Rekomendasi 5 Social Media Listening Tools Terbaik untuk Pemula

Discussion in 'General Business' started by fiqr, May 30, 2019.

  1. fiqr

    fiqr New Member

    Joined:
    Oct 4, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Apa yang Anda lakukan saat terakhir kali membuka media sosial? Aktivitas ini seperti sudah menjadi kebiasaan. Ada sedikit saja waktu senggang maka tangan kita secara otomatis meraih smartphone, lalu menggeser tombol kunci dan segera mengarah ke ikon-ikon aplikasi media sosial.

    Seringnya kita melakukan aktivitas ini tanpa tujuan jelas. Terus menggeser layar ke bawah mengamati apa saja yang ditampilkan di halaman muka media sosial. Kita berhenti menggeser saat menemukan unggahan yang menarik. Dimulai dari mengamati gambar atau video yang diunggah, membaca caption-nya, lalu berlanjut membuka kolom komentar dan menyimak pembicaraan orang-orang di sana.

    Seperti menguping, ya? Benar, menggunakan media sosial dewasa ini sama halnya dengan menguping pembicaraan orang-orang di dalamnya. Jika tertarik, maka Anda akan segera bergabung dengan pembicaraan tersebut. Ada kalanya pula Anda menjadi obyek yang diamati oleh pengguna media sosial lainnya. Aktivitas inilah yang kemudian dikenal dengan social media listening.

    Social media listening adalah kegiatan menguping di media sosial yang dilakukan dengan memantau kata kunci tertentu. Hampir sama seperti yang kita lakukan sehari-hari saat berselancar di media sosial, hanya saja lebih fokus dan spesifik pada kata kunci tertentu. Social media monitoring sangat penting bagi pelaku bisnis atau proyek yang tengah menjalankan pemasaran di media sosial. Mereka perlu menguping pembicaraan para pengguna media sosial untuk mengetahui reputasi brand dan hal-hal penting apa yang sedang hangat di masyarakat.

    Jika Anda ingin melakukan social media listening untuk mengoptimalkan kegiatan marketing di media sosial, Anda butuh tools yang tepat untuk memudahkan. Berikut ini ada lima rekomendasi social media listening tools yang menarik untuk dicoba.

    1. NoLimit

    Tools pertama yang sangat direkomendasikan untuk Anda adalah NoLimit. Aplikasi social media listening tools berbasis website ini adalah hasil karya anak negeri. NoLimit memiliki tiga produk utama yaitu NoLimit Dashboard, NoLimit Care dan Online Loyalty yang tersedia mulai dari paket gratis uji coba hingga Pro Features yang sangat lengkap.

    Sebagai penyedia layanan social media monitoring, NoLimit membantu Anda sebagai klien untuk memonitor reputasi dan respon pengguna media sosial terkait brand Anda. Laporan yang diberikan pun bersifat real time dan akurat. Sehingga Anda tidak perlu repot-repot menguping sendiri, seperti apa orang-orang membicarakan produk usaha Anda. NoLimit akan mengirimkan langsung laporannya yang bisa Anda akses melalui dasbor.

    2. Keyhole

    Semua sistem kerja social media listening tools mengacu pada kata kunci tertentu. Anda sebagai klien berhak menentukan kata kunci apa saja yang ingin diamati di media sosial. Misalnya, Anda tengah menjalankan bisnis perlengkapan makan ramah lingkungan. Maka kata kunci yang berkaitan adalah go green, stainless straw, glass straw dan lain-lain. Tools akan melacak sesuai kata kunci tersebut dan merekam semua pembicaraan di dalamnya.

    Seperti itu pula cara kerja Keyhole, sebuah social media listening tools buatan asing yang tak kalah menarik untuk dicoba. Keyhole juga bisa memantau percakapan di media sosial melalui tagar dan mention.

    3. Sprout Social

    Jika aktivitas marketing brand Anda lebih fokus ke platform Facebook dan Instagram, maka tools Sprout Social sangat menarik untuk dicoba. Tools ini memantau lebih spesifik di platform Facebook, Twitter, Instagram dan LinkedIn. Laporan pemantauannya disajikan dalam satu aplikasi. Anda sebagai klien akan mendapat notifikasi tiap kali ada laporan baru yang masuk ke dasbor.

    Sprout Social juga menawarkan layanan gratis uji coba pada satu bulan pertama. Harga paket social media monitoring untuk bulan berikutnya dimulai dari $99 atau setara degan Rp1,4 juta per bulan.

    4. Hootsuite

    Tools berikutnya yang bisa Anda jajal adalah Hootsuite. Tools ini cukup banyak digemari dan sangat disarankan bagi para pemula atau Anda yang sedang merintis usaha kecil-kecilan. Selain menguping pembicaraan para pengguna media sosial untuk memetakan tren dan minat mereka, Hootsuite juga merangkumkan beberapa unggahan viral yang berkaitan dengan brand Anda.

    5. HowSociable

    HowSociable adalah social media listening tools yang tepat untuk brand-brand yang sudah cukup lama berdiri. Brand yang sudah memiliki pelanggan atau target jelas, dan akun media sosialnya cukup banyak dikunjungi.

    HowSociable memantau 12 platform di internet secara gratis, termasuk blog pribadi dan website. Cara kerjanya lebih fokus pada nama brand Anda, mengamati bagaimana reputasi dan performa marketing Anda di setiap platform.

    Laporan yang diberikan HowSociable adalah perbandingan reputasi brand dan efektivitas kegiatan pemasaran dari masing-masing platform. Sehingga Anda bisa menyusun strategi berikutnya untuk lebih gencar beriklan di platform yang sudah ramai, serta meningkatkan performa di platform lain yang masih belum sesuai harapan.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,344
    Likes Received:
    95
    Trophy Points:
    48
    Belum pernah sih menggunakan fasiitas macam ini
    kalau buka facebook paling standart saja
     
  3. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,134
    Likes Received:
    75
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Saya tertarik sama yang nomor 3 Sprout Social, tapi harganya lumayan juga ya, coba kalau gratis selamanya:D
     
  4. Gonkuro Indonesia

    Gonkuro Indonesia New Member

    Joined:
    Jun 22, 2019
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Hootsuite namanya kok mirip kaya aplikasi twitter dan facebook client ya? apa memang itu?
    Saya dulu di tahun 2012 - 2013 pake itu untuk twitter dan FBan aja sih
     
Loading...

Share This Page