Pesatnya Perkembangan Teknologi Cloud Computing

Discussion in 'Computer' started by vibicla, Feb 23, 2016.

  1. vibicla

    vibicla Member

    Joined:
    Dec 23, 2015
    Messages:
    73
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Cloud computing adalah jenis komputansi berbasis internet di mana setiap data dan informasi dapat diakses kapan dan di mana saja selama memiliki perangkat yang terhubung dengan internet. Secara sederhana cloud computing adalah konsep yang lebih luas dari infrastruktur terkonvergensi dan layanan bersama. Komputansi ini merupakan jenis solusi terbaik untuk penyimpanan dan pengolahan data untuk saat ini.

    [​IMG]

    Sampai saat ini hampir 70% perusahaan dunia sudah bermigrasi ke cloud computing dan terus bertambah. Ini karena cloud computing adalah satu-satunya penyedia layanan penyimpanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Infrastucture as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS) dan Software as a ervice (SaaS). Ketiga jenis layanan ini memiliki kelebihan dan kecenderungan pengguna masing-masing. Dan sudah pernah dibahas pada artikel sebelum ini.

    Selain itu yang membuat cloud computing banyak diminati karena komputansi ini memungkiankan pengguna untuk menggabungkan cloud pada layanan private dengan cloud layanan publik bahkan penyimpanan on-premis. Ini membuat pengguna mampu menekan biaya pada bidang IT karena hanya data yang benar-benar sensitif yang disimpan pada on premis atau cloud private sementara yang lainnya dapat disimpan pada layanan cloud publik tapi sewaktu-waktu dapat ditarik ke cloud private atau penyimpanan on-premis jika data itu berubah menjadi data ang sensitif.

    Begitu menjanjikannya cloud computing saat ini hingga Satya Nadella, CEO Microsoft menjadikan cloud komputansi sebagai strategi utama Microsoft dan ini terlihat sangat menjanjikan di mata investor mereka. Strategi ini terbukti berhasil karena walaupun saham Apple, Oracle dan IBM menurun sampai dua digit, saham Microsoft naik lebih dari 28%.

    Keuntungan cloud computing yang dimiliki oleh Microsoft, Azure, naik 5% menjadi $6,3 miliar. Dalam waktu singkat Azure sudah memiliki 20,6 juta pelanggan untuk Office 365, produktivitas aplikasi berbasis cloud meningkat 9,2 juta dari tahun sebelumnya. Juli tahun 2015 mereka memperkenalkan Windows 10 yang menawarkan pembaruan versi tanpa biaya tambahan. Lagi-lagi Microsoft menjadikan cloud computing sebagai basis pengembangan strategi untuk mengembalikan konsumen mereka yang mulai lebih tertarik menggunakan OS Apple atau Android yang dimiliki Google.

    Diyakini, cloud computing adalah teknologi yang akan terus berkembang. Sampai detik ini belum ada teknologi yang dapat mengalahkannya. Di masa yang akan datang, beberapa tahun dari sekarang, bukan tidak mungkin semua data digital yang ada di dunia ini akan tersimpan pada layanan cloud computing. Kenali perubahan dan jadi bagian dari perubahan itu sebelum terlambat. Saat ini masih belum terlambat bagi Anda untuk bermigrasi menggunakannya.

    Sumber
     
  2. AndroidApkApps

    AndroidApkApps Member

    Joined:
    Dec 11, 2015
    Messages:
    696
    Likes Received:
    68
    Trophy Points:
    28
    Cloud Computing sekarang memang tahunnya :D langsung melonjak
     
  3. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,462
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Butuh koneksi dewa nih ,.. secara harus online
     
Loading...

Share This Page