Prinsip Dasar yang Harus Dimiliki Satuan Pengaman

Discussion in 'Education' started by adira fairuz, Feb 16, 2021.

  1. adira fairuz

    adira fairuz New Member

    Joined:
    Oct 6, 2020
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]


    Jasa Security - Seorang satpam merupakan ujung tombak terdepan dalam sistem keamanan bagi suatu instansi pemerintahan ataupun swasta ataupun perorangan. Namun, untuk menjadi seorang satpam tidak semudah keliatannya. Sebagai seorang satpam, mereka memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Hal ini dikarenakan tugas pokok satpam adalah menyelenggarakan keamanan dan ketertiban. Tidak hanya itu, menjadi satpam juga tidak asal, mereka juga memiliki prinsip yang harus dipegang dalam menjalankan tugas. Biasanya prinsip tersebut dikenal dengan prinsip dasar satpam. Apa saja isinya? Simak berikut ini penjelasannya.

    Mempunyai rasa disiplin, patuh, dan taat kepada pimpinan
    Jika Anda perhatikan prinsip dasar satpam, yang pertama ini merupakan landasan bagi seorang tenaga satuan pengaman yang wajib mereka miliki. Satpam harus memiliki sikap disiplin serta patuh dan taat yang merupakan sikap yang wajib mereka berikan kepada pimpinan dengan penuh rasa tanggung jawab dan jujur.

    Harus menjunjung tinggi kehormatan satuan pengaman dan prioritaskan jati diri
    Yang kedua prinsip satpam, yaitu menjadikan sikap hormat terhadap satuan pengamanan. Selain itu, satuan pengaman juga harus lebih memprioritaskan kepada kehormatan jati diri. Hal ini merupakan prinsip yang harus dimiliki dan diwujudkan oleh seorang satuan pengaman.

    Harus selalu waspada dalam menjalankan tugas
    Prinsip dasar satpam yang ketiga berkaitan dengan tugas penting seorang satpam atau satuan pengaman, yaitu sebagai penata tertib, khususnya di suatu perusahaan atau tempat bekerja. Adapun salah satu kewajiban seorang satpam adalah harus selalu siaga saat menjalankan tugas.

    Tidak boleh menganggap remeh segala kejadian dan bersikap terbuka
    Menjadi seorang satpam atau satuan pengaman dituntut untuk selalu bersikap serius di dalam lingkungan kerja. Ia juga harus selalu siap dengan berbagai kondisi di lapangan.

    Harus bersikap etis saat menerapkan peraturan yang berlaku dan bersikap tangguh.
    Prinsip dasar yang satu ini mewajibkan satpam untuk berperilaku etis dan juga tangguh saat menerima tugas dari pimpinan.

    Kunjungi Juga : Perusahaan Outsourcing Jakarta
     
  2. Agreside

    Agreside Member

    Joined:
    Jan 29, 2021
    Messages:
    127
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Info wajib bagi para keamanan nih...
    Nice share gan..
     
  3. adira fairuz

    adira fairuz New Member

    Joined:
    Oct 6, 2020
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    sip moga terbantu ama artikel ane
     
Loading...

Share This Page