Resep Yang Tidak Banyak Orang Tahu Tentang Nasi Goreng

Discussion in 'General Discussion' started by Agustian, Jan 19, 2016.

  1. Agustian

    Agustian Member

    Joined:
    Aug 20, 2015
    Messages:
    168
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Mungkin Aden dan Ajeng pernah beli nasi goreng di pinggir jalan atau restoran. Dan biasanya bumbu yang mereka gunakan ketika tercium, langsung menggugah selera.

    Saya pernah bertanya kepada salah seorang pedagang nasi goreng tentang bumbu yang digunakannya. dan Alhamdulillah sambil bercanda akhirnya saya ngga dikasih tau (mungkin itu rahasia perusahaan).

    Tapi setiap kali saya membeli nasi goreng dimanapun, saya suka perhatikan kira-kira apa yah bumbunya, kok bisa wangi seperti itu.

    Setelah hampir 3 tahun kemudian (saya menanyakan bumbunya sekitar tahun 2012 yang lalu) dan sudah lupa tentang mencari tahu bumbu itu, saya melihat sebuah acara di salah satu stasiun tv dan sedang acara masak2 gituh, dan temanya tentang bumbu masakan. Si presenternya bilang bumbu ini bisa dipakai untuk nasi goreng, tumis2an dan sejenisnya. Dari situ saya mendapatkan sebuah kata kunci yakni "Baceman Bawang Putih".
    Saya pun langsung mencobanya, dan walhasil ternyata memang ini salah satu resepnya dan ketika saya mencoba rasanya pun tak jauh berbeda.

    Mungkin jika Aden & Ajeng tertarik untuk berjualan Nasi Goreng ada 1 lagi yang musti di perhatikan yaitu Beras yang digunakan. Gunakanlah beras jenis PERA yang kisaran harganya kalau di tempat saya sekitar 9500/liter atau Aden & Ajeng bisa bertanya atau minta kepada penjual beras "Bang saya mau beli beras yang biasa untuk Nasi Goreng".

    Semoga bermanfaat. :D

    Untuk resepnya yang lain dan lebih variatif anda bisa cari sendiri di youtube ataupun selancar google, kalau saya ini copas dari salah satu akun facebook yang telah mencoba resepnya:

    Baceman Bawang
    Ocha chupid

    Bahan:
    400gr bawang putih
    4butir kemiri besar
    4sdm minyak wijen
    600-750ml minyak sayur kualitas baik

    Cara membuat:
    -Kupas bawang putih,cuci lalu tiriskan hingga benar2 kering
    -tumbuk kasar lalu sisihkan
    -tumbuk kemiri sampai benar2 halus lalu campurkan ke tumbukan bawang putih
    -letakkan adonan bawang ke toples yang bertutup rapat,campurkan dengan minyak wijen dan minyak sayur (untuk bnyaknya minyak sayur tergantung toples masing2 ya,jika nanti bawang masih bnyak tp minyaknya sdah habis bisa ditambahin minyak lg ke toplesnya)
    -tutup rapat,dan gunakan 1-2hari kemudian

    bisa juga dilihat lebih lengkap disini https://www.facebook.com/merry.chupid/posts/10203096924224509?comment_tracking={"tn":"O"}
     
  2. HendraGili

    HendraGili Member

    Joined:
    May 14, 2014
    Messages:
    71
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Ok gan thanks info resepnya boleh dicoba ne

    Sekilas info: sepertinya nasi goreng itu juga tergantung dari nasinya karena biasanya ada nasi goreng yang bumbunya pas mantap tetapi nasinya agak sedikit lembek atau berair, mungkin dengan kombinasi nasi yang pulem tambah resep rahasia ini akan perfect
     
  3. Agustian

    Agustian Member

    Joined:
    Aug 20, 2015
    Messages:
    168
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
    Kalau Ane sih lebih suka nasi jenis Pera Den daripada yang pulen. Rata-rata yang jualan nasi goreng juga pakenya beras jenis ini. Tapi sih tergantung selera juga. Nice.:D
     
Loading...

Share This Page