Review Lenovo Legion Y520 2020

Discussion in 'Computer' started by Berita Mataram, Oct 10, 2020.

  1. Berita Mataram

    Berita Mataram New Member

    Joined:
    May 15, 2020
    Messages:
    24
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Berencana untuk beli laptop baru? Lenovo Legion Y520 2020 pas banget untuk Anda pertimbangkan. Namun sebelum memutuskan untuk membelinya, sebaiknya ketahui terlebih dulu review Lenovo Legion Y520 selengkapnya berikut ini.

    Sebenarnya, Lenovo Legion Y520 bukanlah laptop baru di tahun 2020. Alasannya, laptop Lenovo ini pertama kali diluncurkan di pasaran pada tahun 2017 yang lalu. Namun, laptop gaming dari Lenovo tersebut ternyata masih banyak diminati. Selain karena memiliki spek mumpuni, harga Lenovo Legion Y520 terbilang lebih terjangkau dalam deretan laptop gaming tahun ini. Menariknya, lewat seri laptop gaming inilah Lenovo berhasil hadirkan perangkat gaming yang handal.

    Review Lenovo Legion Y520 2020, Laptop Terbaik yang Bawa Spek Mumpuni

    [​IMG]

    Sebelum kami lebih jauh membahas mengenai review Lenovo Legion Y520, sebenarnya kepopularitasan laptop ini tidak lepas dari pamor game online dan esports yang lagi menanjak. Apabila Anda termasuk salah satu yang tak ingin ketinggalan memainkan game – game dalam kategori tersebut, maka Lenovo Legion Y520 memang patut untuk Anda pertimbangkan.

    Mau tahu, kira – kira seperti apa review Lenovo Legion Y520? Apa laptop Legion Y520 milik Lenovo tersebut masih cukup muat dan tangguh untuk menjalankan game – game baru di 2020? Lalu, berapa harga Lenovo Legion Y520?

    Memiliki Body Khas Perangkat Gaming
    Dibanding saudara – saudaranya yang lebih dulu diriliskan di pasaran, seperti Lenovo Legion Y530 dan Lenovo Legion Y540, laptop Lenovo Legion Y520 ini ternyata masih membawa desain laptop gaming klasik, yang sudah pasti menarik sekali untuk Anda miliki. Meski tampilan luarannya mirip dengan kebanyakan laptop biasa, tetapi ternyata tampang dalamannya benar – benar menunjukkan identitasnya sebagai laptop gaming.

    Pada laptop barunya tersebut, Lenovo gunakan padu padan warna hitam dan merah yang biasanya digunakan dalam laptop gaming entry level. Hampir keseluruhan body laptop Lenovo terbaru ini dibalut dengan warna hitam, tetapi akses merahnya bisa Anda temukan pada keyboard dan mousenya. Warna tersebut pun tidak bisa diubah sebab laptop Lenovo 2020 ini memang tidak dibekali lampu RGB.

    Lalu jika dilihat dari segi tampilannya, Lenovo Legion Y520 membawa layar IPS berukuran 15.6 inch dengan rasio aspek 16 : 9 dan resolusi Full HD. Layar Lenovo Legion Y520 bahkan diberi lapisan anti glare, sehingga yang demikian membuat pantulan cahaya dan sinar matahari tidak akan mengganggu sesi gaming Anda atau pun ketika menggunakan laptop tersebut saat bekerja.

    Dapur Pacu yang Mumpuni
    Sama seperti produsen laptop pada umumnya, Lenovo juga tidak akan main – main dalam memproduksi laptop buatannya. Lihat saja, pada Legion Y520, Lenovo memastikan laptop barunya tersebut akan mampu bekerja dengan maksimal. Pada bagian jeroannya, Lenovo sudah sematkan prosesor Intel Core i7 generasi ke-7 ke dalam Legion Y2. Semetara itu, kemampan grafis laptop Lenovo ini juga mendapat dukungan GPU NVidia GTX 1.050 Ti pada model teratas.

    Selain itu, salah satu alasan kenapa Anda harus banget pilih Lenovo Legion Y520 adalah laptop ini bisa diandalkan untuk menjalankan banyak aplikasi dan game – game berat. Apalagi, pada Legion Y520, Lenovo sudah menyertakan RAM dengan kapasitas maksimum 16 GB. Ngomong – ngomong soal game, Lenovo Legion Y520 menyediakan media penyimpanan yang cukup luas. Pada Lenovo Legion Y520 ada beberapa pilihan media penyimpanan jenis HDD hingga 2 TB dan PCIe SSD hingga 512 GB.

