Ritual Potong Rambut Di Gunung

Discussion in 'General Discussion' started by nelson sitompul, Feb 15, 2015.

  1. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,292
    Likes Received:
    398
    Trophy Points:
    83
    Semasa SMA dan Kuliah dulu, saya sering ikuti kegiatan pecinta alam terutama naik gunung. Dan kalau mengunjungi gunung yang belum pernah didaki, biasanya teman-teman memotong sedikit rambutnya dan menanam di tanah. Ritual ini sebagai tanda bahwa gunung tersebut pernah dikunjungi. Biasanya kegiatan ritual ini dilakukan di puncak atau di lereng saat turun.
    Beberapa waktu kemudian saya lihat ritual semacam ini mulai berkurang. Kebanyakan melakukan potong rambut dengan tujuan sebagai perpisahan karena berencana meninggalkan hobi mendaki gunung.
    Salah satu gunung yang dikenal sebagai tempat para pendaki sebagai tempat meninggalkan kenang-kenangan khusus adalah gunung Rinjani. Di tempat ini menjadi sangat unik karena para pendaki yang biasanya tidak pernah melakukan kegiatan ritual apapun, biasanya terbawa suasana dengan ikut-ikutan melakukan "kegiatan khusus" karena menganggap gunung Rinjani ini sangat spesial. Terakhir saya ke sana 15 tahun yang lalu, kegiatan ritual yang dilakukan sudah mulai macam-macam bentuknya. Ada yang meninggalkan harnes, pisau lipat ataupun barang-barang lain di dalam tanah di sekitar danau Segara Anak. Kalau tidak sengaja tertinggal, rasanya tidak mungkin. Karena mereka menaruhnya di dalam tanah (dikubur). Karena saya curiga ada banyak gundukan (masih baru), saya iseng buka dan menemukan barang-barang seperti yang saya sebutkan di atas.
    Selain gunung Rinjani, tempat yang biasanya dilakukan ritual khusus adalah gunung Semeru dan Gunung Selamet. Ketiga gunung ini dikenal sebagai gunung yang sangat tinggi dan jarang pendaki mengunjunginya berulang-ulang. Biasanya satu atau dua kali sudah cukup karena pendakian ke tiga gunung ini menguras tenaga. Mungkin karena berfikir tidak akan mengulang kembali ke sana, maka beberapa pendaki jadi ikut-ikutan melakukan ritual khusus memotong rambut atau menanam barang propertinya di gunung, yang sebelumnya tidak pernah dia lakukan sama sekali.
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,924
    Likes Received:
    2,605
    Trophy Points:
    313
    Iseng juga Bang.. moga-moga gak nemu ee'-nya kucing

    Ingat masa SMA juga, naik turun gunung (tapi di Jawa- luar jawa gak pernah kesampaian). Tidur di hutan, tidur sambil jalan, tidur di genangan air, ninggalin jejak grafiti..

    Waktu kuliah ikut semacam Mapala, ada yang terkesan sewaktu brifing. Benar tradisi ada potong rambut di Gunung sebagai bukti bahwa kita telah datang. Namun (glek) ternyata ada yang lebih tepat meninggalkan jejak.. Isi buku tamu di pos penjagaan...

    Tapi sekarang, kena gerimis saja pusing kepala ha..ha.. Jika kangen gunung, pergi ke G bromo atau yang dapat dengan mudah ditempuh dengan kendaraan
     
  3. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,850
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Emangnya akang pernah ke Bromo?
     
  4. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,924
    Likes Received:
    2,605
    Trophy Points:
    313
    Yang belum pernah saya lalui, jalur dari Lumajang. Probolinggo, pasuruan, malang sudah.
    Pertama kali datang grand bromo sukapura dibangun, lama ya.....
    terakhir 2000 berapa, ya?
     
  5. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,850
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Waduh... Sekarang Sukapura sudah tidak sedingin dulu lagi kang...! Mungkin Imbas Global Warming..!
     
  6. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,924
    Likes Received:
    2,605
    Trophy Points:
    313
    Terakhir ke ngadisari, sepertinya saya nggak bawa jaket, tapi nggak ada masalah tuh..
     
  7. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,850
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Ngadisari kan masuk Sukapura ya..?Duh jadi lupa...!
    Iya.. Apa lgi sekarang... Panasnya hampir sama kayak probolinggo kota
     
  8. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,924
    Likes Received:
    2,605
    Trophy Points:
    313
    Yah... kok nggak tahu. Desa Ngadisari kec Sukapura, masuk pintu bayar tiket ke Bromo. Roda 4 stop di sini
     
  9. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,924
    Likes Received:
    2,605
    Trophy Points:
    313
  10. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,292
    Likes Received:
    398
    Trophy Points:
    83
    Wahhh asyik nih ngomongin bromo.. saya pernahnya melalui probolinggo dan itu baru sekali doang th 2006 kemaren.. rasanya cuman bromo ya yang bisa naik kuda or jeep sampai deket puncak? saya udah kegendutan untuk mendaki, jadi nyarinya yang seperti bromo..
     
  11. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,850
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Sebenarnya gampang kalau todak mau bayar kang...! Akang pakek baju putih dan pakai balankon kayak orang bali...! Pasti langsung disuruh masuk...!
     
  12. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,346
    Likes Received:
    151
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    ritual oh ritual, kata lainnya ibadah..
     
  13. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,292
    Likes Received:
    398
    Trophy Points:
    83
    Berarti pelaku ritual itu melakukan ibadah yang salah dong??
     
  14. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,346
    Likes Received:
    151
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Sy ndak bilang begitu. Lagian mana ada istilah ibadah salah, ibadah kan terkait agama dan keyakinannya masing2.. (halah kayak ngerti aja saya :D )
     
  15. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,850
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Dilihat dari ritualnya dulu...! Dalam islam menguburkan mayat pun kan ritual...! Hehehe... Mas @nelson sitompul pura-pura tidak tahu... Padahal perbendaharaan katanya cukup kaya.. Dilihat dari artikel di Blognya sangat bagus... Menguasai sstra bahasa...!
     
  16. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,292
    Likes Received:
    398
    Trophy Points:
    83
    Wkwkwkwk saya paling suka klo puter2 gini....
     
    ayahnyanadia likes this.
  17. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,292
    Likes Received:
    398
    Trophy Points:
    83
    Maklum dulu pernah punya pacar anak sastra selama 2th sihhhh.. wkwkwkwkwk
     
  18. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,850
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Memetik kesimpulan berarti mantan pacar bsa dijadikan mantan guru juga...! Pasti mas @nelson sitompul Play Boy nih... Banyak pacarnya yang membuat jadi pintar (banyak guru sih)
     
  19. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,292
    Likes Received:
    398
    Trophy Points:
    83
    Saya itu sebenarnya pemalu.. pacaran seumur2 baru 3x dan paling sebentar 2th.. jadi bukan player dongg..
     
  20. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,850
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Iya juga sih...! Mantab dah...! Pengen berguru tapi tidak punya modal...! Heheheh...!
     
Loading...

Share This Page