Restoran Sei Sapi Halal, wajib coba

Discussion in 'Tourism' started by Chika Lesmana, Aug 3, 2020.

  1. Chika Lesmana

    Chika Lesmana New Member

    Joined:
    Mar 23, 2016
    Messages:
    8
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Teman-teman sudah pernah makan Se'i? Sajian ini berasal dari Nusa Tenggara Timur, tepatnya diciptakan oleh suku Rote. Di tempat asalnya, daging se'i bisa dibuat dari berbagai macam sumber protein, seperti daging sapi, daging babi, daging ayam, bahkan awalnya menu ini mulai dibikin dengan daging rusa.

    Se'i ini diambil dari bahasa rote yang artinya ‘dipotong memanjang’. Ya, daging yang digunakan untuk menu ini memang diiris panjang dengan lebar sekitar 2-3cm. Potongan daging tersebut kemudian dimarinasi menggunakan garam serta rempah-rempah, sebelum akhirnya dimasak dengan cara diasap pakai kayu kosambi. Jenis kayu inilah yang membuat sei sapi beraroma wangi dan terasa unik. Tak heran jika bumbu dan wanginya sangat menyerap ke dalam daging, proses pemasakannya saja memakan waktu sampai 9 jam.

    Buat teman-teman yg beragama muslim, boleh mencoba restoran Sei Rasa. Restoran ini khusus menyajikan Sei Sapi dan Sei Ayam, jadi 100% halal (pemiliknya juga kebetulan muslim). Alamatnya di Jl. Jl. Veteran 1 No.1, Gambir, Jakarta Pusat. (food court Cavadino, belakang hotel Sriwijaya, deretan es krim italia).

    [​IMG]

    Buat penggemar lidah sapi, harus mencoba sei lidah sapi-nya. Lidah yg juicy dengan aroma asap yg khas dipadu dengan sambal matah, dijamin bikin ketagihan. Rasa smokeynya sehabis makan masih tetap terasa di mulut (bahasa kerennya "lingering after taste"). Tersedia 4 macam pilihan sambal: sambal matah, sambal rica, sambal lu'at dan sambal ijo. Memang aslinya kalau di NTT, se'i dimakan dengan sambal lu'at, tapi kalau saya kok lebih cocok dengan sambal matah-nya.

    Menariknya lagi restoran ini gak mahal. 1 porsi Sei Sapi (Lidah/Daging) sudah lengkap dengan nasi dan sayur daun pepaya hanya Rp.30rb (sudah termasuk pajak). Untuk porsi yg relatif sama, harganya jauh lebih murah drpd restoran sei lainnya.

    [​IMG]

    [​IMG]
     
    Last edited: Aug 4, 2020
  2. keepburger

    keepburger Member

    Joined:
    Nov 2, 2018
    Messages:
    70
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    Sembari menelan air ludah ketika baca dan liat menu makanan ini.
     
Loading...

Share This Page