Pilih Motor Kopling atau Matic? Perhatikan Hal Ini!

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Aug 16, 2019 at 11:25 AM.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    236
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Sepeda motor masih menjadi transportasi favorit mayoritas warga Indonesia. Buktinya, angka penjualan motor di tanah air sangat tinggi. Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) catat angka penjualan motor di 2018 mencapai angka 6,3 juta unit. Motor kopling dan motor matic merupakan jenis motor favorit masyarakat Indonesia.

    Ketika dihadapkan pada dua pilihan motor tersebut, jenis motor mana yang bakal Sobat Rider bawa pulang? Jangan terburu-buru menjawab pertanyaan ini.

    Dalam memilih jenis sepeda motor, Sobat Rider perlu melakukan pertimbangan matang. Pastikan untuk mengetahui plus minus dari masing-masing jenis motor. Selanjutnya, sesuaikan kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis motor dengan kebutuhan.


    Perbedaan Motor Kopling dan Matic
    Sebelum melangkah lebih jauh, Sobat Rider perlu mengetahui perbedaan mendasar antara motor kopling dengan motor matic. Motor kopling biasanya ditemui pada jenis motor racing yang menawarkan kemampuan melaju dengan kecepatan tinggi.

    Sementara itu, motor matic memberi kemudahan dalam pemakaian. Motor matic dapat bergerak gesit di tengah kemacetan. Kedua jenis motor ini memiliki perbedaan yang sangat mencolok, di antaranya:


    1. Desain bodi

    [​IMG]
    Desain bodi motor matic lebih minimalis

    Desain bodi antara motor matic dengan motor kopling terlihat sangat mencolok. Motor matic kerap hadir dengan desain yang kecil dan ringan yang membuatnya kerap jadi pilihan utama kaum perempuan. Sementara itu, motor kopling kerap hadir dengan desain bodi yang besar dan berat. Motor kopling lebih disukai kaum pria karena mampu menampilkan kesan macho.

    Meski begitu, saat ini Sobat Rider juga dapat menjumpai deretan model motor matic yang menawarkan desain sporty dan macho. Sebagai contoh adalah Honda PCX ataupun Yamaha NMAX. Kedua jenis motor tersebut hadir dengan desain bodi berukuran besar yang membuatnya mampu menampilkan kesan mewah dan gagah.

    Desain bodi yang besar dan gagah, membuat motor kopling kerap jadi pilihan bagi Sobat Rider yang hobi touring. Motor ini dapat dikendarai dengan stabil dan mampu melintas berbagai jenis medan dengan mudah.

    Sementara itu, desain motor matic yang mungil memang membuatnya tak begitu cocok digunakan sebagai motor touring. Alih-alih digunakan sebagai motor touring, motor matic menawarkan kenyamanan ketika dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Apalagi, ketika Sobat Rider terbiasa melintasi kawasan macet. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
     
Loading...

Share This Page