Rewrite Mastery - Cara Gampang Nulis Artikel SEO

Discussion in 'Search Engine Optimization' started by reyhanivandi30, Dec 30, 2015.

?

Siapa yang Menulis Artikel di Situsmu ?.

  1. Saya Sendiri

    25 vote(s)
    96.2%
  2. Tim

    1 vote(s)
    3.8%
  3. Content Writer

    0 vote(s)
    0.0%
  4. Guest Post

    0 vote(s)
    0.0%
Multiple votes are allowed.
  1. reyhanivandi30

    reyhanivandi30 Member

    Joined:
    Dec 1, 2013
    Messages:
    395
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    Content is the king. Yap, ada yang bilang hal ini benar dan ada yang bilang engga juga. Terlepas dari itu semua mari kita kembali menjadi blogger yang baik. Kita sebagai blogger berperan memberikan informasi berkualitas untuk pencari tentunya agar pencari dan mesin pencari juga merasa puas.

    Nah, ini adalah tutorial singkat dari saya bagaimana saya menulis artikel SEO rewrite khusus Bahasa Indonesia dengan mudah dan original tanpa adanya copy paste.

    Sumber - Sumber Ide Tulisan

    1. Situs Kompetitor

    Siapa bilang kompetitor itu harus dijauhi dan harus ditakuti. Kompetitor itu harus didekati dan kalau bisa menjadi mitra bisnis (khususnya untuk mencuri ilmu mereka). Di dunia tulis menulis, salah satu sumber ide terbaik adalah mengintip tulisan - tulisan dari kompetitor untuk dijadikan sebagai referensi menulis artikel.

    Untuk mencari kompetitor itu gampang kok, rekan - rekan langsung saja mengetikkan keyword di Google, lalu, dengan sekejap akan muncul 10 kompetitor teratas.

    2. Pinterest
    Media sosial berbagi gambar yang didominasi oleh designer ini ternyata merupakan salah satu sumber referensi terbesar yang dapat kita gunakan untuk menulis artikel. Umumnya, gambar dan infografis yang ada di Pinterest tersebut merupakan ilmu yang baru dan penyampaiannya mudah untuk dimengerti.

    Rekan - rekan bisa mengikuti beberapa board yang ada di Pinterest, lalu, pilihlah infografis yang sesuai dengan situs rekan - rekan, lalu, jadikanlah infografis tersebut sebagai referensi.

    3. Kaskus
    Untuk yang mengisi blog dengan artikel Bahasa Indonesia, kaskus adalah situs yang dapat kita jadikan sebagai sumber pula. Biasanya, info - info yang ada di kaskus merupakan info yang terbaru dan masih anget - anget untuk dicoba dan dituliskan.

    Untuk hal - hal unik rekan - rekan bisa ikut nimbrung di sub forum the lounge, untuk niche situs lain bisa langsung cari di subforum lain.

    4. AnneAhira
    Ini adalah sumber referensi menulis yang paling saya sukai, karena, informasi yang disampaikan begitu luas dan sangat lengkap. AnneAhira.com tidak hanya memuat infomasi mengenai bisnis, namun, segala macam niche ada di dalamnya.

    Langkah - Langkah Rewrite SEO dengan Cepat

    1. Carilah 3 Konten yang Berbeda
    Langkah pertama yang perlu rekan - rekan lakukan adalah mencari 3 konten sesuai dengan keyword yang hendak rekan - rekan target. Misalnya, keyword yang ditarget cara membuat blog mudah, rekan - rekan bisa memanfaatkan 4 sumber referensi di atas. Rekan - rekan boleh menggunakan pinterest saja atau cek kompetitor saja. Intinya, cari 3 konten yang berbeda.

    Biasanya, saya mencari dua di AnneAhira dan satu dari kompetitor.

    Lalu, setelah mendapatkan 3 konten yang berbeda, pahamilah ketiga konten tersebut hingga rekan - rekan mendapatkan inti materi dari ketiga konten tersebut.

    2. Menulis Paragraf Pembuka
    Terkadang kita dalam menulis inilah yang menjadi biang kerok menulis tidak jadi tuntas. Kita lebih dahulu bingung untuk menulis apa ya kata - kata yang pas untuk membuka artikel ini. Padahal materi inti sudah kita dapatkan.

    Nah, kita juga dapat mengolah kalimat pembuka dari 3 konten yang telah kita dapatkan. Gampang saja, untuk paragraf pembuka pertama ambil dari salah satu konten, untuk paragraf kedua ambil dari konten referensi yang lain. Namun, tetap perhatikan kesesuaian antar kaliamt, agar setiap kalimat tetap saling berhubungan.

    3. Menulis Inti
    Nah, pada langkah pertama kita sudah mendapatkan inti atau pemahaman mengenai isi dari konten referensi, jika sudah mendapatkannya langsung tuliskan apa yang kita ingat. Tuliskan saja apa yang diingat, kalaupun ada yang teringat namun tidak berhubungan dengan apa yang kita tulis tetap tulis. Ini adalah saatnya kita melampiaskan segalanya.

    4. Menulis Penutup
    Ini adalah hal yang cukup mudah, penutup bisa diisi dengan kesimpulan atau ucapan terima kasih telah membaca artikel yang kita tulis.

    5. Editing
    Setelah semuanya selesai mulai dari intro hingga penutup, ini adalah saatnya proses editing. Proses editing tersebut mencakup, perbaikan kesalahan ketik, penyempurnaan pembahasan, memeriksa apakah kalimat antar kalimat saling berhubungan, dan menambahkan keyword yang kita targetkan pada posisi -posisi tertentu.

