Platform CMS Terbaik untuk Pengembangan Website

Discussion in 'General Discussion' started by noer98, Feb 3, 2020.

  1. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    539
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Tahun yang lalu sangat bagus untuk pembuatan website . Khususnya, lebih banyak solusi yang dikembangkan sejauh pengembangan web yang bersangkutan. Saat ini, seseorang dapat membuat situs web dalam hitungan menit! Namun, hal yang sama tidak berlaku untuk menggunakan sistem manajemen konten (CMS) untuk mengelola situs web. Ini karena platform CMS membutuhkan lebih banyak pengetahuan teknis, yang memungkinkan Anda mengetahui sistem terbaik untuk dipilih.

    Apa itu platform CMS?
    Sederhananya, sistem manajemen konten adalah platform yang memfasilitasi pembuatan dan pengelolaan konten yang ditemukan di internet. Konten tersebut termasuk posting blog, halaman web, konten video, dan audio di antara banyak lainnya. Platform CMS dapat diterapkan secara eksklusif untuk mengelola konten web (seperti contoh yang disebutkan dalam kalimat di atas) maka sistem manajemen konten web (WCMS). Namun, platform CMS dapat bermanfaat pada tingkat perusahaan yang sekarang disebut sebagai sistem manajemen konten perusahaan (ECMS). Sebagian besar platform CMS yang tersedia memiliki kedua fungsionalitas.

    Seringkali, ECMS lebih luas dalam hal fungsionalitas dibandingkan dengan WCMS. Bahkan, beberapa jika tidak semua ECMS memasukkan WCMS sebagai bagian dari fungsinya. Fungsi ECMS lainnya termasuk fungsi manajemen dokumen, penyimpanan catatan, dan manajemen aset digital. Di sisi lain, WCMS terutama memfasilitasi pengelolaan kolaboratif konten digital, yang meliputi penulisan, pengeditan, dan penerbitan. Sementara konten yang dikembangkan pada platform WCMS bersifat publik, konten pada ECMS bersifat pribadi dan pengguna harus melalui firewall perusahaan / organisasi untuk mengaksesnya.

    Fitur utama platform CMS
    CMS memiliki fitur utama tertentu apakah itu ECMS atau WCMS. Fitur-fitur ini memungkinkan platform untuk menjalankan fungsinya secara optimal. Misalnya, jika suatu organisasi mempekerjakan perusahaan pengembang CRM khusus untuk mengembangkan ECMS untuk manajemen hubungan antara organisasi dan pelanggan, fitur-fitur ini adalah apa yang akan dimanfaatkan oleh perusahaan pengembang. Fitur-fiturnya meliputi:

    Manajemen konten
    Jelas, ini adalah fitur utama platform. Di sini, pengguna dapat dengan mudah membuat, mengedit, mengelola, dan menerbitkan informasi tanpa masuk ke kompleksitas seperti pengkodean.

    Presentasi konten
    Pelanggan tidak menempel pada satu perangkat saat mengakses konten Anda. Karena itu, Anda harus mengoptimalkan konten untuk setiap perangkat yang menurut Anda akan digunakan pelanggan. Namun, akan terlalu melelahkan untuk melakukan optimasi sebagai manusia. Untungnya, semua platform CMS mengotomatiskan fungsi dan konten tersebut disajikan sambil dioptimalkan tanpa Anda menggerakkan jari.

    Integrasi konten
    Organisasi menghasilkan konten yang menemukan jalannya ke banyak platform lain. Namun, platform CMS harus dapat diintegrasikan dengan platform lain untuk merampingkan koneksi konten Anda. Beberapa platform CMS memiliki platform pengalaman khusus yang melaluinya mereka berintegrasi dengan platform lain. Namun, tipe CMS lain bergantung pada API untuk diintegrasikan dengan perangkat ERP dan CRM.

    Personalisasi konten
    Prinsip utama manajemen hubungan pelanggan (CRM) adalah untuk dapat terhubung dengan pelanggan pada tingkat individu. Ini karena setiap pelanggan memiliki kebutuhan unik, yang harus dipenuhi atau dilihat untuk dipenuhi oleh platform. Jika tidak, pelanggan kemungkinan akan memilih platform lain. Platform CMS yang baik menyajikan konten yang relevan kepada pelanggan berdasarkan karakteristik unik mereka.

