Ramuan Tradisional Untuk Mengobati Penyakit Rematik

Discussion in 'Health & Medical' started by nida, Feb 22, 2016.

  1. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Salah satu penyakit yang menyerang sistem persendian dan sering di alami oleh masyarakat adalah penyakit rematik. Mereka yang mengeluhkan permasalahan yang satu ini mengalami nyeri pada bagian persendian. Permasalahan kesehatan yang satu ini di sebabkan akibat kekebalan tubuh yang menyerang tubuhnya sendiri. Banyak faktor yang memicu timbulnya penyakit rematik ini, yang diantaranya adalah infeksi trauma dan yang lainnya.

    Bukan hanya menyerang sistem persendian, penyakit yang satu ini juga dapat menyerang sistem yang lainnya seperti tulang, otot, dan jaringan lunak yang ada di sekitar tubuh. Tentu saja hal tersebut dapat menyebabkan anda merasa terganggu dan juga mengahambat segala rutinitas anda yang di lakuan setiap harinya. Kini banyak dari mereka yang mengalami permasalahan ini, beralih melakukan pengobatan secara tradisional menggunakan ramuan tradisional untuk mengobati rematik, karena di rasa lebih efektif untuk mengatasi rematik di banding dengan menggunakan obat resep dokter ataupun obat dari apotik. Lalu ramuan tradisional apa saja yang dapat di jadikan sebagai obat rematik alami? untuk lebih jelasnya, anda dapat menyimak ulasan yang berikut ini.

    1.Daun dandelion

    Salah satu ramuan tradional yang ampuh untuk mengatasi rematik adalah daun dandelion. Kandungan vitamin C dan juga vitamin A yang sangat tinggi dalam bahan alami yang satu ini, mampu mengobati penyakit rematik secara cepat. yang mana kandungan dari kedua vitamin tersebut mampu memperbaiki keruksakan di dalam tubuh dan mengeluarkan racun yang terdapat di dalam darah. Caranya sangat sederhana, caranya ckup dengan mengukusnya, kemudian makanlah daun dandelion tersebut sebagai obat untuk meredakan nyeri sendi yang di akibatkan oleh rematik.

    2. Minyak biji sawi (mustard oil) dan kapur barus

    Mustard oil
    dan kapur barus juga dapat di jadikan sebagai ramuan tradisional yang sangat efektif untuk menyembuhkan rematik yang sedang anda alami. Campuran dari bahan-bahan alami ini dapat menlancarkan peredaran darah dan yang lebih tepatnya pada bagian tubuh yang terasa nyeri. Cara pembuatannyapun cukup sederhana, siapkan terlebih dahulu 10 gr kapur barus dan juga 1 cangkir mustard oil. Setelah itu panaskan kapur barus dengan mustrad oil, hingga kapur barus larut secara sempurna. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut pada bagian sendi yang terasa nyeri sembari anda memijatnya secara perlahan.

    3. Akar sembung

    Bukan hanya bagian daunnya saja, ternyata bagian akar dari tanaman sembung juga memiliki khasiat luar biasa yang dapat di jadikan sebagai ramuan tradisional untuk mengobati rematik. Caranya siapkan akar sembung 30 gram serta daun gandarusa 60 gram. Setelah itu, cuci hingga bersih dan potong-potong seperlunya. Rebus dengan air 3 gelas hingga tersisa menjadi satu gelas. Setelah dingin, airnya dapat anda minum 2 kali sehari, masing-masing setengah gelas setiap minum.

    4. Daun dewa

    Tanaman yang satu ini sudah tidak asing lagi khasiatnnya untuk mengatasi berbagai penyakit yang diantaranya adalah dapat mengobati rematik. Cara untuk memanfaatkannyapun sangat mudah. Cukup dengan mengambil sekitar 30 lembat daun dewa, setelah di cuci bersih, lumatkan hingga benar-benar halus. Setelah itu, peras airnya, lalu minum secara teratur setiap hari 1 gelas.

    5. Bratawali

    Tanaman yang satu ini terkenal sangat pahit di banding dengan tanaman pare sekalipun. Namun jangan salah, di balik rasa pahit tersebut terkandung manfaat yang luar biasa untuk mengobati penyakit rematik. Cara memanfaatkannyapun cukup sederhana. Ambil batang bratawali sekitar 10 cm, cuci hingga bersih dan potong-potong sekitar 3 cam. Setelah itu rebus menggunakan 3 gelas air dan biarkan hingga menjadi setengahnya. Setelah dingin anda dapat meminumnya secara teratur 3 kali dalam sehari, hingga rematik anda benar-benar pulih.

    6. Daun Wungu

    Tanaman yang berdaun ungu ini, banyak di jadikan sebagai tanaman hias. namun dibalik itu, terkandung manfaat yang luar biasa untuk mengobati masalah rematik. Caranya lumatkan daun wungu tersebut setelah sebelumnya di cuci hingga bersih. Setelah benar benar lumat, anda oleskan ramuan tradisional tersebut pada bagian tubuh yang terasa nyeri akibat rematik.

    7.Bangle atau panglai

    Panglai merupakan sebutan orang sunda untuk tanaman rimpang yang satu ini. Bangle inipun sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit rematik. caranya cukup mudah untuk memanfaatkan tanaman yang satu ini sebagai ramuan tradisional untuk mengobati penyakit rematik. Cucilah terlebih dahulu bangle tersebut hingga bersih. Kemudian rebus menggunakan 3 gelas air tunggu hingga mendidih. Setelah dingin anda dapat meminumnya secara teratursatu gelas tiap harinya, hingga penyakit rematik anda benar-benar pulih. Selain dapat menyembuhkan remtik, ramuan tersebut juga dapat di jadikan sebagai penawar penyakit asma dan juga penyakit cacingan.

    8. Daun Kumis kucing

    Tanaman yang satu ini juga berkhasiat untuk mengatasi penyakit rematik. Caranya cukup dengan menghaluskan daun kumis kucing, lalu ambil kira-kira 1 sendok teh. haluskan pula daun meniran, dan ambil pula kira-kira 1 sendok teh. Setelah itu rebus menggunakan air satu gelas, dan setelah menjadi 3/4 gelas, anda dapat mengangkatnya. Setelah dingin anda dapat meminumnya secara sekaligus.

    Semoga bermanfaat untuk semuanya!
     
    Last edited: Feb 22, 2016
  2. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,773
    Likes Received:
    123
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    jenis ramuan tradisional yang susah dicari :D
     
  3. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
  4. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,461
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    dulu di kampung sering jalan di kerikil tuh, kayaknya mitos ya atau memang betul @nida ?
     
  5. teguh45

    teguh45 Member

    Joined:
    Jan 1, 2016
    Messages:
    79
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
  6. rakiwen

    rakiwen Member

    Joined:
    Feb 11, 2016
    Messages:
    581
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Thanks bgt gan infonya, buat ibuku yang rematik nih...
     
  7. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    mitos tuh gan.... :D
     
  8. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Mungkin memang sebagan kecil bahan-bahannya susah di cari, terlebih di perkotaan. Namun sebagian gampang kok untuk di cari :D
     
  9. nida

    nida Member

    Joined:
    Dec 8, 2015
    Messages:
    249
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Memang sebagian sulit di cari namun sebgian lagi mudah kok gan untuk di carinya,, kalau menurut saya sihh :D
     
Loading...

Share This Page