    Nah, demikian saja cara menulis artikel rewriter versi saya. Semoga bermanfaat. :D
     
  2. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,462
    Likes Received:
    86
    Trophy Points:
    48
    Ini nih yang dicari , tapi butuh keratifitas ya den .....*ngupil*
     
  3. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    636
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    Saya gak tahu bagaimana cara nya menggunakan printerest :(
     
  4. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,774
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    printer est beda dengan pinterest :D

    dia sama kok seperti situs media sosial lainnya, cuma beda tata letak cara psoting aja
     
  5. eve penulis

    eve penulis New Member

    Joined:
    Oct 31, 2015
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Menarik ini gan, jangan lupa untuk penempatan keyword di artikel harus terlihat natural dan gak boleh dipaksain.
    Dan khusus untuk artikel bahasa Indonesia tentunya EYD juga penting untuk diperhatikan, ini yang kadang dilupakan oleh penulis.
    Thanks for sharing.
     
  6. Yovi

    Yovi Member

    Joined:
    Feb 28, 2015
    Messages:
    79
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
  7. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,943
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Mantab saya juga sering intip di Pinterest sebagai acuan untuk membuat artikel, ya kadang berkendala dalam kalimat yang kurang sesuai, jadi biasanya bikin artike ya lumayan lama heheh minimal 2-3 jam 1 artikel full...
     
  8. Era_nurdila

    Era_nurdila New Member

    Joined:
    Dec 21, 2015
    Messages:
    19
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Nah, nemu juga trit yang sama persis di forum sebelah :D
     
  9. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,292
    Likes Received:
    398
    Trophy Points:
    83
    Wahhh baru tau sumber2 ide di situs2 itu.. slama ini nulis berdasar keinginan aja.. pas lagi liat, lagi ngerasa sesuatu, lg diskusi di forum or lagi keki ama seseorang dan coba bikin tulisan di keyword yang sama supaya bisa ngungguli dia.. wkwkwkw
     
  10. reyhanivandi30

    reyhanivandi30 Member

    Joined:
    Dec 1, 2013
    Messages:
    395
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    Lha iya lah, penulisnya sama >.<

    Cuman, saya gak kuat lagi untuk rewrite. Jadi main copas aja kak >.<
     
  11. Muhammad Herdiansyah

    Muhammad Herdiansyah Member

    Joined:
    Dec 24, 2015
    Messages:
    89
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Tapi saya rasa gak cocok buat blog saya, pembahasannya pendapat-pendapat saya ada juga sih yang nggak yang pembahasan sastra tapi saya udah dapet dari sekolah :D
     
  12. reyhanivandi30

    reyhanivandi30 Member

    Joined:
    Dec 1, 2013
    Messages:
    395
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    Sama om, kalau saya untuk yang 500 kata insha allah dalam 1 jam selesai, kalau udah larut sampai 2-3 jam biasanay udah sampai 1000 kata, xixi :D
     
  13. reyhanivandi30

    reyhanivandi30 Member

    Joined:
    Dec 1, 2013
    Messages:
    395
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    Kalo yang udah jago seo ga perlu bagus - bagus amat om, xixi..
    Kan letak permainan strategi keywordnya udah tau, eheh..

    becanda om..
     
    nelson sitompul likes this.
  14. rajautan

    rajautan Active Member

    Joined:
    Mar 21, 2015
    Messages:
    1,356
    Likes Received:
    57
    Trophy Points:
    48
    Kalau kehabisan ide, rewrite aja tulisan blog orang lain, asal tdk melanggar TOS om gugel,,,
     
  15. santidewi

    santidewi Member

    Joined:
    Oct 1, 2015
    Messages:
    120
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    terimakasih sharingnya, saya sendiri ingin belajar agar konten yang saya tulis disenangi oelh mesin pencari. selama ini hanya beberapa saja yg berhasil, itupun menulisnya apa adanya..tanpa harus memikirkan teknik-teknik apapun.trims.
     
    mebel1 likes this.
  16. santidewi

    santidewi Member

    Joined:
    Oct 1, 2015
    Messages:
    120
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    saya pun sempat melakukan demikian, membaca artikel2 yang berhubungan, sesuai dengan tema yg akan kita tulis. lalu menulis kembali dengan gaya bahasa versi kita, dan pengetahuannya mengacu kepada tulisan2 sebelumnya...,thanks.
     
  17. Muhammad Taufik

    Muhammad Taufik Member

    Joined:
    Nov 25, 2015
    Messages:
    72
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    :3 klo ane bikin artikel SEO membutuhkan waktu lama , sekitar 1-2 jam baru selesai bahkan belum di hitung dengan gangguan internet :v pipis dan lainnya haha , Btw nice info , nambah ilmu baru gua , biasanya sih aku cuma liat-liat di situs inggris lalu belajar artiin dan merangkai kembali dalam bahasa indonesia :D
     
  18. arief munandar

    arief munandar Active Member

    Joined:
    May 31, 2015
    Messages:
    711
    Likes Received:
    110
    Trophy Points:
    43
    saya sebenarnya kurang suka aktifitas Rewrite :D cuman kalau lagi kepepet, tetap aja melakukannya :D
     
  19. jeparauns

    jeparauns Member

    Joined:
    Dec 31, 2015
    Messages:
    43
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
  20. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,853
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Masih kurang ya signaturenya?
     

Share This Page