Pertumbuhan Pengguna Clubhouse Menurun Drastis, Ada Apa?

Discussion in 'Internet Service & Networking' started by bimo dimas, May 7, 2021.

  1. bimo dimas

    bimo dimas Member

    Joined:
    Oct 26, 2020
    Messages:
    235
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Merahputih.com - Pada sekitar awal tahun 2021, aplikasi media sosial berbasis obrolan suara, Clubhouse, popularitasnya semakin meluas. Karena aplikasi tersebut menawarkan sesuatu yang berbeda dari media sosial yang lainnya.

    Seperti yang dilansir dari laman Bussines insider, aplikasi audio tersebut mencapai 9,6 juta unduhan per Februari 2021. Namun melewati bulan itu total unduhan Clubhouse merosot tajam, menjadi hanya 900 ribuan saja.

    Clubhouse mengalami penurunan pengguna baru sekitar 66% di bulan April. (Foto: businessyoday)
    Pada perjalanannya, menurut data Sensor Tower, download Clubhouse kini hanya sekitar 922.000 kali secara global di bulan April. Jumlah tersebut mengalami penurunan sekitar 66%, dari 2,7 unduhan di bulan Maret, dan lonjakan tajam 9,6 juta unduhan pada bulan Februari lalu.

    "Pertumbuhan pengguna di bulan April berkurang dalam beberapa bulan terakhir ini. Namun, data menunjukan adanya retensi kuat di antara pengguna," jelas Sensor Tower.

    Selain itu, Sensor Tower pun menyebutkan, bahwa pengguna Clubhouse yang sudah mendownload, masih menyimpan aplikasi Clubhouse di ponselnya. Tapi, penurunan yang signifikan pada jumlah unduhan akan mengkhawatirkan perusahaan. Karena, angka tersebut menunjukan, bahwa jumlah pengguna potensial aplikasi tersebut masih sedikit.

    Terlepas dari itu, Clubhouse dikabarkan telah mencoba beragam inovasi, dengan menghadirkan sejumlah fitur baru. Mulai dari layanan monetisasi konten dan program untuk membantu kreator konten.

    Adapun aplikasi Clubhouse pun tengah menyiapkan ketersediaan di platform Android, guna menjangkau pengguna yang lebih luas. Tapi, sepertinya usaha tersebut masih belum cukup untuk menghadapi persaingan. Dilansir dari laman Gizmochina, Co-Founder dan CEO Clubhouse Paul Davidson, beberapa bulannya yang lalu memang mengonfirmasi pengembangan aplikasi Clubhouse untuk Android.

    Pada diskusi yang digelar bulan lalu, Paul Davidson mengatakan bahwa Clubhouse untuk Android membutuhkan waktu beberapa bulan untuk diluncurkan.

    Saat ini, teka-teki Clubhouse untuk Android kapan akan diluncurkan sudah terjawab. Terlihat dari cuitan developer Android Clubhouse, Mopewa Ogundipe pada akun twitter pribadinya.

    Pada cuitannya, Ogundipe menampilkan dua screenshot profilnya di Clubhouse, pada gambar kedua tampak tulis sent from my pixel. Ogundipe sudah bergabung dengan Clubhouse sejak Februari lalu.

    Bahkan developer Morgan Evetts membalas cuitan tersebut, lalu mengatakan bahwa Ogundipe telah mengembangkan aplikasi Clubhouse untuk Android selama enam minggu terakhir. Pada ujung cuitannya, Evetts mengatakan kemungkinan aplikasi tersebut akan diluncurkan bulan Mei.

    Sumber: Link
     
  2. tarronfarvaris

    tarronfarvaris Member

    Joined:
    Apr 8, 2021
    Messages:
    50
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    WKWKWKWKW apa yang cepet naik juga bakal cepet turun. lagi sekarang uda ada space di Twitter, mirip clubhouse dan lebih asik malah pembicaraannya wkwk
     
  3. Mas Her

    Mas Her Member

    Joined:
    Oct 14, 2020
    Messages:
    82
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Biasanya yang gini hypenya sebentar karena sesuatu yang baru aja kali ya, dan karena ga all-device hanya iphone mungkin juga memberikan pengaruh
     
Loading...

Share This Page