Resep dan Cara Membuat Donat Sederhana Tanpa Kentang

Discussion in 'Cooking' started by rahmat gunawan, Feb 12, 2019.

  1. rahmat gunawan

    rahmat gunawan Member

    Joined:
    Jan 23, 2019
    Messages:
    53
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Resep dan cara membuat donat sederhana kali ini akan dapat anda praktikan di rumah dengan mudah dan sederhana. Bersama dengan resep yang akan kami bagikan kali ini anda akan tentu bisa menyajikan hidangan ini.

    [​IMG]

    Bahan-Bahan:
    • 500 gram tepung terigu protein tinggi
    • 1/4 sdt baking powder
    • 11 gram atau 1 bungkus ragi instan
    • 100 gram gula pasir
    • 100 gram mentega
    • 2 kuning telur
    • 1/2 sdt garam
    • 250 ml susu cair
    Bahan Olesan Donat:
    • Mentega
    • Cokelat yang sudah ditim
    • Gula halus
    • Selai
    • Meises cokelat
    • Sesuaikan dengan selera

    Persiapan Membuat Donat Sederhana Tanpa Kentang:

    1. Untuk membuat sajian donat kali ini akan lebih baik bila sebelumnya anda persiapkan terlebih dahulu beberapa peralatan dan perlengkapan yang akan dibutuhkan untuk membuat sajian kali ini. Cara ini menjadi langkah yang penting yang akan memudahkan anda membuat hidangan kali ini. Untuk itu, mari simak beberapa informasi menariknya di bawah ini.

    2. Peralatan pertama yang akan anda perlukan untuk membuat sajian donat kali ini adalah sebuah baskom yang kuat dengan ukuran sedang yang cukup. Penggunaan baskom ini akan dipakai untuk membuat adonan. Maka dari itu, silahkan persiapkan peralatan ini dengan baik.

    3. Bila sudah selesai dengan baskom, langkah selanjutnya yang perlu untuk anda persiapkan adalah beberapa wadah untuk mendiamkan adonan donat yang sudah jadi. Sebaiknya gunakan wadah dengan bentuk yang ceper akan lebih mudah memindahkan donat dengan merata.

    4. Setelah selesai dengan semua persiapan yang anda lakukan. Jangan lupa siapkan pula wajan dan sumpit panjang untuk memudahkan anda menggoreng donat nantinya.

    Cara Membuat Donat Sederhana Tanpa Kentang:

    1. Ambil sebuah baskom kemudian masukkan adonan ke dalamnya seperti tepung terigu bersama dengan gula dan ragi instan bersama dengan baking powder dan juga garam. Lalu kemudian aduk-aduk dengan merata semua bahan ini sampai tercampur dan teraduk bersama dengan bahan lainnya secara merata. Gunakan tangan untuk memudahkan anda mencampur semua sajian ini.

    2. Langkah selanjutnya yang akan dapat anda lakukan adalah dengan menuangkan kuning telur dan uleni semua sajian ini hingga berbentuk butiran yang lebih halus dengan merata.

    3. Masukkan susu cair ke dalamnya sedikit demi sedikit dengan merata dan aduk-aduk kembali semua bahan ini sampai tercampur merata. Lalu uleni sampai tidak lengket pada bagian tangan.

    4. Tuangkan pula mentega ke dalamnya dan uleni kembali bahan ini dengan gerakan yang lebih memutar dengan merata. Sesekali banting adonan agar bahan ini menjadi lebih mengembang ketika didiamkan dengan merata. Lanjutkan menguleni bahan sampai adonan menjadi lebih licin dan kalis dengan merata. Kurang lebih selama 15 menit dengan merata.

    5. Kemudian setelah itu, anda akan senantiasa mengumpulkan adonan menjadi satu bagian dan tutup sajian ini dengan menggunakan kain bersih lalu kemudian diamkan selama kurang lebih 1 jam.

    6. Pukul-pukul adonan dengan keras sampai udara keluar dari adonan dan mengempis sendirinya dengan merata. Setelah itu, silahkan bagi adonan menjadi 30 bagian atau dengan ukuran yang anda inginkan.

    7. Diamkan kembali adonan selama kurang lebih 10 menit. Baru setelah itu, silahkan lubangi adonan dengan merata dan sisihkan dalam wadah-wadah yang sudah anda siapkan.

    8. Panaskan wajan dan goreng donat ke dalamnya. Gunakan sumpit yang panjang untuk memudahkan anda membalik adonan ketika di goreng.

    9. Angkat sajian ini, tiriskan lalu kemudian hias dengan menggunakan toping sesuai dengan selera anda.
     
Loading...

Share This Page