Rincian Biaya Service AC Freon Bocor 2023

Discussion in 'General Discussion' started by kalicindil, Sep 3, 2023.

Tags:
  1. kalicindil

    kalicindil Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    62
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Air Conditioner atau yang lebih sering disebut dengan AC, merupakan alat elektronik yang berfungsi sebagai alat penyejuk ruangan. Berdasarkan fungsinya, saat ini AC telah banyak digunakan baik didalam rumah maupun kantor. Layaknya barang elektronik lainnya AC juga tidak luput dari kerusakan.

    Ada beberapa jenis kerukasan yang kerap terjadi pada AC salah satunya adalah AC freon bocor. Untuk sevice AC yang bocor tentu akan membutuhkan waktu serta biaya. Dimana untuk biaya service AC freon bocor tergantung pada tingkat kebocoran pada AC tersebut, apa bila tingkat kebocoranya parah maka biaya perbaikan pun akan mahal.

    Meski pun begitu, menurut sumber artikel dari Biayaservice.com biaya service AC freon bocor berkisar antara Rp 75.000 hingga Rp 150.000 tergantung dari tingkat kebocorannya serta tukang service AC tersebut. Selain itu, untuk biaya isi freon AC adalah sekitar Rp 150.000 dengan jenis freon R22.

    Perlu diketahui freon merupakan salah satu senyawa penting yang memiliki peran penting dalam penyerapan beban pendingin ruangan. Dimana senyawa ini tidak meiliki warna maupun bau, pasalnya wujud dari senyawa ibni adalah gas. Saat in ada beberapa jenis freon yang bisa kalian ketahui diantaranya CFC, HC, HFC, HCFC dan jenis freeon natural dari alam.

    Sementara itu, fungsi freon sendiri adalah sebagai fluida yang menyerap semua beban pendingan ruangan. Dan tidak hanya untuk AC saja, senyawa ini juga sering dimanfaatkan untuk mengawetkan makanan atau pun mengatur suhu di tempat-tempat tertentu. Lantas apa saja yang menyebabkan AC freon bocor? Berikut informasinya.

    Penyebab Freon AC Bocor
    Biaya Service AC Freon Bocor.jpg

    Saat ini memang ada banyak factor yang menjadi penyebab freon AC bocor salah satunya adalah AC yang dipakai sudah terlalu lama sehingga mengamao kerusakan. Selain itu kurang telitinya saat memasng AC juga bisa menjadi penyebab utama AC freon bocor. Selain itu ada penyebab lain yang menjadikan freon AC bocor, untuk lebih jelasnya mari kita simak informasinya berikut ini.

    Adanya Sumbatan Pada Saluran Pembuangan

    Seperti yang sudah diketahui jika kebocoran freon merupakan salag satu masalah yang paling umum terjadi. Dimana penyebab dari freon bocor itu sendiri adalah adanya sumbatan pada saluran pembuangan. Dimana sumbatan ini bisa terjadi karena penumpukan debu, kotoran dan adanya benda asing yang berada di pipa saluran AC.

    Kesalahan Dalam Menyambung Pipa Instalasi AC

    Selain itu ada lagi penyabab froan bocor yakni adanya kesalahan dalam menyambung pipa instalasi AC. Dimana untuk posisi pipa yang benar adalah sedikit condong kearah belakang serta mengahadap keluar. Hal ini bertujuan agar proses eliminasi air di saluran pembuangan dapat berjalan lebih mudah dan lancar.

    Kualitas Pipa Yang Sudah Tidak Layak Pakai

    Perlu diketahui, jika kebocoran freon AC bisa terjadi akibat mesin pendingin mengalami masalah. Meski demikan tidak menutup kemungkinan apabila kebocoran freon bisa terjadi karena kualitas pipa yang digunakan sudah tidak layak pakai.

    Terjadi keretakan di Flaring

    Selain itu, kebocoran pada freon AC juga dapat terjadi karena adanya retakan di flaring. Dimana dengan adanya keretakan tersebut secara tidak langsung dapat menjadi celah keluarnya freon. Dan apa bila keretakan tersebut dibiarkan secara terus menerus tentu akan menjadikan freon cepat habis.

    Keropas Pada Kondensor Pipa

    Selanjutnya freon bocor juga bisa terjadi karena dipicu oleh kondensor pipa yang keropos. Hal ini bisa terjadi karena usia pemakainan yang sudah cukup lama, sehingga karat yang muncul dibagian kondensor pipa unit secara terus menerus akan menimbulkan pipa tersebt menjadi keropos dan bocor.

    Dari ulasan diatas dapat disimpulkan jika biaya service AC freon bocor cukup bervarian tergantung dari tingkat kerusakan serta kebocoran dari AC tersebut. Semakin parah tingkat kebocorannya maka akan semakin mahal biaya service AC tersebut. Maka dari itu, kami sarankan bagi para pengguna AC untuk selalu service AC secara berkala agar AC tidak cepat rusak. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua.
     
Loading...

Share This Page