Rubah Mindset Blogger harus mendapatkan Uang.

Discussion in 'General Internet' started by Alfin Pratama, Oct 20, 2016.

Tags:
  1. Alfin Pratama

    Alfin Pratama Member

    Joined:
    Aug 23, 2016
    Messages:
    79
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    8
    Hi. Bersosial Forum.


    Saya merupakan member bersosial sejak beberapa bulan yang lalu, saya rasa disini banyak member PRO dan KONTRA dengan tema ini.

    Ada beberapa thread yang membahas, MENJADI BLOGGER BERPENGHASILAN, MENDAPATKAN UANG DARI INTERNET DAN LAIN-LAIN

    Really? haruskah kita mengejar profit untuk menjadi seorang blogger?
    Menulis artikel harus mengejar traffic, banyak pengunjung, jadi semakin banyak peluang untuk menciptakan rupiah dalam sisi periklanan [adsense], pakai trik white-backlink, ga lupa untuk promo konvensional blog tetangga dan lain-lain.

    fyi,
    Saya menghabiskan waktu 4-5 jam sehari untuk browsing mencari topic sesuai dengan pekerjaan[private].
    dan selama browsing banyak di temukan blog,website,microsite yang buruk[ARTIKELNYA]

    observasi saya dalam 2 minggu ini. dari 29 okt 16 - 19 okt 16
    BANYAK ARTIKEL YANG buruk, strukturnya tidak enak di lihat[kebanyakan keyword ga jelas], ejaan banyak typo, kalimat membosankan, dan banyak hal-hal lain yang sifatnya subjektif.

    balik lagi ke mindset blogger[HARUS BANGET NULIS KAYA ROBOT], Oke fine menulis sesuai NICHE.
    tapi biasanya itu tidak bertahan lama,

    **contohnya sebuah blog/website dengan tema review film kemudian melebar ke gosip aktor lalu membuat berita yang berhubungan seperti gadget yang di pakai oleh aktor dll.

    Oh damn. saya suka membaca dan penulisnya merusak imajinasi membaca saya dengan memberikan informasi yang tidak penting. [Cuma saya yang mengerti.]

    kemudian,
    Buat kalian yang PERCAYA BAHWA INTERNET MENGHASILKAN jangan baca lanjutan thread ini. kalian cuma buang-buang waktu.

    --------------------------------------------------------------------------------

    thanks buat yang udah mau lanjut.

    Balik lagi ke topik.
    Paham menulis artikel telah menjadi salah, menulis artikel hanya untuk update blog/websitenya yang berujung pada traffic. sampai traffic ribuan pun kalian hanya akan mendapatkan profit yang ga lebih dari $100 . [MAU DEBAT KUSIR? subjektif bro~] coba buat yang kontra share aja profit bulan sekarang.

    *Come on. rubah mindset kalian tentang menulis, menulis tidak hanya untuk update blog/website aja. Tapi poin yang paling penting itu INFORMASI nya.

    Coba aja,
    **contoh: kalian butuh informasi film terbaik bulan september, kemudian ada blog-blog yang hanya update film-film yang ADA di bulan september, MAU BACA SINOPSIS? atau nonton TRAILER? bukan itu yang pembaca mau, tapi sisi-lain dari film itu sendiri. spoiler? engga! pembaca mungkin butuh motivasi untuk nonton film itu, bukan sekedar keren atau apalah. you know lah!


    jadi itu alasannya kita harus menulis dengan baik.
    BAGAIMANA CARANYA?
    Menulis dengan mindset yang FOKUS & CERDAS, kalian tidak hanya mendapatkan $100 saja, tapi arti lebih dari seorang BLOG-WRITER.

    kesampingkan dulu deh cari uang lewat blog dan lepaskan cita-cita untuk MERAUP RUPIAH DARI INTERNET. mulai menulis, mulai menjadi blogger yang FOKUS & CERDAS.

    MEREKA [internet-marketer BERPENGHASILAN] hanya merubah mindset kalian seorang blogger menjadi addict akan periklanan yang menghasilkan.

    Blogger sekarang semakin pudar dengan VLOG. Youtuber.
    jelas sekarang kalian yang bukan siapa-siapa akan akan kalah sama mereka.
    TRENDNYA UDAH BERUBAH GAN!

    udah ga zaman lagi cari profit[ada orang yang bilang UANG kalo saya bilangnya profit] dengan cara kaya gini,


    Baca dari awal sampe akhir belom ketemu poinnya, ga jelas, ga nyambung.
    LIHAT JUDUL.

