Pintar Typografi Dalam 3 Menit

Discussion in 'Graphic Design & Animation' started by Goenawan2211, Mar 18, 2020.

  1. Goenawan2211

    Goenawan2211 New Member

    Joined:
    Mar 2, 2020
    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Oke teman teman dipembahasan kali ini kita akan belajar mengenai hal fotografi dalam waktu 3 menit saja. Typografi merupakan teknik dalam merangkai dan menyusun kata untuk membuatnya terlihat menarik agar mudah dibaca. Intinya membuat desain itu menjadi lebih menarik dengan teknik typografi. Untuk itu kali ini kita akan membahas tentang tips tips yang dapat kalian lakukan untuk menjadi pintar dalam hal fotografi. Untuk itu langsung saja kita mulai pembahasannya.

    1. Gunakan Max 3 jenis font
    Apa kalian pernah kesulitan dalam mengkombinasikan jenis font 1 dan 2 atau ini font bebas neue cocoknya sama apa? Aku pernah dan itu sulit dan boros waktu. Mengkombinasikan 2 font saja sulit apalagi yang 3 font. Kalau aku disini sukanya cari yang aman seringnya hanya 1 font. Selain itu, menggunakan font lebih dari 3 jenis akan membuat pembaca bingung juga.

    2. Kontrol Kerning
    Apa itu Kerning? Kerning adalah jarak antar huruf dalam sebuah kata atau kalimat, jadi gunakan cara aman yaitu default saja. Karena pada dasarnya kita membaca dari kata per kata bukan huruf per huruf, jika terpaksa menggunakan kerning maka kontrol dengan bijak jangan terlalu lebar dan jangan terlalu sempit.

    3. Sesuaikan dengan konteks
    Tidak ada yang namanya jenis font yang baik atau buruk, hanya saja terkadang kita sering keliru menggunakannya. Jadi perhatikanlah dimana, siapa dan bagaimana desain kita akan dilihat.

    4. Alignment yang konsisten
    Pengaturan Alignment yang sama akan mewujudkan harmoni dalam desain. Susunan Alignment yang acak akan membuat pembaca kesulitan jadi intinya jika rata kiri rata kirikan semua, jika rata tengah rata tengah semua, jangan rata kiri bawahnya rata tengah lalu rata kanan bagian paling bawah justify.

    5. Orang yang tidak akan membaca
    Ini kenyataan yang pahit gaes, kebanyakan orang orang tidak pernah membaca, mereka hanya melihat dan memindai (scan). Jadi Tipsnya adalah buat Headline yang jelas, kontras yang bagus & sandingkan tulisanmu dengan ilustrasi, icon, ataupun stock foto.
     

Share This Page