    Analisis
    Organisasi dan individu menghasilkan ratusan halaman konten digital setiap tahun. Menariknya, setiap pembuat konten berharap bahwa audiens target akan benar-benar berinteraksi dengan konten. Namun, bagaimana pembuat konten dapat yakin bahwa objek telah dipenuhi? Di sinilah fitur analitik platform CMS masuk. Melalui analitik konten, CMS dapat memberi tahu pembuat konten berapa kali pengguna membaca konten. Lebih lanjut, fungsionalitas analitik menawarkan wawasan hebat tentang apa yang dapat dilakukan pencipta untuk mengoptimalkan konten agar visibilitasnya lebih baik.

    Fitur utama lainnya dari platform CMS yang hebat termasuk tata kelola yaitu, kemampuan untuk mengendalikan apa yang terjadi pada konten yang Anda posting di platform. Selain itu, platform CMS yang hebat memiliki dukungan multibahasa. Saat ini, banyak situs web membuat konten untuk pemirsa di seluruh dunia. Bahkan organisasi beroperasi dalam pengaturan multibahasa dan karenanya mereka membutuhkan ECMS yang dapat memenuhi kebutuhan semua pelanggan. Selain itu, platform CMS yang bagus dapat diskalakan. Skalabilitas berbicara tentang kinerja dan stabilitas platform, apakah itu dapat tumbuh berdampingan dengan kebutuhan organisasi. Platform harus memfasilitasi layanan penyesuaian ERP untuk menjamin kinerja yang diinginkan.

    Platform CMS terbaik untuk pengembangan situs web
    Setelah mendapatkan informasi pengantar platform CMS, sekarang saatnya untuk meninjau platform CMS terbaik yang memiliki fungsionalitas pengembangan web. Khususnya, sektor ini telah berkembang pesat dan ada banyak opsi untuk Anda pilih. Namun, Anda harus selalu memastikan bahwa platform memiliki semua fitur utama yang dibahas di sini. Beberapa platform terkemuka untuk tahun ini meliputi:

    1. WordPress
    Bisa dibilang, WordPress adalah raja dari manajemen konten. WordPress adalah sistem manajemen konten yang paling populer. Diluncurkan pada tahun 2003, platform ini memiliki salah satu pilihan alat dan tema terbaik dari semua platform CMS. Ditulis dalam MySQL dan PHP, WordPress dikemas dengan banyak fitur. Pengguna dapat membuat situs web pribadi atau perusahaan hanya dengan beberapa klik. Namun, WordPress lebih populer sebagai platform blog. Platform ini menawarkan hosting internet gratis melalui WordPress.org. Selain itu, platform ini memungkinkan pengguna untuk menginstal tema dan plugin yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Dengan cara ini, pengguna dapat mempersonalisasi platform dan menyesuaikannya dengan keinginan unik mereka. Layanan berbayar dari WordPress murah, tetapi ini tergantung pada bagaimana Anda bermaksud menggunakan platform. Anda akan membayar hanya $ 4 untuk penggunaan pribadi dan $ 25 untuk penggunaan bisnis (untuk pelanggan perusahaan). Fitur hebat lainnya tentang WordPress adalah bahwa ia menyertakan banyak templat gratis dan premium untuk pengembangan web. Template sangat dapat disesuaikan sehingga Anda dapat menyesuaikan platform dengan keinginan Anda.

    2. Joomla
    Joomla mungkin tidak sepopuler WordPress tetapi ada di sana. Platform ini sangat ideal untuk layanan pengembangan ERP. Meskipun tidak mudah digunakan untuk pemula, Joomla fleksibel dan menawarkan pengalaman hebat bagi pembuat konten teks. Ketika datang ke manajemen hubungan pelanggan, Joomla adalah raja karena fitur manajemen pelanggan yang tidak ada duanya. Mirip dengan WordPress, Joomla memiliki fungsi multibahasa. Dengan demikian, pengguna tidak perlu memo untuk ekstensi dan plugin untuk meningkatkan dukungan untuk bahasa lain. Area lain yang cocok dengan Joomla WordPress adalah tersedia banyak koleksi tema dan templat. Sayangnya, Joomla mungkin menjadi tantangan bagi pengguna yang tidak memiliki pengetahuan rinci tentang platform. Joomla tidak mudah dan terlalu sederhana seperti WordPress.

