Potensi Museum Multimedia Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Hingga Berkali-kali Lipat

Discussion in 'General Business' started by Dudu, Jul 9, 2018.

  1. Dudu

    Dudu Guest

    Sejak tahun 2015, Museum mulai bisa merebut hati para pengunjungnya. Semua itu berkat diterapkannya museum multimedia di museum-museum tersebut. Museum multimedia adalah ketika berbagai teknologi dan media diterapkan pada museum, mulai dari sekedar pemutaran video hingga teknologi seperti augmented reality.

    Teknologi di museum lain seperti Cooper Hewitt’s Pen, yang diberikan kepada pengunjung ketika mereka datang, dengan Hewitt’s Pen kita bisa mengumpulkan dan menyimpan objek yang menarik dan mengunggahnya secara online, yang secara tidak langsung menunjukan kepada pengunjung bahwa “ini adalah museum canggih”. Begitu juga dengan Cleveland Museum of Art yang menciptakan dinding interaktif setinggi 40 kaki, yang merupakan hasil pengembangan dari VR dan AR yang kemudian menonjol sebagai teknologi yang dominan di sana, karena kekuatannya untuk menarik pengunjung tidak hanya ke dunia lain tetapi kembali ke masa lalu.

    [​IMG]

    Proyek Pufferfish dari Advisor, telah berhasil menerapkan teknologi di museum Jerman dan telah membantu mereka menarik pengunjung ke museum. VR juga bisa dimanfaatkan untuk menciptakan pameran fotografi. VR memiliki potensi luar biasa untuk menciptakan kembali sejarah di sekitar kita secara virtual.

    Seiring dengan berkembangnya teknologi canggih, akan semakin banyak pula museum multimedia bisa diterapkan dan otomatis biaya untuk menciptakan teknologi tersebut juga menjadi semakin rendah, dan itu membuktikan bahwa masa depan museum multimedia di dunia, tidak terkecuali di Indonesia menjadi semakin cemerlang.

    Beberapa institusi telah benar-benar mendorong penggunaan VR ke tingmukat ekstrim seperti Museum Kremer, yang telah resmi bisa diakses mulai bulan November 2017. Museum multimedia ini menampilkan lebih dari 70 lukisan abad ke-17 Belanda dan Flemish yang telah difoto antara 2.500 dan 3.500 kali menggunakan teknik ‘fotogrametri’ untuk membangun satu model visual resolusi ultra tinggi untuk setiap lukisan, ‘memungkinkan pengunjung untuk menikmati pengalaman mendalam dengan lukisan-lukisan tersebut.’

    Di Jepang baru-baru ini diumumkan bahwa tim seni kolektif ‘ultratechnologists’ akan meluncurkan Museum Seni Digital mereka di Tokyo pada musim panas, yang akan sepenuhnya diisi dengan karya digital. Mereka mengatakan: “Teknologi digital telah memungkinkan kami untuk membebaskan seni dari batas fisik dan melampauinya.”

    Brendan Ciecko, chief executive berusia 30 tahun dan pendiri Cuseum, perusahaan AS yang diluncurkan pada tahun 2014 yang memberdayakan aplikasi seluler di museum, mengatakan bahwa teknologi melampaui seni. Cuseum baru-baru ini bekerja pada Felice Grodin: Invasive Species pameran pertama di dunia dalam menggunakan ARKit Apple di The Perez Art Museum di Miami (PAMM).

    [​IMG]

    “Museum membutuhkan cara baru untuk menarik pengunjung, dan teknologi di museum seperti AR dan VR dapat menambahkan tools untuk pendidikan dan sebagai media untuk bercerita,” katanya. “Museum adalah pendongeng alami yang ingin membuat dan mendistribusikan cerita baru dengan cara baru. Dalam menggunakan AR, museum dapat secara virtual melapis konten pendidikan atau menghibur tanpa memodifikasi ruang fisik sehingga menciptakan lapisan baru yang dapat digunakan untuk terhubung dengan pengunjung. ”

    Dalam kasus PAMM, mereka didorong oleh misi kelembagaan dan komitmen mereka untuk mendukung seniman dan menugaskan karya digital baru untuk pameran AR-powered sepenuhnya. “Sebagai museum abad ke-21, PAMM berusaha untuk memperkuat gagasan museum sebagai tempat untuk eksperimen dan laboratorium untuk ide-ide,” kata Direktur PAMM Franklin Sirmans.

    “Satu dekade yang lalu mungkin mustahil, tetapi hari ini, teknologi ada di sekitar kita. Museum, sama seperti jenis bisnis atau organisasi apa pun, menghadapi tantangan baru (dan peluang) karena teknologi dengan cepat mengubah cara hidup kita. Secara paralel, perilaku, harapan, dan selera pengunjung museum berkembang lebih cepat dari sebelumnya dan museum harus beradaptasi.”

    Biaya dan hambatan masuk untuk AR telah menurun secara signifikan selama beberapa tahun terakhir, kata Ciecko. Pengenalan Apple ARKit dan ARCore Google pada tahun 2017 mengisyaratkan titik kritis utama. Banyak perusahaan teknologi besar telah memperkenalkan kerangka kerja pengembang gratis yang menghapus biaya yang seharusnya ditanggung oleh klien. Namun, VR adalah cerita yang berbeda, katanya, karena perangkat keras dan biaya produksi konten yang tinggi tetap menjadi rintangan.
     
Loading...

Share This Page