Pertimbangan Penting Dalam Memilih Jaringan Waralaba

Discussion in 'General Business' started by Ikhlas, Nov 24, 2016.

  1. Ikhlas

    Ikhlas Member

    Joined:
    Oct 26, 2016
    Messages:
    119
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Membeli waralaba menjadi pilihan bisnis yang menarik, karena tingkat resikonya yang relatif lebih kecil. Mengapa? Waralaba hampir tidak lagi memerlukan banyak “trial and error” karena semuanya sudah dilakukan oleh pemilik merek sebelum usahanya diwaralabakan. Pemilik merek, sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mendukung kesuksesan investornya. Tentulah pemilik merek sangat berkepentingan menjaga nama baik usaha waralabanya dengan berusaha menjadikan usaha waralabanya punya reputasi 100% sukses bagi pembeli waralabanya.

    Apa saja benefit membeli waralaba tertentu?
    Pertanyaan itu harus ditanyakan oleh siapapun yang ingin membeli sebuah merek usaha waralaba. Dalam sebuah riset, alasan utama membeli sebuah usaha waralaba adalah:
    41% menjawab membeli waralaba karena membeli merek dan sistem yang sudah teruji
    35% menjawab untuk investasi dengan “return” yang lebih tinggi dibanding deposito dan sejenisnya; dan hanya
    18% menjawab membeli waralaba karena ingin menjadi pengusaha.

    Menurut analisa, sedikitnya ada 6 hal yang dapat dijadikan alasan untuk membeli sebuah waralaba, yaitu:

    Pertama

    Pembeli waralaba berhak menggunakan brand atau merek yang sudah dikenal oleh publik. Asumsinya, dengan menggunakan brand atau merek yang memiliki jaringan dan sudah dikenal, tentu akan lebih memudahkan anda untuk memasarkan produk atau jasa. Bahkan, kemungkinannya cenderung lebih mudah menang dalam persaingan dengan usaha sejenis yang berada di sekitar kita.

    Kedua
    Membeli waralaba adalah membeli sistem bisnis yang sudah teruji, karena sebenarnya membeli waralaba itu adalah membeli sebuah ‘sistem’. Dengan begitu, anda tidak perlu repot lagi membangun sistem yang baik dan tidak perlu trial dan error untuk membangun sistem itu. Karena pemilik waralaba/franchisor akan membantu memberikan dukungan baik dari aspek sistem manajemen, keuangan, pemasaran, alur pasokan, serta bagaimana mengelola sumber daya manusia.

    Ketiga
    Adanya dukungan penuh dari pihak franchisor. Franchisor akan membantu franchisee (pembeli waralaba) baik dari mulai membuka usaha, survei lokasi, training karyawan, menjalankan usaha, supply bahan baku, bimbingan operasional, maupun bimbingan pasca launching.

    Keempat
    Adanya ‘sharing experience’. Inilah yang paling mahal dalam sebuah bisnis, yang sangat berguna ketika anda menghadapi kendala-kendala ketika menjalankan usaha di lapangan.

    Kelima
    Adanya promosi berkesinambungan dan bersamaan. Dengan kekuatan jaringan waralaba, tentunya akan memungkinkan untuk biaya promosi yang lebih murah, efektif dan efisien karena bisa dijalankan secara bersama-sama. Promosi ini akan sangat efisien karena biaya promosi akan ditanggung oleh seluruh jaringan bisnis waralaba secara bersama-sama.

    Keenam
    Adanya kepastian supply produk. Sehingga pembeli waralaba tidak perlu susah-susah lagi membeli produk karena sudah disupply oleh pemegang merek. Dan enaknya lagi, produk-produk tersebut sudah dibuktikan dapat diterima oleh pasar. (sumber)
     
Loading...

Share This Page