Resep Bumbu Ayam Kecap Sederhana yang Gurih dan Meresap

Discussion in 'Cooking' started by rahmat gunawan, Feb 12, 2019.

  1. rahmat gunawan

    rahmat gunawan Member

    Joined:
    Jan 23, 2019
    Messages:
    34
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Sedapnya bumbu ayam kecap sederhana dengan daging empuk yang gurih akan tentu bisa anda buat di rumah. Mari simak informasi resep bumbu ayam kecap sederhana di bawah ini.

    Bahan-Bahan:
    • 500 Gram ayam potong
    • 5 Buah cabai rawit
    • 4 Sendok makan kecap manis
    • 4 Siung bawang putih
    • 2 Buah cabai merah besar
    • 1 1/2 Sendok teh garam
    • 1 Buah tomat
    • 1/2 Ruas jahe
    • 1/2 Buah bawang bombay
    • 2 Batang daun bawang
    • 1/2 sendok teh merica bubuk
    • 100 ml air
    • Minyak goreng secukupnya

    Persiapan Membuat Ayam Kecap Sederhana yang Gurih dan Meresap:

    1. Untuk memulai langkah kali ini akan lebih baik bila anda terlebih dahulu mempersiapkan ayam sebelum sajian ini di masak dan dibumbui dengan bahan-bahan yang sudah dipersiapkan. Silahkan bersihkan terlebih dahulu ayam sebagai bahan utama dari sajian masakan kali ini. Cara ini menjadi langkah yang penting untuk dilakukan sebab kita ingin memastikan bahwa sajian yang kita masak kali ini dalam keadaan bersih ketika dikonsumsi dengan merata.

    2. Maka dari itu, silahkan bersihkan ayam dengan merata dan bawa ayam ke tempat cucian. Namun sebelumnya, silahkan potong ayam menjadi beberapa bagian. Kami memotongnya menjadi 6 bagian, anda tentu bisa mengikuti jumlah potongan ini atau sesuaikan dengan potongan yang anda inginkan.

    3. Setelah ayam dipotong dengan merata maka langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan mulai membersihkan ayam menggunakan air bersih dengan merata. Aduk ayam dengan merata dan pastikan semua bahan ini dibersihkan dengan merata.

    4. Bila sudah selesai dengan membersihkan ayam maka angkat sajian ini dan sisihkan dalam baskom lalu buang pula air cuciannya dengan merata.

    5. Kucuri ayam dengan menggunakan air jeruk nipis dan berikan taburan garam. Aduk-aduk dengan merata dan diamkan bahan ini selama kurang lebih 15 menit agar bahan lumuran ini meresap ke dalam ayam dengan merata.

    Cara Membuat Ayam Kecap Sederhana yang Gurih dan Meresap:

    1. Untuk membuat bumbu ayam kecap kali ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu memarkan bawang putih bersama dengan jahe secara merata lalu iris memanjang bawang bombay bersama dengan daun bawang dengan merata. Potong pula cabai dengan merata dan tomat dipotong dengan bentuk dadu lalu iris dengan halus.

    2. Setelah itu, anda akan dapat menyisihkan bumbu ini secara merata. Lalu panaskan wajan di atas kompor dengan menggunakan api yang sedang. Setelah minyak panas baru masukkan minyak goreng ke dalamnya dengan merata.

    3. Goreng terlebih dahulu ayam hingga berkulit dan lebih matang dengan merata. Baru kemudian angkat sajian ini dan sisihkan dalam wadah sebelum anda memberikan bumbu ayam kecap pada sajian ini.

    4. Panaskan kembali wajan yang sama namun kali ini gunakan minyak sedikit saja dengan merata. Masukkan ke dalamnya jahe bersama dengan bawang bombay dan bawang putih dengan merata. Lalu kemudian aduk sampai semua bahan ini berubah menjadi lebih layu dan merata.

    5. Setelah itu, baru tuangkan ayam goreng ke dalamnya dan aduk kembali hingga tercampur dengan merata. Baru kemudian masukkan kecap manis ke dalamnya dan aduk merata.

    6. Bumbui sajian ini dengan menggunakan garam, lada dan berikan sedikit ai. Aduk dengan merata lalu masak sajian ini hingga airnya menyusut dan ayam berubah menjadi lebih matang dengan merata.

    7. Baru masukkan tomat ke dalamnya bersama dengan daun bawang dan aduk-aduk kembali semua sajian ini dengan merata. Masak hidangan ini sampai layu dan angkat bila sudah matang.
     
Loading...

Share This Page