Plus Minus Menjadi Wirausahawan

Discussion in 'General Discussion' started by lordard, Sep 28, 2020.

  1. lordard

    lordard Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    86
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Setiap orang bebas memilih jalan hidup masing-masing dan tidak seorangpun berhak mengintervensinya. Namun, tidak ada salahnya kita mempertimbangkan untuk menjadi sebuah masukan. Menjadi seorang wirausaha pasti memiliki plus minus tersendiri karena seluruh pekerjaan merupakan tanggung jawab pribadi. Sehingga menjadi seorang wirausaha harus terbuka dengan berbagai informasi kewirausahaan salah satunya adalah cara daftar online siup.

    [​IMG]

    Kelebihan Menjadi Wirausahawan

    Karena seluruh pekerjaan merupakan tanggung jawab pribadi maka tak heran jika sebagai seorang wirausahawan dapat memiliki posisi ganda yaitu sebagai pemilik perusahaan dan sebagai direktur perusahaan tersebut. Maka pendapatan secara finansial akan mendapat gaji 2 sumber yaitu dari keuntungan perusahaan dan mendapat gaji sebagai direktur pelaksana.

    Status sebagai pemilik perusahaan tentu menjadi kebanggan tersendiri dibandingkan bekerja menjadi karyawan. Rasa itulah yang menjadi sebuah motivasi agar lebih maju sehingga dapat melahirkan ide-ide cemerlang. Kemudian ide tersebut dirangkai menjadi strategi unggulan sehingga melahirkan kesuksesan usaha dan terjaganya kesinambungan usaha hidup perusahaan. Kesuksesan akhirnya menciptakan rasa puas yang memicu pemilik untuk mencapai kesuksesan.

    Karena posisinya adalah sebagai pemilik sekaligus direktur perusahaan maka tidak ada orang lain yang akan memerintahnya. Meski demikian, seorang direktur harus bijaksana saat memberikan perintah kepada bawahannya agar tetap dihormati sebagai pimpinan dan mengayomi karyawan. Selain itu, kecepatan dan ketepatan dalam mengambil keputusan adalah salah satu hal yang sangat penting bagi perusahaan.

    Seorang wirausaha meminta pendapat dan pertimbangan dari konsultan dikarenakan untuk bahan pertimbangan yang akhirnya wirausahawan sendiri yang mengambil keputusan. Karena statusnya menjadi seorang wirausahawan atau pekerja tunggal jadi semua urusan ditangani sendiri sehingga seorang wirausaha dituntut untuk selalu update terkait informasi perkembangan bisnis dari tahun ke tahun.

    Keuntungan lainnya dari menjadi seorang wirausahawan di zaman yang semakin berkembang ini maka segala sesuatunya sudah serba mudah dan praktis salah satunya pengurusan surat izin perdagangan. Untuk mengurus berkas tersebut sekarang sudah tidak perlu ke kantornya langsung, tapi bisa daftar online siup di laman yang telah disediakan. Sangat mudah dan praktis bukan ?

    [​IMG]

    Kerugian Menjadi Wirausahawan

    Meskipun memiliki status sebagai pemilik perusahaan menjadi salah satu keuntungan menjadi wirausaha, namun dibalik itu semua terdapat beberapa kerugian yang bisa dirasakan oleh seorang wirausaha. Kerugian menjadi wirausaha yang pertama adalah jam kerja panjang dan tidak pasti. Pada saat sebagian orang telah tertidur lelap di malam hari, seorang wirausahawan kadang masih bekerja hingga larut malam.

    Hal itu dilakukan supaya esok harinya dapat berbisnis dengan mitranya atau melayani para pelanggan dengan baik. Selain itu, tidak jarang jika seorang wirausahawan menggunakan waktu jam makan siang untuk membicarakan bisnis dengan mitra atau mengantarkan pesanan ke tempat pelanggannya. Sedangkan untuk kerugian lainnya yaitu seperti pendapatn tidak stabil, menanggung resiko yang besar, belajar tak ada akhirnya hingga sering terlibat masalah keuangan.

    Akan tetapi tak sedikit orang yang memilih untuk menjadi wirausaha karena jam kerjanya tidak terikat oleh aturan kantor dan tidak ada yang mengaturnya juga sehingga mereka bisa menentukan sendiri kemana akan membawa usahanya tersebut. Di Indonesia saat ini sudah banyak sekali orang yang terjun dalam dunia bisnis meskipun usahanya masih tergolong sangat muda.

    Semua orang pasti punya impian untuk menjadi seorang bos atau pemilik perusahaan karena bisa memerintah bawahan dan memiliki kekuasaan tinggi. Namun, dibalik semua itu menjadi seorang direktur perusahaan memiliki tanggung jawab yang besar karena jika salah mengambil langkah atau keputusan maka akan berakibat fatal salah satunya yaitu perusahaan atau usaha yang dirintis bisa mengalami kebangkrutan dan kerugian yang sangat besar.
     
Loading...

Share This Page