Pilihan Top Table Kitchen Set yang Tepat untuk Dapur Anda

Discussion in 'General Lifestyle' started by iwen, Jun 26, 2020.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    166
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Saat memilih bahan untuk dijadikan top table kitchen set kadang jadi hal yang sulit. Apalagi, top table atau bagian atas meja kabinet adalah salah satu elemen yang berpengaruh terhadap design dapur dan kenyamanan saat memasak karena hampir segala aktivitas bertumpu di sini.

    Tanpa top table yang tepat, dapur Anda menjadi cepat rusak. Contohnya, tetangga saya memakai meja dari HPL untuk digunakan sebagai dapur basah, maka ketika dapur Anda sering basah, dan lembab, rusaklah furniture Anda. Ada baiknya Anda menggunakan Top Table dari bahan yang tahan air, seperti granit atau marmer, sehingga lebih tahan terhadap basah dan minyak.

    Cara Mempersempit Pilihan Anda
    Jika bingung untuk menemukan bahan mana yang paling cocok untuk dapur Anda, pikirkan terlebih dahulu kebutuhan dan kebiasaan Anda di dapur. Jangan lupa juga mempertimbangkan design dapur secara keseluruhan, termasuk backsplash kitchen set yang digunakan. Berikut beberapa pilihan top table yang bisa Anda pilih lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.

    1. Marmer
    [​IMG]

    Marmer adalah salah satu bahan top table terfavorit. Tampilannya glamor, modern, mewah, dan unik. Karakternya yang kuat, anti gores dan tahan panas sangat cocok untuk Anda yang sering memanggang dan memasak. Marmer adalah batu alam yang permukaannya dingin, halus dan bersih, juga memiliki warna dan corak yang beragam. Namun, pori-pori marmer cukup besar sehingga mudah menyerap air dan noda, juga tidak sekuat dan tidak sepadat granit. Jika tak rajin dibersihkan, lama-lama penampilannya akan terlihat kusam dan Anda harus memolesnya secara berkala.

    2. Granit
    [​IMG]

    Batu alam lain yang sering digunakan sebagai top table kitchen set adalah granit. Dari segi estetika tak kalah mewah dari marmer, banyak pilihan warna dan motif. Material granit juga lebih kuat, tahan lama, berpori kecil, dan tidak gampang tergores. Jika ingin menggunakan granit, pastikan untuk melapisnya dengan coating yang baik. Selain itu, material kitchen set juga harus kuat untuk menahan beban granit yang cukup berat.

    3. Solid Surface
    [​IMG]

    Solid Surface terbuat dari campuran resin akrilik dan polyester. Bahan yang satu ini sering disebut sebagai granit imitasi. Bagaimana tidak, tampilannya sangat mirip dengan banyak pilihan motif dan warna yang sangat menawan. Solid surface bersifat padat dan tidak memiliki pori sehingga aman dari bahan makanan dan air. Menariknya adalah produk ini dapat digabungkan dengan bahan sejenis tanpa terlihat disambung, sehingga tampilan top table terlihat bersih dan mulus.

    4. Stainles Steel
    [​IMG]

    Jika hunian Anda berkonsep industrial, tak ada salahnya memilih stainless steel sebagai top table kitchen set. Biasanya bahan ini digunakan di dapur-dapur restoran, mudah bengkok dan tergores. Meskipun demikian, kelebihan bahan ini cukup tahan air, panas, jamur, mudah dibersihkan dari noda serta proses pemasangannya lebih gampang.

    5. Beton dan Keramik
    Selain harganya murah, beton keramik juga memiliki banyak pola, warna dan teksur sehingga Anda lebih mudah memadupadankan dengan tema dapur. Namun, banyak orang yang menganggapnya kuno dan juga bagian sambungan atau nat antar keramik yang mudah kotor membuat bahan satu ini mulai ditinggalkan.

    Setiap bahan memiliki karakter dan hasil yang berbeda. Selain menyesuaikan dengan biaya, pertimbangkan juga segi fungsionalitas dan juga kesesuaian material dari top table kitchen set yang Anda pilih untuk mempercantik design dapur. Jadi, mana yang jadi pilihan Anda?
     
Loading...

Share This Page