Pilih Mana ? Bisnis Offline atau Online ?

Discussion in 'General Business' started by Reza Ahmad, Nov 12, 2019.

  1. Reza Ahmad

    Reza Ahmad Member

    Joined:
    Apr 3, 2018
    Messages:
    146
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Dimasa seperti saat ini, bisnis modal kecil untung besar bisa dimulai darimana saja karena perkembangan teknologi yang pesat secara efektif telah membuat bisnis pun ikut berkembang. Seperti yang kita ketahui bahwa di era yang serba online ini membuat para pelaku bisnis yang memanfaatkan momentum seperti ini untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Dengan berjualan online. Apalagi kini juga telah tersedia banyak situs jual beli online yang berada di internet yang bahkan memiliki pengunjung atau traffic load yang tinggi, sebut saja seperti tokopedia, shopee, lazada, dan situs lainnya yang memiliki pengunjung digital yang tinggi.

    Nah yang menjadi topik pada thread kali ini ialah jenis bisnis modal kecil manakah yang sebaiknya dipilih ? Apakah bisnis modal kecil offline atau bisnis modal kecil online ya ?

    Bisnis Modal Kecil Offline
    Sebelum memasuki era digital seperti saat ini, bisnis yang berbasis online masih jarang ada dan semua masih berbasis offline. Seperti namanya, bisnis ini bukanlah jenis bisnis yang berada di internet dan untuk melakukannya harus bertatap muka atau bertemu secara langsung untuk saling bertransaksi. Contohnya saja seperti berjualan di pasar swalayan atau tradisional, berjualan dagangan makanan keliling, dan sebagainya.

    Beberapa ide bisnis modal kecil offline lainnya ialah seperti berjualan pulsa, berjualan menu makanan (baik membuka warung makan atau berjualan di pinggir jalan), usaha laundry pakaian, jasa cuci motor/ mobil, dan lainnya.

    Bisnis Modal Kecil Online
    Namun setelah memasuki era digitalisasi dimana semuanya serba digital, kini membuat banyak pelaku usaha yang mencoba terjun dan melakukan bisnis di internet. Tercatat pelaku bisnis online semakin berkembang setiap tahunnya dan bahkan kini telah membludak tinggi. Bukan hanya memanfaatkan internet untuk berjualan, tetapi juga media sosial, kita semua tentu udah ga asing dengan hal ini, bentar-bentar online shop muncul di beranda sosial media kita, baik itu secara organik maupun berbayar (iklan). Contoh sosial media yang paling sering dimanfaatkan untuk berjualan online ialah Instagram dan Facebook, bahkan bagi ane pribadi keduanya sudah menjadi platform yang memiliki dua fungsi. Baik untuk surfing di sosial media, juga berjualan.

    Beberapa ide bisnis modal kecil online diantaranya ialah dengan membuat toko online, baik itu di situs jual beli online (marketplace) ataupun membuat website jualan sendiri, selain itu ada juga reseller dan juga dropshipper yang kini sudah membludak dan terkenal sebagai salah satu usaha sampingan yang memiliki potensi penghasilan hingga milyaran. Disamping itu, ada juga blogger dan content creator yang kini banyak digandrungi orang-orang bahkan usia belia sudah ikut-ikutan! (ane sendiri kadang suka liat di feed beranda youtube anak kecil bikin konten, isinya main game moba dan jumlah viewersnya tinggi! Gokil banget haha..). Hal ini membuktikan bahwa siapa saja berbisnis di era digital seperti saat ini, bahkan sukses di usia muda.

    Nah kembali lagi ke pembahasan utama, kira-kira manakah yang sekiranya agan-agan pilih untuk berbisnis ? Apakah berbasis offline ataukah online ? Atau bahkan kombinasi keduanyakah ? Yuk sharing disini!
     
Loading...

Share This Page