Rahasia Mengatasi Anak yang Mogok Sekolah

Discussion in 'Education' started by kidipal, May 4, 2016.

  1. kidipal

    kidipal Member

    Joined:
    Apr 6, 2016
    Messages:
    77
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Rahasia Mengatasi Anak yang Mogok Sekolah -- Moms, pernah tidak si kecil tiba-tiba mogok sekolah? Jika si kecil mogok sekolah, jangan langsung memarahinya ya Moms. Lebih baik dicari tahu dahulu apa penyebabnya. Sering kali anak mogok sekolah karena ada penyebabnya dan terkadang si kecil memberi alasan yang tidak masuk akal. Ada baiknya Moms mengajak si kecil berdiskusi untuk mengetahui penyebabnya. Moms bisa mengajak si kecil berbicara di waktu yang tepat agar si kecil bisa mengeluarkan apa yang sebenarnya terjadi.

    Apa ya penyebab si kecil mogok sekolah?

    Penyebab si kecil mogok sekolah yang pertama adalah si kecil sakit. Hal yang sangat umum terjadi ketika si kecil mogok sekolah adalah karena sakit. Nah, sebaiknya jangan langsung memarahi ya. Cek dulu keadaan si kecil apakah karena sakit atau karena hal lainnya. Yang kedua adalah si kecil tidak mau jauh dari orang tua. Anak yang tidak mau jauh dari orang tua menyebabkan si kecil tidak mau pergi ke sekolah. Si kecil merasa tidak nyaman bila berjauhan dengan orang tua dan terkadang si kecil membandingkan dengan adiknya yang selalu berada dekat dengan ibunya. Perasaan tidak nyaman ini membuat si kecil mogok sekolah. Faktor ketiga yang bisa menjadi pemicu si kecil mogok sekolah adalah si kecil tidak menyukai gurunya di sekolah. Untuk mengetahui penyebab si kecil mogok sekolah, memang sebaiknya Moms mengajak anak ngobrol. Yang keempat adalah bullying oleh teman di sekolah. Teman-teman si kecil pastinya memiliki karakter yang berbeda-beda. Karakter yang berbeda tersebut terkadang menyebabkan gesekan antara si kecil dengan teman seusianya sampai-sampai terjadi bullying dari teman sekolahnya.

    Faktor kelima adalah lingkungan baru. Nah, lingkungan baru ini bisa menjadi penyebab si kecil mogok sekolah. Anak yang baru masuk sekolah biasanya mereka sedang beradaptasi dengan lingkungannya yang baru. Yang keenam adalah tuntutan akademis. Tuntutan akademis yang terlalu berat di sekolah, terkadang menyebabkan si kecil jadi mogok sekolah. Anak merasa terbebani dengan pelajaran di sekolah yang terlalu berat sehingga membuat si kecil mogok sekolah. Yang terakhir, faktor ketujuh adalah si kecil protes. Protes ini yang dilakukan si kecil bisa jadi karena Mom atau Daddy sibuk dengan urusan kantor atau sibuk dengan urusan pribadi sehingga si kecil mendapatkan sedikit perhatian.

    Nah, sekarang bagaimana mengatasi si kecil yang mogok sekolah?

    Berikut ini cara mengatasi anak yang mogok sekolah. Yuk disimak, Moms !

    Bujuk si kecil

    Jika si kecil tiba-tiba mogok sekolah, jangan langsung memarahi ya Moms. Langkah pertama sebaiknya dilakukan adalah membujuk si kecil, tetapi jangan terlalu memaksa si kecil agar mau ke sekolah. Lakukanlah dengan pelan-pelan dari hati ke hati !

    Biasakan si kecil untuk terbuka

    Satu diantara mengatasi mogok sekolah adalah dengan membiasakan si kecil untuk terbuka dengan orang tua. Dengan terbuka kepada orang tua, maka dengan mudah Moms menemukan apa penyababnya si kecil kenapa mogok sekolah. Moms bisa memulai dengan mulai menanyakan apa yang terjadi selama si kecil di sekolah, misalnya “Tadi sekolah ngapain? Cerita dong ke ibu”.

    Berikan penjelasan hal yang menarik bila si kecil pergi ke sekolah

    Langkah lainnya untuk mengatasi bila balita mogok sekolah adalah dengan memberikan penjelasan kepada si kecil tentang hal menarik bila si kecil pergi ke sekolah, misalnya dengan mengizinkan si kecil membawa mainan kesukaannya atau mengajaknya pergi ke perpustakaan sepulangnya sekolah.