    "Rubah Mindset Blogger harus mendapatkan Uang."

    Jadilah blogger yang fokus dan cerdas, setelah kalian enjoy dengan ini. PROFIT akan datang sendiri contohnya seperti: PENULIS, NOVELIS, JURNALIS, bisa jadi akan seperti saya [SPAMMER YANG IDEALIS]
     
    Yundar, Damar, lasealwin and 4 others like this.
  2. wendienew

    wendienew Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    25
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Aku suka pemikiranmu Bung. Sebelumnya, perkenalkan aku Wendy, seorang blogger novice, jauh lebih rendah dari amateur. Punya blog aja belum ada sebulan lamanya. Pemahaman soal blog masih nol besar, sekarang sedang belajar mengenai blogging.
    Pas baca trit ini, baru ngeh, "Ini nih yang gue cari!". Emang selama ini kebanyakan blog yang saja jelajahi tulisannya mengkhawatirkan. Mulai dari masalah human error seperti typo, sampai masalah lack of knowledge seperti tata bahasa, ejaan, syntax, struktur wacana yang amburadul. Berhubung aku belajar cukup banyak soal linguistik, pernah pengalaman jadi redaktur bahasa di salah satu pers mahasiswa, pernah juga jadi penulis tetap di salah satu web ternama walau cuma bentar sih, sedikit banyak aku paham soal gimana menilai sebuah tulisan.
    Kesalahan-kesalahan itu kerap sekali dijumpai di blog-blog. Makanya, jujur aku kurang percaya dengan blog. Udah isinya, struktur, dan ejaannya amit-amit; tulisan yang sama dijumpai di portal lain, kadang judulnya sama, ada juga yang judulnya udah diubah; pokoknya gitu, tahu sendiri lah. Nah, sebenernya penyebabnya bisa kita pahami. Biasanya ya gara-gara kejar target, kejar kuantitas, terkendala waktu lah pokoknya.
    Ketika orang terlalu fokus mengejar pendapatan dari internet, terutama blog, ya pendapatan itulah yang akhirnya mereka kejar. Fokus utamanya ada di pendapatan. Jadi, apapun yang mereka persembahkan di blognya hanyalah sebuah pemenuhan syarat memperoleh pendapatan; prioritasnya adalah trafik, traffic, dan TRAFFIC. Makanya wajar kalau kualitas tulisan pun perlahan diabaikan.
    Berbeda kasus, kalau orang fokus mengejar kualitas, dia akan mempersembahkan yang terbaik di blognya. Masalah pendapatan boleh aja masuk pertimbangan, tapi utamakan kualitas.
    Sekadar berbagi pandangan ya. Menurutku pribadi, menulis memang bukan hal sepele, apalagi menulis yang tujuannya diunggah atau dipublikasikan. Selalu ada tujuan dan sasaran. Keduanya akan sangat mempengaruhi bagaimana hasil tulisan itu. Tujuan dan sasaran berbeda loh. Tujuan di sini mengacu pada maksud atau nilai yang ingin disampaikan melalui sebuah tulisan, sedangkan sasaran adalah kepada siapa tulisan ini ditujukan (pembaca).
    Soal tujuan, tadi udah aku singgung. Selalu banyak "jalan pintas" untuk mendapatkan klik sebanyak-banyaknya. Nah, soal sasaran dalam pesan ini sebenernya penting-penting ga penting sih. Karena blog sifatnya sangat umum, tersebar bebas di internet, siapapun bisa mengaksesnya. Tapi, tentu tak semua membaca dan mengikuti setiap tulisan. Hanya mereka yang masuk dalam kriteria atau menggemari bidang yang diangkat dalam blog itulah yang akhirnya bertahan menjadi pembaca, semoga aja tepat sasaran.
    Berhubung aku juga pernah bekerja di web yang menggantungkan pendapatan dari traffic dan iklan, sasaran ini menjadi sangat penting. Ya, seperti yang disinggung di trit, tiba-tiba nongol jam tangan yang dipakai artis tertentu. Secara ya, kebanyakan masyarakat kita doyan sama yang kayak begituan. Memang sih ga penting. Tapi, beneran loh, itu manjur banget kalau traffic lagi jelek, pakai topik macam itu bisa bikin doping klik.
    So, kembali ke tujuan kita masing-masing. Setiap orang punya tujuan masing-masing. Kita ga bisa menutup mata, sekarang masih banyak blogger yang tujuannya jadi blogger adalah untuk memperoleh penghasilan. Saking fokusnya cari penghasilan, lewat deh jalan pintas sehingga melupakan proses menulis, melupakan kualitas tulisan. Padahal, bener katamu, Bung, kalau bloggernya fokus, cerdas, tulisan-tulisannya berkualitas, dia akan dilirik, dikedipin malah. Profit akan datang dengan sendirinya (aku ga ngalamin sih, tapi pemikiran seperti ini benar dan nyata). Hasil akhir tetep sama-sama berpendapatan, tapi ya silakan cek sendiri perbedaannya dalam hal kualitas.

