Pesona Garut - (Wisata Situ dan Candi Cangkuang )

Discussion in 'Tourism' started by kio waluyo, May 10, 2017.

  1. kio waluyo

    kio waluyo Member

    Joined:
    May 1, 2017
    Messages:
    76
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Pesona Alam Garut memang tak ada hentinya, setelah sebelumnya pesona dari gunung papandayan yang saya bahas di conversation forum ini, sekarang saya akan membahas juga mengenai Pesona Garut - (Wisata situ & candi cangkuang ). Memang Garut ini dikatakan adalah kota termahal di Indonesia, akan tetapi hal tersebut tak pernah membuat wisatawan surut untuk mengunjungi Garut. Itu terbukti dengan banyaknya wisatawan yang mengadakan gathering ataupun outing serta permintaan paket wisata ke HDG Team.

    Salah satu destinasi wisata di Garut yang populer adalah Situ & Candi Cangkuang Garut.

    Wisata Situ & Candi Cangkuang Garut

    Situ Cangkuang


    [​IMG]
    Situ Cangkuang terletak sekitar 16 KM dari pusat kota Garut. Situ ini terdapat di Desa Cangkuang Kecamatan Leles Garut Jawa Barat. Untuk menuju ketempat lokasi ini dari kecamatan Leles para turis biasanya menggunakan kendaraan delman (Andong) yang unik. Situ Cangkuang sebagian ditutupi oleh bunga teratai yang indah. Ada sebuah pulau kecil ditengah - tengah situ, dimana sebuah candi cangkuang berada. Didalam candi itu terdapat patung Siwa Hindu. Nama Cangkuang sendiri diambil dari pohon cangkuang (pandanus furcatus) yang masih terdapat disekitar kawasan tersebut.

    Ada keunikan yang membedakan Situ Cangkuang dengan situ lainya. Misalnya perahu rakit yang disediakan untuk pra pengunjung ukurannya lebih besar dan memiliki ciri khas tersendiri. Perahu rakit ini bisa menampung penumpang sampai 30 orang. Diatas rakit, tersedia tempat duduk yang dilengkapi dengan atap. PEngunjung juga bisa berjalan - jalan dengan leluasa dan berdiri bebas diatas rakit, tanpa penghalang oleh tiang dan atap, sambil melemparkan pandangan ke sekeliling Situ Cangkuang. Tampaklah hijaunya alam Garut, Dengan pemandangan yang begitu indah. Sejauh mata memandang ke arah manapun, tampak gunung menjulang. Untuk bisa menikmati sensasi naik perahu rakit, pengunjung hanya dikenakan biaya yang relatif murah dan terjangkau.

    Candi Cangkuang

    [​IMG]
    Asal muasal nama candi cangkuang Garut diambil dari nama desa tempat dimana situs itu berada. Cangkuang berasal dari nama pohon yang banyak terdapat disekitar Candi Cangkuang, namanya pohon Cangkuang, yakni sejenis pohon pandan yang dalam bahasa latin adalah Pandanus Furcatus. Candi Cangkuang Garut adalah sebuah candi peninggalan hindu yang diyakini berasal dari abad ke-8. Ada romantisme Hindu dan Islam yang tergambar ketika melihat dua jejak sejarah yang berdampingan tersebut.

    Candi Cangkuang pertama kali ditemukan oleh seorang ahli purbakala bernama Drs. Uka Tjandrasasmita, pada tanggal 9 Desember 1996. Uka Tjandrasasmita menelusuri lokasi Candi Cangkuang atas petunjuk buku tulis yang ditulis oleh seorang ahli penulis Belanda bernama Vonderman, yang berjudul Notulen Bataviach Genoot Schap (1893). Setelah pondasi candi dan b candi cangkuang.jpg atu - batu bekas rerentuhan candi ditemukan, maka pada tahun 1974 - 1976, pemerintah mengadakan pemugaran melalui proyek pembinaan kepurbakalaan dan peninggalan Nasional Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Selanjutnya diresmikan pada tanggal 8 Desember 1976 oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan. Prof. Dr. Syarif Thayeb.

    Itulah salah satu tempat wisata di Garut yang layak untuk Anda kunjungi ketika sedang melaksanakan liburan di Garut bersama keluarga ataupun bersama rombongan teman.
     
  2. Explore Wisata

    Explore Wisata Member

    Joined:
    Jan 30, 2017
    Messages:
    421
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    wah rame juga ya,,, asyik tuh
     
    kio waluyo likes this.
  3. Roby Ramadhan

    Roby Ramadhan Member

    Joined:
    Feb 1, 2017
    Messages:
    92
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    wisata alam memang number uno..
     
  4. kio waluyo

    kio waluyo Member

    Joined:
    May 1, 2017
    Messages:
    76
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Pastinya donk om:) , udah pernah main ke Garut belum om ?
     
  5. kio waluyo

    kio waluyo Member

    Joined:
    May 1, 2017
    Messages:
    76
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Harus itu mas :) *bagus*
     
  6. Nayfa_Trans

    Nayfa_Trans Member

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    291
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    trip bareng rombongan seru banget ya
     
  7. kio waluyo

    kio waluyo Member

    Joined:
    May 1, 2017
    Messages:
    76
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    wah seru banget mas, ayo kapan trip ke Garut ? :D
     
  8. Nayfa_Trans

    Nayfa_Trans Member

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    291
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    pastinya nunggu cuti nih :D pingin dodol garut rasa coklat / chocodot sama krupuk kulitnya :D
     
    kio waluyo likes this.
  9. kio waluyo

    kio waluyo Member

    Joined:
    May 1, 2017
    Messages:
    76
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Di tunggu yah mas di Garut :D siap ane siapin disini :D
     
  10. Rima

    Rima Active Member

    Joined:
    Mar 6, 2017
    Messages:
    558
    Likes Received:
    64
    Trophy Points:
    28
  11. kio waluyo

    kio waluyo Member

    Joined:
    May 1, 2017
    Messages:
    76
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Ayoo mba, munggahan main ke Garut *senang*
     
  12. Rima

    Rima Active Member

    Joined:
    Mar 6, 2017
    Messages:
    558
    Likes Received:
    64
    Trophy Points:
    28
    aku orang tasik nih gan, kurang tau daerah garut jemput dong wkakak*ketawa3*
     
    kio waluyo likes this.
  13. kio waluyo

    kio waluyo Member

    Joined:
    May 1, 2017
    Messages:
    76
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Moahahaha garut ame tasik kan deket mba masa gk tau daerah garut *bohong*
     
  14. Rima

    Rima Active Member

    Joined:
    Mar 6, 2017
    Messages:
    558
    Likes Received:
    64
    Trophy Points:
    28
    siap tancap gas hahahaha
     
  15. kio waluyo

    kio waluyo Member

    Joined:
    May 1, 2017
    Messages:
    76
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    hhhaaa okke lanjutt *lari*
     
  16. kio waluyo

    kio waluyo Member

    Joined:
    May 1, 2017
    Messages:
    76
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Moahahaa muriang kenapa mang ?
     
Loading...

Share This Page