Rekomendasi 3 Plugin Cache Terbaik

Discussion in 'WordPress' started by irvangen, Jan 31, 2019.

  1. irvangen

    irvangen Member

    Joined:
    Jan 4, 2019
    Messages:
    30
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Menggunakan plugin cache salah satu hal penting untuk sebuah blog WordPress yang kamu miliki, dengan menggunakan plugin cache maka secara drastis akan membuat situs WordPress menjadi cepat, itupun harus dibarengi dengan web server(web hosting) yang bagus, minimal sejenis VPS.

    Saya akan rekomendasikan 3 Plugin Cache yang bagus untuk digunakan menurut pengalaman pribadi, mulai dari versi gratis sampai berbayar.


    1. WP Rocket
    [​IMG]

    WP rocket merupakan plugin cache kelas premium, dimana kamu harus merogoh kocek sebesar $39 untuk lisensi 1 website dan biaya perpanjangan tahun berikutnya sebesar $19.50

    Walaupun terbilang cukup mahal untuk kantong mahasiswa, tapi hasil yang didapatkan dari plugin ini benar - benar sangat puas. Dengan mengeluarkan sedikit uang kamu pasti akan merasakan kelebihan plugin ini dibanding dengan plugin lainnya.

    Dengan segudang fitur unggulan yang ditawarkan, tentunya fitur ini tidak tersedia di plugin versi gratis lainnya. Untuk settingnyapun tidak sulit, kamu tinggal explore sesuai dengan yang dibutuhkan.

    Jika bingung untuk setting WP Rocket disini ada tutorial Cara Setting WP Rocket versi saya sendiri, hasilnya.. Lumayan lah untuk kelas shared hosting.

    2. W3 Total Cache
    [​IMG]

    Pengguna WordPress siapa yang tidak tahu plugin yang satu ini, W3 Total Cache merupakan plugin terbaik yang tidak bisa diragukan lagi kemampuannya. Plugin ini sudah diinstall oleh jutaan pengguna WordPress.

    Saya sudah menginstall beberapa plugin cache, termasuk W3 Total Cache. Namun plugin ini memiliki pengaturan yang sangat rumit, dimana pemula akan kesulitan untuk mengaturnya. Saya rasa plugin ini sangat cocok untuk dipakai pada hosting selain shared hosting, karena hal - hal caching dapat menurunkan perfoma situs jika di install pada shared hosting (study case)

    Untuk pemula seperti saya pasti akan sangat kesulitan dalam hal setting, karena W3 Total Cache merupakan plugin tingkat lanjut yang sudah punya pengalaman untuk soal cache.

    3. WP Fastest Cache
    [​IMG]

    WP Fastest Cache adalah plugin populer yang sudah di install lebih dari 800.000 pengguna WordPress, plugin ini sangat simple soal kemampuan tidak usah diragukan lagi, wajib coba dan rasakan kelebihannya.

    WP Fastest Cache merupakan plugin gratis, namun plugin ini juga menyediakan layanan premium dimana kamu akan mendapatkan fitur lebih seperti, Cache Statistics, Image Optimazition, Mobile Cache, Manify HTML Plus, Combine JS Plus, Delete Cache Logs, Database Cleanup.

    WP Fastest Cache memiliki Panel pengaturan yang mudah dan pengguna WordPress pemula seperti saya, saya rasa dapat dengan mudah menggunakan plugin ini. Disini ada tutorial Cara Setting WP Fastest versi saya sendiri, kamu bisa explore lagi untuk keperluan lain.

    Nah itulah rekomendasi 3 plugin cache terbaik menurut pengalaman pribadi. Thread ini tidak sedikitpun niat untuk menggantikan pendapat master, jika ada yang salah atau kurang tepat atau juga kurang paham dalam penyampaian, silahkan diskusikan di form komentar.

    Terimakasih
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,917
    Likes Received:
    2,604
    Trophy Points:
    313
  3. irvangen

    irvangen Member

    Joined:
    Jan 4, 2019
    Messages:
    30
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
Loading...

Share This Page