    Lakukan kegiatan yang disukai si kecil

    Si kecil terkadang mogok ke sekolah karena mood-nya yang kurang bagus. Nah, Moms bisa mengajak si kecil dengan melakukan kegiatan yang disukainya, misalnya bila si kecil menyukai naik odong-odong sebelum berangkat ke sekolah, tidak ada salahnya Moms mengajaknya naik odong-odong agar mood-nya kembali lagi. Atau bila si kecil menyukai bermain sepeda, Moms bisa mengajaknya bermain sepeda setelah itu baru mengantarnya ke sekolah.

    Berilah dorongan semangat kepada si kecil

    Moms bisa memberikan dorongan semangat kepada si kecil agar mau berangkat ke sekolah. Caranya adalah si kecil diberikan pengertian kalau masalah yang dihadapinya akan segera berlalu. Teruslah berikan semangat ya Moms. Dukungan orang tua kepada anak saat anak menghadapi masalah sangat dibutuhkan, Moms.

    Ajak si kecil ke panti asuhan atau ke tempat orang yang membutuhkan

    Mengajak si kecil ke panti asuhan bisa menjadi pilihan untuk mengatasi anak yang mogok sekolah. Diharapkan dengan mengaknya ke panti asuhan, si kecil akan terpacu semangatnya untuk pergi ke sekolah karena melihat banyak anak-anak yang ingin ke sekolah, tetapi terbentur dengan dana yang terbatas, bahkan tidak mempunyai uang untuk biaya sekolah.

    Berikan les tambahan

    Moms bisa memberikan les tembahan bila si kecil ada kesulitan menghadapi pelajaran di sekolah. Nah, agar mengetahui masalah yang dihadapi si kecil, maka sebaiknya. Moms membicarakan kepada si kecil apa masalah yang sebenarnya terjadi dengan si kecil.

    Kerja sama dengan daddy-nya si kecil

    Dalam menghadapi si kecil yang mogok sekolah, ada baiknya Moms mengajak daddy untuk ikut terlibat. Dengan keterlibatan suami diharapkan ada solusi yang didapatkan. Solusi dengan dua kepala, lebih baik daripada Moms sendiri menyelesaikannya.

    Itulah rahasia mengatasi anak yang mogok sekolah. Yuk, ajak si kecil agar supya tidak mogok ke sekolah?
     
    Last edited by a moderator: May 20, 2016
  2. MaxiHendra90

    MaxiHendra90 Member

    Joined:
    Jan 23, 2016
    Messages:
    197
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    wah boleh nih di coba, Berikan penjelasan hal yang menarik bila si kecil pergi ke sekolah, contohnya kaya gimana ya ?
     
  3. jokosatriopermana

    jokosatriopermana Member

    Joined:
    Dec 30, 2015
    Messages:
    193
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    oh begogo yah caranya?? kalau anak yang suka makan tetapi kurus gimana cara mengatasinya??
     
  4. kidipal

    kidipal Member

    Joined:
    Apr 6, 2016
    Messages:
    77
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Memberikan penjelasan hal yang menarik dimaksud di sini adalah memberikan reward yang menarik bila ia pergi ke sekolah, misalnya si kecil boleh membawa mainan kesukaannya atau setelah si kecil pulang sekolah Moms bisa mengajaknya pergi ke perpustakaan. Semoga membantu ya :)
     
  5. shinichiozy

    shinichiozy Member

    Joined:
    Mar 31, 2016
    Messages:
    60
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    kalo mogok gampang aja mas... kasih ada modal supaya dagang... siapa tau bisa jadi top ittipat... haha
     
  6. kidipal

    kidipal Member

    Joined:
    Apr 6, 2016
    Messages:
    77
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Kan, masih kecil pak masa dikasih modal dagang?? :D
     
  7. edgar

    edgar Guest

    jangan di mahrai tapi di nasehati
     
  8. ncang

    ncang Well-Known Member

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,396
    Likes Received:
    658
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    punya tips mesti bagaimana kalau masih gak mau sekolah? , belum formal sih (paud)
     
  9. wandi666

    wandi666 New Member

    Joined:
    May 6, 2017
    Messages:
    18
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Walaupun saya belum berkeluarga, namun saya pernah berdiskusi dengan salah satu orangtua murid di sekolah internasional tempat saya mengajar, kalau mereka sering mengeluh nggak mau sekolah karena terlalu larut tidurnya. Sebagian juga karena ketidakpercayadirian mereka di sekolah
     
  10. HanyaSatu

    HanyaSatu Active Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    444
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Kadang orang tua terlalu sibuk sehingga kurang berkomunikasi dengan anaknya, sehingga tdk mengetahui apa saja permasalahan anak di sekolah , kadang simple masalahnya, anak tidak bisa mata pelajaran A, atau anak tidak bisa hafalan B, mereka cenderung akan malas sekolah, kalau orang tua tahu kan bisa pelan" ngajarin anaknya sampe bisa, ga mengandalkan sekolah saja, ortu harus berperan aktif
     
Loading...

Share This Page