    Segitu aja sih, tanggapan dariku.


    Ngomong-ngomong, ejaanmu juga masih ada yang salah di bagian vital, Bung. Tolong bedakan awalan di- dan kata depan di. Yang satunya ubah bro bukan rubah *yipee* wkwkwk peace bro.
     
    Last edited: Oct 20, 2016
    Gatau Ane Gan, Damar and ncang like this.
  3. sevta22

    sevta22 Member

    Joined:
    Oct 7, 2016
    Messages:
    43
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Kalo untuk web portal berita, yang berhubungan dengan informasi dll harusnya ini yg sangat perlu diperhatikan *bagus*
     
  4. wendienew

    wendienew Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    25
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Sekarang udah agak kabur nih, pernah buka blog orang isinya udah kayak portal berita, jiyahhhh, wkwkwkwk
     
    Last edited: Oct 20, 2016
  5. arek saja

    arek saja Member

    Joined:
    Aug 20, 2016
    Messages:
    48
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Setuju. Intinya: jadilah bermanfaat. Baik pekerjaan, pertemanan, segala aspek kehidupan kita harus bermanfaat.

    Termasuk ngeblog, buat blog yg informatif dan solutif buat org lain / reader..

    Dan, yah, yg biasa gt itu blog bule tauk, makanya jgn brosing pake kw indonesia :p

    Hikmahnya, masih besar banget peluang untuk jd authority site yg disukai pengunjung, trefik lama2 naik sendiri, tah sama mbe el dikit2 lah :D
     
  6. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,853
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Ane juga masih punya masalah soal tata bahasa,... :D maklum masih belajar....! Jadi intinya harus berkualitas ya...? jangan ngejar uang....! *bagus*
     
  7. Alfin Pratama

    Alfin Pratama Member

    Joined:
    Aug 23, 2016
    Messages:
    79
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    8
    terima kasih gan feedback positifnya, saya prihatin dengan blogger yang sharing informasi "blogging" tapi keluar dari garis besar seorang blogger itu sendiri.
    dan selain itu kebetulan latar belakang kita berdua sepertinya sama, intinya "memperhatikan kualitas bacaan"

    saya senang masih ada orang yang ekspresif, semoga bloggingnya enjoy gan wendienew
     
  8. wendienew

    wendienew Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    25
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Seneng juga ternyata masih ada yang merisaukan kenyataan ini, wkwk. Sementara masih belajar kok, Bung, belum banyak ambil langkah. Urusan teknis aja masih meraba-raba. Oya, sepertinya latar belakang kita sama? Yuk ngobrol, seneng kalau ada yg bisa dan mau diajak bertukan pikiran (lebih tepatnya bisa diserap ilmunya, nyahahaha). Peace bro.
     
