Pilihan Menu Buka Puasa yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Discussion in 'Health & Medical' started by rahmat gunawan, Apr 8, 2019.

  1. Puasa Ramadhan adalah ibadah wajib yang harus dijalani oleh semua muslim yang ada diseluruh dunia. Menahan lapar dan haus dalam waktu kurang lebih 14 jam selama sebulan penuh mungkin menjadi tantangan yang berat bagi sebagian orang, termasuk dalam hal ini adalah para ibu hamil.

    Meski sebenarnya terdapat kelonggaran pada ibu hamil untuk tidak ikut menjalani ibadah puasa ketika mereka tidak mampu melakukannya. Namun faktanya sebagian besar ibu hamil tetap memilih ingin menjalani ibadah yang satu ini.

    [​IMG]

    Menjalani ibadah puasa selama hamil bukan berarti tanpa syarat. Menjaga pola makan terutama memilih menu buka puasa ibu hamil adalah hal penting yang harus dilakukan.

    Cara ini tentu saja penting dilakukan guna menjaga asupan nutrisi dan gizi ke dalam tubuh sebagaimana yang dibutuhkan oleh janin agar perkembangannya berjalan dengan lancar. Mari simak pilihan menu buka puasa ibu hamil yang sehat di bawah ini.

    Karbohidrat

    Jenis makanan pertama yang penting diasup ke dalam tubuh adalah karbohidrat. Sebagai sumber energi di dalam tubuh, karbohidrat amat dibutuhkan untuk menjaga anda tetap segar dan bertenaga selama menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan.

    Kurangnya asupan karbohidrat selain akan buruk untuk kesehatan. Pun akan tentu membuat anda lemas tak berdaya. Apalagi untuk bisa menjalani aktivitas harian, beranjak dari tempat tidur saja anda akan mungkin kepayahan.

    Maka dari itu, pastikan dengan baik agar anda mencukupi kebutuhan karbohidrat harian anda pada waktu makan buka puasa. Selain itu, asupan karbo pun sama pentingnya diasup pada saat waktu sahur. Adapun jenis karbohidrat yang lebih baik adalah karbohidrat kompleks dimana bahan ini akan membantu anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

    Protein

    Bahan sumber nutrisi selanjutnya yang penting untuk anda asup ke dalam tubuh ketika berpuasa saat hamil adalah mencukupi kebutuhan protein. Protein adalah sumber yang dibutuhkan si kecil untuk dapat menjaga tumbuh kembang di dalam rahim anda dengan baik. Maka dari itu, manfaatkan waktu buka dan sahur anda dengan senantiasa mengasup kebutuhan protein ke dalam tubuh.

    Ada dua jenis protein yang bisa anda dapatkan yakni protein hewani dan protein nabati. Makanan dengan kandungan protein hewani yang baik dan dianjurkan terdapat dalam ikan, daging, ayam dan telur. Sementara untuk jenis makanan dengan kandungan protein nabati diantaranya adalah tempe, tahu, kacang-kacangan dan masih banyak lagi.

    Lemak

    Selain beberapa jenis bahan di atas, lemak pun menjadi asupan yang anda butuhkan selama anda hamil dan tengah menjalani ibadah puasa. Asupan lemak dibutuhkan dalam pembentukan energi. Maka dari itu, pastikan jika anda senantiasa mencukupi kebutuhan lemak dengan baik selama puasa.

    Ada beberapa bahan makanan dengan sumber lemak yang baik seperti diantaranya adalah kacang-kacangan, keju dan mentega. Nah, setelah tahu beberapa daftar makanan ini punya kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh anda maka tidak ada salahnya mencukupi kebutuhan yang satu ini.

    Cairan

    Selain gizi dan nutrisi seimbang, cairan pun menjadi asupan penting yang perlu anda cukupi selama puasa. Hal ini dikarenakan saat berpuasa tubuh mengalami kekurangan cairan dalam jumlah yang lebih banyak daripada yang kita asup ke dalamnya. Menjaga asupan cairan akan tentu bermanfaat baik dalam menghindari dehidrasi yang mungkin menjadi ancaman serius selama puasa saat hamil.
     
  2. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    417
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Gx terasa sebentar lagi udah masuk bulan puasa lagi, artikel di bulan puasa pun sudah mulai menyemarakkan bulan ramadhan.
     
  3. Ya selain kurma sama kolak, semoga artikel ini juga jadi ciri khas sambut ramadhan yang manfaat gan :)
     
Loading...

Share This Page