Resep Sambal Goreng Daging Sapi

Discussion in 'General Discussion' started by Valiant198, Sep 18, 2016.

Tags:
  1. Valiant198

    Valiant198 Member

    Joined:
    Jul 8, 2015
    Messages:
    217
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    ^.

    [​IMG]


    Dari sejak tinggal di Jeddah sudah pernah bikin resep sambal goreng daging sapi. Resepnya via sms dari Mama saya. Tapi di Jeddah kan masaknya cuma iseng-iseng. Sekepenginnya aja. Lebih banyak jajannya hahaha. Saya kan lidahnya lumayan cocok dengan “makanan warteg” yang ternyata di Jeddah juga ada warung beginian yang murmer. Anomalinya Jeddah tuh ya, walau judulnya di luar negeri, soal makanan khas Indonesia enggak susah dicari ;).

    Sebagai (mungkin) mamak-mamak paling malas memasak sendiri semasa di Jeddah (hahaha), jadinya dikutuk dipindahinnya ke … Eropa! Biar jadi rajin masak? Ya terpaksa! Huhuhu -_-.

    Terus terang saya kurang doyan daging sapi. Dibikin rendang juga ya biasa saja. Tapi kalau dikasih mah tetap makannya paling banyak ya, Neng? Hahahaha :p.

    Ketambahan lagi suami saya cenderung kolesterol tinggi jadi masak gini-ginian jarang banget. Begitu masak kemarin nih langsung buru-buru difoto! Suami lagi sibuk jadi enggak bisa dimintai bantuan. Makanya fotonya nih cupu bener hihihi. Cuma pakai ponsel. Dipotret sesuka hati saja hihi.

    Ini juga baru nyadar, kok milih mangkok yang pinggirannya sudah ada yang retak -_-. Liatin aja foto-fotonya :p.

    Btw saya yakin resep ini juga sebenarnya banyak yang tahu cuma mungkin namanya beda, ya. Sekilas bumbu-bumbunya mirip dengan masakan yang berbumbu bali walau tidak persis-persis amat. Yang jelas saya tahunya kalau di daerah lain umumnya sambal goreng itu pakainya hati sapi atau hati-hati lainnya. Asal jangan hatiku yang kau rebus #eaaaaaaa :p.

    Cukup yaaaaa pengantarnya, hahahahaha.

    Ini dia resepnya. Mumpung masih segar dalam ingatan, baru bikin kemarin banget soalnya :D.

    Resep Sambal Goreng Daging Sapi
    Bahan :

    1. Daging sapi kira-kira 400-500 gr.
    2. Terasi setengah sendok makan
    3. Asam Jawa (hampir) 1 sendok makan
    4. Pala, saya pakai yang bubuk setengah sendok teh
    5. Merica, saya pakai yang bubuk satu sendok teh (gak punya ulekan “beneran” Kakaaaaa :p)
    6. Cengkeh 5 butir
    7. Gula Merah (sesuai selera saja)
    8. Cabe Merah besar 3-5 buah, sesuai selera
    9. Bawang merah, kira-kira 6-7 siung (di sini adanya bawang merah segede kepalan tangan gitu hihihi)
    10. Bawang putih, 2 siung
    11. Sereh, satu batang yang bagian putihnya saja ya
    12. Lengkuas, saya pakai yang bubuk jugaaaaa :p. Kira-kira setengah sendok teh
    13. Jahe, 2-3 cm
    14. Kecap, satu sendok makan
    15. Minyak goreng kira-kira 1-2 sendok makan.
    16. Garam secukupnya.
    Tambahan : kentang goreng. Kentang diiris korek api dan digoreng sampai kering.

    Cara Membuat :

    1. Daging sapi dipotong kotak-kotak, ukuran sesuai selera. Tentunya, dibersihkan lebih dahulu dong ya ;).
    2. Rebus daging bersama pala + merica + terasi + cengkih + asam jawa (encerkan dengan air sekitar 2 sdm) + gula merah. Enggak perlu air tambahan dulu ya. Nanti kan dagingnya ngeluarin air tuh. Rebus sampai kira-kira setengah empuk. Tambahkan air kalau perlu.
    3. Sembari menunggu daging empuk, haluskan cabe merah + bawang merah +bawang putih + jahe. Campurkan lengkuas juga. Saya pakai bubuk soalnya. Kalau pakai yang segar, diulek bareng ya.
    4. Kalau daging sudah setengah empuk, sisakan airnya sedikit ya, masukkan bumbu yang dihaluskan tadi (di nomor 3) ke dalam daging. Serehnya jangan lupa dimasukkan juga. Aduk-aduk sampai rata.
    5. Masak sampai benar-benar empuk. Harus sabar yaaaa kalau masak daging sapi hehehe kecuali pakai panci presto :p.
    6. Kalau dirasa sudah hampir empuk tambahkan minyak goreng, aduk lagi.
    7. Tambahkan kecap + garam, aduk lagi. Menambahkan garam sebaiknya pas daging sudah benar-benar empuk.
    [​IMG]

    Memang lah ini memasaknya serba pakai perasaan hahahaha. Tapi kalau sudah beberapa kali praktik pasti akan terbiasa sendiri ya ^_^. Pengalaman pribadi ;).

