
    Seperti yang sudah di jelaskan di atas di Bangka, martabak dikenal dengan sebutan Hok Lo Pan yang berarti martabak bangka manis dalam bahasa Indonesia. Kue Hok Lo Pan banyak dibuat oleh orang-orang dari suku Hakka. Martabak Manis satu ini yang menjadi asal-usul Martabak Manis lain tercpita.


    Pontianak
    Di Pontianak, Martabak Manis di sebut dengan nama Apam Pinang. Jika Martabak di daerah lain sudah memiliki banyak inovasi dan varian rasa, berbeda dengan Apam Pinang. Bentuk Apam Pinang memang hampir sama seperti Resep Martabak Manis pada umumnya. Tetapi apam Pinang tidak mengikuti trend berbagai varian topping. Karna masyarakat setempat ingin tetapi menjaga keaslian Apam Pinang sebagai kue tradisional yang khas.

    Demikian informasi seputar Martabak Manis , Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi bagi semua.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,530
    Likes Received:
    116
    Trophy Points:
    63
    Jadi martabak ini asalnya dari china ya, seperti halnya tahu, bakso, siomay
    makanan khas asli Indonesia apa ya, kalau di kampung saya ada tempe alakathak, cenil,
    tempe alakathak punya kekhasan tersendiri karena selalu dibungkus dengan daun jati.
     
  3. wisatabandung

    wisatabandung New Member

    Joined:
    Oct 28, 2020
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    kalo di bandung ada martabak manis yang terkenal yaitu martabak andir, martabak dengan rasa khas dan cukup rekomendasi sih menurut saya
     
Loading...

Share This Page