Rangkuman Sejarah Hari Olahraga Nasional (Haornas)

Discussion in 'General Sports' started by Alvi Iqbal Budiarsya, Jun 2, 2021.

  1. Alvi Iqbal Budiarsya

    Alvi Iqbal Budiarsya Member

    Joined:
    Dec 2, 2019
    Messages:
    232
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Hari Olahraga Nasional (Haornas) diperingati setiap tanggal 9 September.

    Penetapan Haornas berdasarkan pada tanggal pembukaan PON I atau Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Indonesia yang diadakan di Surakarta pada 9–12 September 1948.

    Hari Olahraga Nasional ditetapkan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 195 tentang Hari Olahraga Nasional yang diteken oleh Presiden Kedua Indonesia, Soeharto.

    Perumusan Haornas dilakukan di Solo pada tanggal 9 September 1983.

    Bahwa, hal itu sebagai langkah awal gerakan untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

    Dalam rangka peningkatan, pembinaan, dan perkembangan olahraga secara berlanjut perlu menetapkan tanggal 9 September sebagai Hari Olah Raga Nasional dan Haornas bukan merupakan hari libur.

    Logo
    Logo Hari Olahraga Nasional 2020 menyerupai bentuk bola yang terbentuk dari tiga komponen tema Haornas 2020 yaitu sport science, sport tourism, dan sport industry.

    Menurut Kementerian Pemuda dan Olahraga, logo ini melambangkan sinergi, semangat, dan kekuatan dalam meningkatkan kebugaran dan prestasi olahraga melalui dukungan sport science serta mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sport tourism dan sport industry.

    Makna Logo
    Warna logo Hari Olahraga Nasional 2020 terdiri dari kuning, merah, biru, hijau, emas, dan merah oranye dengan arti sebagai berikut.

    • 1. Kuning: melambangkan optimisme masyarakat Indonesia bangkit dari pandemi Covid-19.
    • 2. Merah: melambangkan energi dan semangat yang berkobar untuk terus berjuang.
    • 3. Biru: melambangkan kekuatan dan percaya diri bahwa Indonesia mampu mencapai kebugaran masyarakat dan prestasi olahraga tertinggi.
    • 4. Hijau: melambangkan pertumbuhan ekonomi dalam sektor industri olahraga dan pariwisata.
    • 5. Emas: emlambangkan prestasi olahraga Indonesia Jaya.
    • 6. Merah Oranye: melambangkan invoasi pada pembangunan industri nasional.
    Mengapa Hari Olahraga Nasional (Haornas) Genting?
    Menurut Menpora RI (Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia):

    Momentum Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) adalah momen sangat penting dimana kita memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas dedikasi, pengorbanan serta perjuangan seluruh pihak yang berkontribusi dalam membangun kemajuan olahraga dari tingkat daerah hingga pusat, mulai dari atlet, pelatih, manajer, pemilik klub, pimpinan cabang olahraga, para pembuat kebijakan, kampus-kampus dan sekolah olahraga, media dan juga masyarakat yang mencintai olahraga.

    Perayaan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) adalah untuk membuat masyarakat memahami pentingnya berolahraga dalam meningkatkan imunitas tubuh.

    Selain itu, tentunya juga sebagai upaya membudayakan olahraga di masyarakat.

    Olahraga yang membudaya (menjadi gaya hidup) dalam kehidupan sehari-hari akan menciptakan masyarakat yang sehat dan juga membuka peluang munculnya bibit-bibit atlet yang mampu meraih prestasi di kemudian hari, baik di dalam maupun luar negeri.

    Kesimpulan
    Menpora mengatakan dengan semangat olahraga yang mempersatukan ini, banyak kegiatan-kegiatan keolahragaan diarahkan untuk menumbuhkan kembali semangat cinta tanah air, dan penyatuan kembali semangat kebangsaan dan solidaritas di antara sesama warga masyarakat.

    Referensi:
    1. Dipna Videlia Putsanra, Raditya IN. Logo Hari Olahraga Nasional 2020 pada 9 September: Sejarah dan Tema. tirto.id. Published September 9, 2020. Accessed June 2, 2021. tirto.id/logo-hari-olahraga-nasional-2020-pada-9-september-sejarah-dan-tema-f32H
    2. PDSI KOMINFO. Perayaan HAORNAS 2017, Momentum Mengembalikan Kejayaan Prestasi Olahraga Nasional. Website Resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Published 2021. Accessed June 2, 2021. kominfo.go.id/content/detail/10570/perayaan-haornas-2017-momentum-mengembalikan-kejayaan-prestasi-olahraga-nasional/0/artikel_gpr
    3. bm_ nakertrans. SELAMAT HARI OLAHRAGA NASIONAL (HAORNAS) 2020. Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi Provinsi Nusa Tenggara Barat. Published September 10, 2020. Accessed June 2, 2021. disnakertrans.ntbprov.go.id/selamat-hari-olahraga-nasional-haornas-2020/
    4. Alvi Iqbal Budiarsya. Rangkuman Sejarah Hari Olahraga Nasional (Haornas). OB Fitness & Health. Published June 2, 2021. Accessed June 2, 2021. https://www.ob-fit.com/hari-olahraga-nasional-haornas/
    5. Alvi Budiarsya. Rangkuman Sejarah Hari Olahraga Nasional (Haornas). Akizaku Olahraga. Published June 2, 2021. Accessed June 2, 2021. https://akizakuolahraga.xyz/hari-olahraga-nasional-haornas/
     
    Last edited: Jun 2, 2021
  2. Nusatour

    Nusatour Member

    Joined:
    Mar 1, 2018
    Messages:
    31
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    hidup sehat dengan berolah raga ya
     
  3. Buatusaha

    Buatusaha Member

    Joined:
    Sep 28, 2014
    Messages:
    246
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Tanggal 9 september tetep hitam berarti:(:(:(
     
  4. Alvi Iqbal Budiarsya

    Alvi Iqbal Budiarsya Member

    Joined:
    Dec 2, 2019
    Messages:
    232
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Hidup sehat berawal dar niat yang baik *bagus*.

    Yang diimbangi dengan pola makanan yang sehat, bergizi dan seimbang *ketawa4*.

    Setelah itu, baru menjalani program olahraga minimal 3 sampai 4 kali dalam seminggu *malu2*

    Tunggu tanggal mainnya gan *benci*
     
  5. Rizki Alfaris

    Rizki Alfaris New Member

    Joined:
    Apr 28, 2021
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Gue juga jadi banyak tau tentang olahraga setelah dengerin banyak podcast tentang olahraga, khususnya sepakbola dan basket
     
Loading...

Share This Page