    Cara masaknya agak beda kan ya? Bumbu meresap lebih sempurna. Rasanya itu manis, pedas, dan sedikit asam. Suami dan anak sulung saya doyan banget. Anak kedua juga doyan sih cuma kadang dia ngerasa terlalu pedas katanya hihihi. Ini cabe merah di sini emang gak stabil deh pedesnya. Kadang pakai sebiji tahu-tahu pedas banget. Pakai 2-3 biji malah enggak terlalu berasa. Zzzzz -_-. Padahal penampakannya sama lho, cabenya ya itu-itu juga.

    Oke lah. Segitu dulu ya dongeng resepnya yang sekarang. Semoga resep sambal goreng daging sapi -nya bisa dicobain di rumah masing-masing :D. Enak kok, enaaaaaaaakkkk (y).


    http://jihandavincka.com/2016/01/17/resep-sambal-goreng-daging-sapi/
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,133
    Likes Received:
    2,694
    Trophy Points:
    413
    Yang umum saya tahu sambal goreng ati, tempe, tahu :D
     
  3. Valiant198

    Valiant198 Member

    Joined:
    Jul 8, 2015
    Messages:
    217
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    Hehe ini khas sulawesi selatan kang andre :D
     
  4. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,133
    Likes Received:
    2,694
    Trophy Points:
    413
    Nanti saya coba suruh istri saya buat, mumpung banyak daging kurban :D
    Btw: Izin copas yah....
     
  5. Salsabila Putri

    Salsabila Putri Member

    Joined:
    Dec 4, 2014
    Messages:
    71
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    nama lainnya yang cocok mungkin daging sapi goreng sambalado :D
     
  6. Wong Blajar

    Wong Blajar Member

    Joined:
    Dec 14, 2015
    Messages:
    338
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    mantab bikin ngiler oh ya kalo resep sampel Orek apa ni wkwkwk
     
  7. Valiant198

    Valiant198 Member

    Joined:
    Jul 8, 2015
    Messages:
    217
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    mangga kang andre :)
     
    KangAndre likes this.
  8. Valiant198

    Valiant198 Member

    Joined:
    Jul 8, 2015
    Messages:
    217
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    Hhehehe.... nama boleh apa aja den.. yang penting kebagian lagi ada masakaanya :D
     
  9. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,133
    Likes Received:
    2,694
    Trophy Points:
    413
    Sudah nyoba pakai daging kambing minus pala & cengkeh.... plus daun salam :D

    IMG_20160920_02552.jpg
     
    Pikiranku likes this.
  10. rosemina

    rosemina New Member

    Joined:
    Sep 20, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
  11. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,133
    Likes Received:
    2,694
    Trophy Points:
    413
    Kalau setiap masakan ditanyakan manfaat kesehatannya, maka bisa pingsan krn kelaparan. :D
    Yang terpenting nggak beracun, nggak berlebihan dan halal....
     
    Pikiranku likes this.
  12. Yusup febriansah

    Yusup febriansah Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    571
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    28
    Lebgkap banget punya kang andre th... haha... joss lh
     
  13. pucingpalabalbie

    pucingpalabalbie Member

    Joined:
    Feb 27, 2015
    Messages:
    132
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
  14. alexa

    alexa New Member

    Joined:
    Dec 7, 2016
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Mantab, dan pengen langsung mencoba membuatnya.
     
  15. Akhor161

    Akhor161 Guest

    bikin laper di pagi hari....joss gandoss kotos kotos
     
  16. Valiant198

    Valiant198 Member

    Joined:
    Jul 8, 2015
    Messages:
    217
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    wah baru online lagi nih kang andre... wih mantaaaap berguna juga resepnya ya mudah2an doyan rasanya :D
     
  17. Valiant198

    Valiant198 Member

    Joined:
    Jul 8, 2015
    Messages:
    217
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    up up... saya update dengan link video biar makin maknyus... kali2 ada yang bisa buat menu lebaran :D
     
    KangAndre likes this.
  18. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,133
    Likes Received:
    2,694
    Trophy Points:
    413
    Tambah ngiler nih.... *minta*

    Perlu di-share (copas) di blog saya nih...
     
  19. Valiant198

    Valiant198 Member

    Joined:
    Jul 8, 2015
    Messages:
    217
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    hehee silakan kang andre, titip link ya ;)
     
  20. Wong Blajar

    Wong Blajar Member

    Joined:
    Dec 14, 2015
    Messages:
    338
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page