  9. lembing

    lembing Active Member

    Joined:
    Aug 21, 2014
    Messages:
    1,173
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    48
    Blogger itu independence Den mau cari uang mau nulis doang terserah si blogger kagak ada yang ngatur, biar seleksi alam yang berlaku, kalau tulisan si blogger acak-acakan tar juga ditendang sama si pinguin. Jadi santai aja mau nulis cari uang boleh lah, mau nulis gak cari uang juga bolehlah. Itu hanya sebuah jalan menuju tujuan masing masing. Walaupun $100 juga duit. Maaf nih , banyak member bersosial yang hasilkan uang dari dari blog terutama para moderator disini. Menurut ane cari uang juga gak salah gak cari uang juga gak salah.
     
    creative likes this.
  10. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,637
    Likes Received:
    756
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    ini threads bagus tapi sepi yah, apa dari waktu publishnya yang kurang tepat :D
    jam 1 pagi (kalau tidak salah seting zona waktu di server bersosial)
     
  11. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,943
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Bukannya sepi kang mungkin lagi pada diwm terus mikirin nasib Blognya gak naik2... *jail**jail**jail*
     
  12. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,637
    Likes Received:
    756
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    ah "lagu lama" ini mah :D ,
     
  13. Alfin Pratama

    Alfin Pratama Member

    Joined:
    Aug 23, 2016
    Messages:
    79
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    8
    saya cuma suka baca dan menulis gan, nice banget kalo kita bisa sharing masalah linguistik hehe :D

    terima kasih gan feedbacknya, saya juga berpikir demikian.
    namun pilihan mencari profit dari seorang blogger bisa di kesampingkan dengan "alasan tertentu".
    bebas memilih, bebas menentukan pilihan dan semoga pilihannya "oke" [blogger baik atau blogger yang belum baik]
     
  14. Alfin Pratama

    Alfin Pratama Member

    Joined:
    Aug 23, 2016
    Messages:
    79
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    8
    sepi gak masalah gan, cukup komentar dan positif pula responnya juga punya arti lebih .
    anyway saya engga salah setting zona waktu kok. :D
     
  15. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,637
    Likes Received:
    756
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    :D salah satu kebiasaan yang sudah saya tinggalkan sejak lama,
    jadi bisa tidur lebih awal & bangun lebih pagi.
     
  16. wendienew

    wendienew Member

    Joined:
    Oct 18, 2016
    Messages:
    25
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Jangankan linguistik, apapun boleh, Bung. Semakin banyak ilmu semakin baik.

    Kalo liat judulnya sih, sebenernya ga ada maksud melarang orang blogging buat cari uang. Intinya TS ngajakin para blogger buat ga terlalu fokus dengan traffic sampai lupa dengan kualitas tulisannya sendiri. Soal tujuan, terserah mau jadi blogger seperti apa, itu hak masing-masing orang.

    Kalau tujuannya adalah pendapatan, tanpa harus menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk memikirkan gimana caranya trafficnya tinggi, kukira dengan kualitas yang baik, pendapatan pun tetep ada. Bukan berarti traffic ga penting. Semua butuh keseimbangan.

    Kita sebenernya diajak peduli dengan kualitas tulisan-tulisan. Saat ini orang akan terus membaca. Selain membaca tulisan, mereka juga baca kehidupan. Apa yang dibaca, sedikit banyak pasti mempengaruhi kehidupannya. Bayangkan jika semua yang dibaca adalah sampah, ya tentu ga seekstrim itu sih. Apa ya kita tega menyuguhkan bacaan-bacaan mandul? Ya, kalau yang baca sudah punya filter di otaknya, nah kalau yang baca masih remaja labil? Baca tips berpacaran, terus ada kata-kata yang ambigu. Kan kasihan kalau pacarnya dibacok gara-gara hasutan tulisan yang tak bertanggung jawab.

    Kalau emang kamu peduli dengan kualitas tulisan, akurasi informasi, memprediksikan siapa calon pembaca, mempertimbangkan kualitas tulisan sudah otomatis jalan kok.
    Yahh, aku terlalu serius nanggepinnya yak? *onjail*
    Biarin, yang penting enjoi aja, wkwk. Peace bro.
     
  17. Dan

    Dan Forum Bot

    Joined:
    Dec 4, 2012
    Messages:
    1,316
    Likes Received:
    257
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Sudah saya betulin ke WIB, coba sudah sesuai ngga nanti pas pada posting.
     
  18. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,637
    Likes Received:
    756
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    emang sebelumnya pake zona apa ? :D
     
  19. Dan

    Dan Forum Bot

    Joined:
    Dec 4, 2012
    Messages:
    1,316
    Likes Received:
    257
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Zona waktu kesultanan kanjeng dimas *tinju*
     
  20. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,637
    Likes Received:
    756
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    :D oalah, pantesan berlipat ganda
     
    wendienew and Dan like this.
Loading...

Share This Page