Proses Pembuatan cincin secara manual dan dari perak

Discussion in 'Creative Art & Fine Art' started by prinawidia, Apr 5, 2017.

  1. prinawidia

    prinawidia Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    1,371
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    48
    Mungkin ada yang sudah bisa membuat cincin dengan hasil karya sendiri? Meski hasilnya kurang memuaskan, tidak masalah! Yang penting kita sudah berusaha untuk membuat karya tersebut dengan tangan kita sendiri tentunya. Sebelum ke pembuatan cincin, terlebih dahulu anda harus menyiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan. Peralatan apa saja yang harus ada ketika membuat cincin? Berikut adalah bahan-bahan dan peralatan yang harus disiapkan terlebih dahulu.

    Peralatan dan bahan
    1. Alat untuk melebur perak, biasanya disebut dengan gembosan.
    2. Kowi, yaitu tempat untuk melelehkan perak
    3. Cetakan. Berguna untuk menuangkan perak yang sudah dilebur.
    4. Baskom yang sudah berisi air. Berguna untuk mendinginkan perak yang sudah dilebur.
    5. Alat untuk menempa. Terdiri dari supit, palu dan paron serta landasan.
    6. Alat penggilingan. Untuk menggiling perak yang sudah ditempa.
    7. Siapkan patri. Berfungsi untuk merakit perak.
    8. Siapkan amplas, sikat gigi, atau sangling. Berfungsi untuk finishing.
    9. Siapkan buah lerak dan peralatan lainnya yang dibutuhkan seperti bensin atau gas, kikir berbagai ukuran,korek api dan air tawas.
    10. Siapkan perak tergantung ukuran. Untuk pembuatan cincin biasanya 5 gram juga cukup.
    Cara pembuatan

    Persiapkan alat dan bahan, jika dirasa semuanya sudah siap maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memanaskan terlebih dahulu kowi yang akan digunakan untuk melebur perak. Jika sudah dipanaskan, kemudian masukan perak tersebut dan lebur hingga mencair.

    [​IMG]
    Jika sudah mencair, tuangkan kedalam cetakan. Biasanya cetakan berbentuk persegi panjang dan sudah di lumuri dengan minyak kelapa. Kurang lebih bentuknya seperti gambar berikut ini :
    [​IMG]
    Ketika sudah dimasukkan, anda bisa mengambilnya menggunakan supit yang sudah disiapkan sebelumnya. Proses selanjutnya yaitu proses penempaan perak.
    [​IMG]
    Penempaan perak ini berfungsi untuk membentuk perak tersebut. Caranya cukup dengan memukul-mukul perak menggunakan palu yang sudah disediakan. Selanjutnya, masuk ke proses penggilingan.
    [​IMG]
    Bahan yang sudah selesai ditempa, kemudian di giling menggunakan alat diatas. Sesuaikan dengan ukuran cincin yang akan anda buat. Jangan terlalu kecil ketika menggiling, terkecuali jika penggilingan dilakukan untuk pembuatan kalung. Dan proses selanjutnya adalah pembentukan.
    [​IMG]
    [​IMG]
    Perak yang sudah di giling kemudian di bentuk menggunakan alat pembentuk cincin. Bentuk hingga perak tersebut benar-benar sudah bulat dan siap untuk di patri.
    [​IMG]
    Ini adalah proses pematrian cincin yang sudah dibentuk tadi. Cincin tadi pastinya belum bulat rapat sepenuhnya karena baru dibentuk, dan proses pematrian ini berguna untuk menyambungkan bahan perak tadi. Hati-hati jangan sampai lebur. Jika sudah tersambung, masukan kedalam air dingin yang sudah disediakan dibaskom.
    [​IMG]
    Teknik selanjutnya yaitu proses pengikiran. Siapkan alas dibawah tempat kikir karena berguna untuk mengumpulkan bubuk perak hasil dari kikiran tersebut. Kikir dengan satu arah sampai halus, agar lebih halus gunakan hamplasan yang sudah anda sediakan. Finishing cuci cincin yang sudah dihaluskan menggunakan buah lerak dan sangling hingga mengkilat.
    [​IMG]
    [​IMG]
    Itulah proses pembuatan cincin berbahan perak, kalau ada yang salah atau kurang pas mohon di maklum ya hehe, saya percaya anda pasti lebih teliti jadi tidak ada salahnya untuk mencoba. Semoga Thread nya bermanfaat dan menambah pengetahuan anda*senang* Jika ada yang mau menambahkan silahkan komen saja:D
     
    yayu19 likes this.
  2. yayu19

    yayu19 Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    478
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    oh ternyata seperti ini ya, proses pembuatan cincin itu :rolleyes:. Ribet banget tenyata hehehe saya cuma taunya make doang :D
     
  3. prinawidia

    prinawidia Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    1,371
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    48
    Yes benar sekali, jadi jangan sampai hilang ya cincin pengikatnya upss:oops::oops::oops:
     
  4. yayu19

    yayu19 Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    478
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    semoga aja beneran ada yang mau ngikat :oops::oops:
     
  5. prinawidia

    prinawidia Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    1,371
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    48
    Amin, ucpan adalah doa *senang*
     
  6. yayu19

    yayu19 Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    478
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    iya amin amin amin *senang**senang**senang*
     
  7. prinawidia

    prinawidia Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    1,371
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    48
    Amin;);)*senang**senang**senang*
     
  8. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    875
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Wah ada sesuatu kayanya nih hehe... intinya proses nya cukup rumit untuk orang awam yaa, harus dikerjakan oleh orang yg benar" profesional dibidangnya
     
  9. prinawidia

    prinawidia Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    1,371
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    48
    kaya syahrini aja sesuatu :D iya benar sekali memang harus oleh orang yang handal dalam bidangnya
     
  10. OkaSaputra

    OkaSaputra Member

    Joined:
    Dec 2, 2017
    Messages:
    100
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Betul tuh, secara teori sih sepertinya mudah, tapi menurut saya sih, harus benar" orang yg memang ahli dibidangnya
     
  11. AfnanKhawari

    AfnanKhawari Member

    Joined:
    Dec 19, 2017
    Messages:
    322
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
  12. Balqis

    Balqis Member

    Joined:
    Apr 25, 2018
    Messages:
    112
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Rumit Juga pembuatannya, Tapi di jamin jos itu hasilnya, sesuai dengan pembuatannya,
     

Share This Page