Rentang Gaji Front End Developer dari Junior Hingga Senior

Discussion in 'Programming' started by Ade Bayu, Apr 9, 2020.

  1. Ade Bayu

    Ade Bayu New Member

    Joined:
    Mar 30, 2020
    Messages:
    34
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Gaji front end developer menjadi poin yang tak kalah pentingnya dari skill front end developer. Kami pernah menyinggung soal gaji profesi ini di artikel sebelumnya. Tak ada salahnya untuk membahas lebih lanjut.

    Gaji Front End Developer

    [​IMG]
    Secara garis besar, gaji front end developer tergantung dari posisi atau jenjangnya, kondisi keuangan perusahaan dan lokasi tempatnya bekerja. Di sini kami membahas bagi front end developer yang bekerja sebagai karyawan suatu perusahaan, bukan berstatus lepas atau freelancer yang pendapatannya tergantung kesepakatan dengan klien per proyek yang ia kerjakan.

    Di Indonesia, rentang gaji front end developer mencapai antara Rp5 juta dan Rp12 juta per bulannya. Gaji Rp5 juta per bulan berlaku bagi front end developer yang masih pemula alias yunior. Mereka ini biasanya baru lulus kuliah dari jurusan yang berhubungan dengan Ilmu Komputer atau Sistem Informasi.

    Gaji tersebut bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung perusahaan tempat ia bekerja atau hendak melamar. Semakin pesatnya permintaan kebutuhan akan tenaga ini membuat profesi ini semakin dicari. Yang tentu saja berimbas pada seorang front end developer untuk mengasah kemampuan agar bisa bersaing dengan yang lain.

    Jadi meskipun Anda saat ini masih di bangku kuliah, gunakan waktu luang untuk mencari pelatihan di luar kampus atau magang di perusahaan. Cara ini dapat meningkatkan daya kompetensi Anda setelah lulus nanti. Tak hanya menambah peluang diterima kerja, Anda bisa mengecek penghasilan front end developer level saat ini, yang meski masih pemula tetapi sudah mempunyai pengalaman kerja atau mengantongi banyak sertifikat pelatihan.

    Untuk level senior front end developer, gaijinya dapat menembus Rp12 juta per bulan. Di level ini, Anda sudah mempunyai segudang pengalaman. Tak hanya teknis, seperti menguasai desain dan bahasa pemrograman, melainkan juga mumpuni dalam komunikasi.

    Pada level ini, Anda sudah memegang kepercayaan atasan atau klien untuk mengerjakan proyek. Sehingga, Anda harus turut mempelajari teknik komunikasi yang bagus untuk menyampaikan kemajuan proyek ke atasan, mitra kerja hingga klien itu sendiri.

    Selain itu, Anda harus memperbaharui informasi terkini tentang dunia Sistem Informasi dan seputar teknologi. Tetap ikuti pelatihan terkait segmen ini agar Anda gegas menyegarkan portofolio Anda sendiri dan menambah keahlian perusahaan Anda. Walhasil, perusahaan Anda dapat terus bersaing mendapatkan klien atau proyek baru yang ingin menggunakan teknologi terbaru.

    Gaji front end developer level pemula hingga senior di atas sesungguhnya masih jauh dari gaji untuk profesi serupa di Amerika Serikat. Data dari Neuvoo.ca menyebutkan rerata gaji web developer, front end developer termasuk di dalamnya, dapat mencapai US$63.254 per tahun. Jika memakai kurs Rp14 ribu per dolar AS, gaji mereka menembus Rp448 ribu per jam.

    Nah, setelah mengetahui rentang gaji yang diberikan profesi ini, apakah anda tertarik untuk menjadi seorang Front End Developer yang handal? Atau Anda justru sudah memiliki pengalaman di bidang Front End Developer? Anda bisa mencoba untuk mengirim cv anda kesini jobs, dengan begini anda akan membuka lebar peluangmu untuk bekerja diperusahaan besar dan membantumu untuk terus mengembangkan karier.
     
Loading...

Share This Page