    Tapi sayangnya, masih sama sperti laptop gaming Lenovo sejenisnya, Legion Y520 memiliki kekurangan dari segi daya tahan baterai. Catu daya 46 WHrnya hanya bisa mengasup daya ke laptop hingga 4 jam saja. Artinya, jika Anda memang berminat untuk membeli Lenovo Legion Y520 maka Anda harus siap untuk selalu membawa charger kemana pun Anda pergi.

    Memiliki Port yang Lengkap
    Seperti yang kita ketahui bersama, biasanya laptop untuk game memiliki ukuran yang besar dengan bobot lebih berat. Meskipun demikian, ada satu keuntungan yang bisa didapatkan oleh pengguna, yakni kelengkapan port. Ya, pada Lenovo Legion Y520 sudah ada sederetan port yang bahkan jauh lebih lengkap dibanding sang adik, Lenovo Legion Y530. Tidak hanya ada port USB Type A dan Type C, pada laptop baru Lenovo ini juga sudah ada jack audio, port LAN dan alat pembaca kartu 4 in 1. Card reader ini yang sayangnya tidak ada di versi Legion Y selanjutnya.

    Harga Terjangkau
    Dibanding pendahulunya, spesifikasi Lenovo Legion Y520 memang terbilang lebih mumpuni dan handal dengan tampilan desain yang apik. Meskipun demikian, harga jual laptop Lenovo ini ada di kisaran belasan juta saja. Apabila Anda tertarik untuk membelinya, maka Anda harus menyiapkan budget mulai dari Rp 13.6 juta rupiah hingga Rp 20 juta rupiah, tentunya semua tergantung pada konfigurasi komponen yang Anda cari.

    Terlepas dari beberapa hal di atas, ternyata laptop Lenovo Legion Y520 juga tak luput dari beberapa kelemahan dan kekurangan. Adapun kekurangan Lenovo Legion Y520 yang paling terlihat sebagai berikut.

    • Desain kurang gaming. Meski memiliki desain elegan, tetapi laptop Lenovo ini memiliki tampilan kurang mencerminkan laptop untuk ngegame, tidak sama seperti pendahulunya. Hal ini dikarenakan logi Legion tidak ada di bagin belakang laptop.
    • Baterai Standar. Adapun kekurangan Lenovo Legion Y520 selanjutnya ada pada bagian baterai. Dengan spek dan fitur yang mumpuni, sangat disayangkan sekali laptop Lenovo ini masih memiliki baterai standar. Estimasi daya tahan baterainya hanya sampai 4 jam saja.
    • Belum dilengkapi touchscreen. Ya, laptop tersebut juga belum memiliki fitur touchscreen untuk menambah kecanggihannya. Selain itu, Lenovo Legion Y520 bahkan tidak dilengkapi dengan screen protector.

    Spesifikasi Lenovo Legion Y520

    • Dimensi : 380 x 265 x 25.9 mm
    • Bobot : 2.4 kg
    • Layar : 15.6 inch Full HD (1.920 x 1.080 pixel) + rasio aspek 16 : 9 + anti glare
    • CPU : Intel Core i7 Generasi ke-7
    • GPU : NVidia GeForce GTX 1.050 Ti
    • Sistem operasi : Windows 10 Home
    • RAM : 16 GB DDR4 + 2 x slot SODIMM
    • Storage : 128 GB, 256 GB, 512 GB PCIe SSD atau 500 GB, 1 TB, 2 TB SATA HDD
    • Kamera : 720p
    • Konektifitas : 2 x 1 WiFi 802.11 ac atau 2 x 2 WiFi 802.11 ac + Bluetooth 4.1 Combo
    • Audio : 2 x 2 W speaker Harman Dolby Audio Premium
    • Baterai : Li-Polymer 46 WHr + Baterai 3 Cell + tahan hingga 4 jam

    Demikianlah review Lenovo Legion Y520 2020, laptop terbaik yang bawa spek mumpuni. Semoga informasinya bermanfaat.

    Sumber: https://www.wartamataram.com/review-lenovo-legion-y520-2020-laptop-terbaik-yang-bawa-spek-mumpuni/
     
  2. Yandiahmadgandasaputra

    Yandiahmadgandasaputra Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    113
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Mantap...Ada perangkat rekomendasi lain ga untuk keperluan design dan programming?..Terimakasih.
     
  3. Susan Hutapea

    Susan Hutapea New Member

    Joined:
    Oct 9, 2020
    Messages:
    8
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
  4. andikasa

    andikasa Member

    Joined:
    Nov 27, 2020
    Messages:
    112
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    speknya bagus tapi berbanding lurus dengan harganya :D
     
Loading...

Share This Page