Resep Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng

Discussion in 'Cooking' started by amanda770, Oct 29, 2014.

  1. amanda770

    amanda770 Member

    Joined:
    Aug 14, 2014
    Messages:
    164
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Bahan-Bahan:
    • Beras ketan direndam semalam 200 gram
    • Beras biasa 2 liter
    • Santan kelapa 1,5 liter
    • Air bersih 200 ml
    Bumbu:
    • Daun Salam 4 lembar
    • Daun Jeruk 6 lembar
    • Kunyit 2 ruas jari
    • Serai 2 batang
    • Air jeruk nipis 2 sendok makan
    • Garam secukupnya
    Cara Membuat Nasi Kuning Tumpeng:
    1. Cuci beras biasa sampai bersih kemudian tiriskan.
    2. Beras ketan yang sudah direndam selama semalam ditiriskan.
    3. Selanjutnya batang serai dimemarkan, dan juga daun jeruk diremas-remas sampai baunya keluar.
    4. Setelah itu kunyit diparut kemudian dicampur dengan air matang, dan aduk hingga tercampur rata. Setelah itu saring menggunakan air supaya terpisah dari ampas kunyit, dan ambil air perasannya saja.
    5. Selanjutnya siapkan wajna kemudian tuang santan didalamnya bersama dnegan daun jeruk, serai, air perasan kunyit dan juga garam. Aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata.
    6. Setelah tercampur rata kemudian masukkan beras, lalu rebus santan dan beras sambil tetap diaduk.
    7. Rebus sampai santan agak mengering, namun usahakan jangan sampai terlelu kering.
    8. Selanjutnya jika santan agak mengering angkat beras dari wajan.
    9. Setelah itu didihkan air dalam panci pengukus kemudian kukus beras kurang lebih sekitar 1/2 jam, lalu angkat.
    10. Jika nasi sudah matang, letakkan nasi pada tempat nasi dan sambil diaduk supaya asapnya berkurang.
    11. Setelah itu siapkan kerucut nasi yang sudah dibasahi dengan air dalamnya supaya nasi tidak menempel.
    12. Tuang nasi kedalam kerucut terebut dengan perlahan, sampai seluruh bagian kerucut terisi pernuh sambil ditekan perlahan.
    13. Setelah itu siapkan loyang hais, kemudian balikkan kerucut diatas loyang. Angkat kerucut perlahan sampai nasi terlepas.
    14. Jika nasi kuning sudah berhasil terlepas dan hasilnya bagus, tinggal ditambahkan dengan aneka macam lauk atau tumisan.
    SUMBER
     
  2. iswandi

    iswandi Member

    Joined:
    Aug 23, 2014
    Messages:
    91
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    pertamax diamankan .. wuih bikin laper gan
     
  3. Engressti

    Engressti Member

    Joined:
    Sep 8, 2015
    Messages:
    39
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Terus itu beras ketan yang diminta dipakai untuk apa? Apakah sebagai hidangan sampingan di nasi tumpeng atau dicampurkan ke dalam adonan nasinya, neng?
    Muwun.
     
  4. liana212

    liana212 New Member

    Joined:
    Dec 27, 2017
    Messages:
    19
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Makasih sudah mau berbagi,,,
    Sayangnya gak dibahas buat bikin lauk-pauknya nih. Karena saking banyaknya kali ya..? haha...
    Dulu saya waktu pertama belajar bikin nasi tumpeng susah banget.
    Kadang ngebentuk nasinya biar kerucut aja susah, udah jadi, nanti pada rontok,, wkwkwk... :D
    Belum lagi belajar buat masak lauknya, banyak banget kan lauknya. Jadi bener-bener harus telaten dan sabar kalau mau buat nasi tumpeng yang enak, gurih dann lezat.
    1 lauk aja gak enak, itu udah berasa gagal dalam membuat nasi tumpeng.
    Jadi, buat yang pengen bikin nasi tumpeng, jangan pantang menyerah buat terus belajar.. ;)
     
  5. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    875
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Ijin save ya, lumayan nih bisa bikin sendiri buat ultah anak atau acara" lain yg lebih Sakral
     
  6. Rinda Septiani

    Rinda Septiani Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    832
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Terima kasih infonya buat referensi kalo ada acara hehe
     
  7. Diah Fitriani

    Diah Fitriani New Member

    Joined:
    Jan 9, 2018
    Messages:
    36
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Betul tuh, Jadi kan kena nya lebih murah dan bila anggaran besar bisa buat banyak, daripada beli yg udah jadi, dapet ukuran kecil kalau anggaran tidak besar
     
Loading...

Share This Page