    3. Magento
    Magento sangat ideal untuk situs web e-niaga. Dengan munculnya fenomena belanja online, Magento telah mengambil peran penting dalam memicu tren belanja baru. Teknologi pada inti Magento adalah open source, yang menyiratkan bahwa pengembang memiliki kebebasan untuk menyempurnakan perangkat lunak untuk kebutuhan unik mereka. Selain itu, platform ini tangguh dalam hal produk yang dapat dihosting. Magento dapat menampung lebih dari setengah juta produk untuk toko online. Selanjutnya, platform dapat memproses hingga 80.000 pesanan dalam satu jam tunggal. Selain itu, Magento sangat bagus dalam hal dukungan SEO dan pemasaran.

    4. Drupal
    Drupal sangat bagus untuk pengguna yang ingin memiliki kontrol lebih besar atas pelanggan mereka. Khususnya, platform ini sangat fleksibel ketika datang untuk mengelola jenis posting khusus. Selain itu, Drupal memiliki fungsi multibahasa yang sangat baik serta sistem klasifikasi konten yang tidak ada duanya dibandingkan dengan saingan. Dari segi keamanan, banyak pengguna menganggap Drupal lebih unggul dibandingkan Joomla dan WordPress. Dengan demikian, Drupal menjadi yang teratas untuk pengguna perusahaan. Ini karena keamanan yang lebih baik dan kemampuan untuk mengelola pengguna karena tingkat kontrol yang lebih tinggi pada izin pengguna.

    5. Umbraco
    Umbraco menawarkan keamanan lebih daripada Drupal. Ini karena fakta bahwa itu dibangun di atas .NET framework. Keempat platform CMS yang dibahas di atas didasarkan pada PHP dan MySQL. Keuntungan terbesar dari .NET framework adalah bahwa Anda hampir yakin bahwa situs web Anda tidak akan pernah mengalami serangan malware. Selain itu, kerangka kerja ini mengurangi jumlah pembaruan yang diperlukan untuk situs web. Selain dukungan multibahasa, platform ini memiliki fitur variasi bahasa built-in. Dengan cara ini, pengguna memiliki lebih banyak kebebasan saat mengakses platform

    sumber : niagawebmaster.com
     
  2. Yuyutsu

    Yuyutsu Member

    Joined:
    Mar 22, 2015
    Messages:
    256
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    28
    Kalo HTMLy bagaimana?
     
  3. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    502
    Likes Received:
    26
    Trophy Points:
    28
    biasa nya pake wordpress sih , joomla pernah belajar sedikit
     
  4. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,973
    Likes Received:
    2,620
    Trophy Points:
    313
    Lihat kebutuhan website untuk apa sih...
    awalnya wordpress dan drupal itu berbeda. wp lebih ke microblogging dan drupal, joomla (mamboo) lebih ke pengembangan website.
     
  5. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,973
    Likes Received:
    2,620
    Trophy Points:
    313
    HTMLy bagus untuk blog yang cenderung ke menulis tanpa ribet. Hampir semua blog dummy saya pakai HTMLy dan saingan beratnya Nibbleblog :D
     
    Yuyutsu likes this.
  6. Yuyutsu

    Yuyutsu Member

    Joined:
    Mar 22, 2015
    Messages:
    256
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    28
    biarpun bersaing tapi masih punya kesamaan.. sama-sama udah lama ga diupdate..
     
  7. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,973
    Likes Received:
    2,620
    Trophy Points:
    313
    Umumnya cms yang nggak ada komunitas-nya jarang update jika sudah dianggap stabil oleh pembuatnya. :D
     
    Yuyutsu likes this.
  8. Yuyutsu

    Yuyutsu Member

    Joined:
    Mar 22, 2015
    Messages:
    256
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    28
    Tapi, kalo nginstall via Softaculous ada warning-nya. Bikin ragu.
     
  9. Ulin

    Ulin Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    386
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    yg pasti2 aja dah, WP tetep jd andalan, Krna sya bisanya cuma WP hahaha
     
Loading...

Share This Page