Problem Baut Berkarat dan Cara Membukanya

Discussion in 'General Discussion' started by alkemisa, Mar 14, 2022.

  1. alkemisa

    alkemisa New Member

    Joined:
    Dec 1, 2021
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Pada komponen kendaraan dan mesin, baut mempunyai peranan yang sangat penting. Meskipun ukurannya kecil, namun baut menjadi perantara untuk menyambung bagian-bagian mesin agar bisa bekerja dengan semestinya. Perkara baut rusak dan berkarat menjadi salah satu masalah yang serius bagi sebagian orang terutama mereka yang tidak paham dengan konteks permesinan. Biasa saja baut dipaksa lepas namun dengan konsekuensi merusak bagian mesin atau komponen kendaraan.

    Untuk mengatasi baut berkarat sebaiknya baut tidak dipaksa dengan cara yang tidak semestinya. Hal ini untuk mengurangi risiko kerusakan pada komponen utama dan juga mencegah baut patah didalam komponen. Baut berkarat yang patah di dalam komponen karena dipaksa keluar akan membuat proses mengeluarkan baut menjadi semakin susah. Agar tidak salah, berikut ini beberapa petunjuk untuk menyiasati baut berkarat.

    Penyebab Problem Baut Berkarat
    Biasanya ketika kendaraan atau mesin sudah berjalan dengan baik, orang akan lupa dengan perawatan bagian yang kecil seperti baut. Baut yang tidak dirawat dengan baik dalam waktu lama tentu akan mengalami karatan. Apalagi bila mesin atau kendaraan digunakan untuk medan yang berat sehingga baut selalu terpapar dengan bahan-bahan korosif atau menyebabkan karat. Selain itu, baut yang sudah digunakan di tempat yang sama tanpa pernah di rotasi juga rentan mengalami karat.

    Bila sudah berkarat, baut akan susah dibuka karena sifatnya rapuh dan mudah patah. Bila dipaksa sekalipun dengan menggunakan alat, baut bisa beresiko patah di dalam komponen. Melepaskan baut yang sudah berkarat memang perlu sedikit kesabaran namun bukan berarti tidak bisa.

    Cara Membuka Baut Berkarat
    Baut yang sudah berkarat tentu harus dibuka dengan ekstra hati-hati karena permukaannya menjadi rapuh. Kesalahan dalam membuka baut yang berkarat bisa menyebabkan baut patah ataupun malah merusak bagian mesin atau kendaraan. Namun bila tidak dilepas, baut yang berkarat juga bisa menjadi masalah karena mempengaruhi kinerja mesin itu sendiri. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melepas baut yang sudah berkarat dengan aman.

    1. Menggunakan Cairan Khusus
    Salah satu cara melepas baut berkarat adalah dengan menggunakan cairan khusus. Ada beberapa jenis cairan untuk membuka baut berkarat yang tersedia di pasar. Cairan khusus ini bisa membuat baut berkarat yang sudah seret bisa dilepas dengan mudah. Cara kerja cairan khusus ini membuat permukaan baut yang sudah berkarat menjadi bersih sehingga baut bisa diputar dengan lebih mudah. Anda dapat menggunakan produk Eon Chemicals yang merupakan produsen bahan kimia ternama.

    2. Minyak Rem
    Selain cairan khusus untuk membuka baut berkarat, anda juga bisa menggunakan minyak rem untuk melepas baut berkarat. Minyak rem ini bekerja dengan prinsip yang sama seperti cairan khusus baut berkarat. Anda bisa mengoleskan minyak rem pada bagian atas atau daerah sekitanya sedikit demi sedikit sehingga minyak rem bisa masuk kedalam baut melalui celahnya.

    Baik menggunakan minyak rem atau cairan khusus baut berkarat, sebaiknya tunggu beberapa saat agar minyak bisa meresap. Setelah sekiranya bagian baut terlumuri dengan minyak dengan baik, baru coba lepaskan baut dengan kunci sesuai tipenya. Ketika melepas baut berkarat juga harus lebih hati-hati agar baut tidak menjadi gundul dan akan menjadi lebih sulit lagi untuk dilepas. Baut sebaiknya dibersihkan secara berkala untuk mencegah debu dan kotoran menumpuk yang menyebabkan berkarat.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,049
    Likes Received:
    143
    Trophy Points:
    63
    Biasanya orang menggunakan cairan wd 40 untuk upaya mengatasi baut yang berkarat, meskipun kadang sulit juga kalau sudah terlalu berkarat
     
  3. alkemisa

    alkemisa New Member

    Joined:
    Dec 1, 2021
    Messages:
    3
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Siap Pak, terima kasih atas info tambahannya
     
Loading...
Similar Threads - Problem Baut Berkarat
  1. Rimanur
    Replies:
    0
    Views:
    377

Share This Page