Rumah Pohon Wonorejo, Wisata Baru Dengan Spot Gardu Pandang Keren

Discussion in 'Tourism' started by Explore Wisata, Mar 30, 2017.

Tags:
  1. Explore Wisata

    Explore Wisata Member

    Joined:
    Jan 30, 2017
    Messages:
    429
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Sadar wilayahnya punya potensi wisata alam yang memikat, Kepala Desa Wonorejo Sudrajat mengajak warganya mengembangkan objek wisata Rumah Pohon. Hasilnya, perekonomian masyarakat perlahan mulai tumbuh.

    Desa Wonorejo berada di ujung timur Kecamatan Jatiyoso, tepatnya di kaki Gunung Lawu sisi selatan. Meski jauh dari Kota Karanganyar, namun desa tersebut mempunya potensi wisata alam yang memikat. Deretan bukit dan lembah, ditambah lagi hamparan ladang sayur menjadi pemandangan yang menarik.

    Sudrajat lalu mengajak warganya untuk mengembangkan potensi tersebut. Di awali dengan membangun objek wisata alam Rumah Pohon. Dia menggerakkan masyarakat terutama pemuda untuk mengelola objek wisata tersebut. Kini, Rumah Pohon semakin ramai dikunjungi wisatawan.

    ”Mulai kita buka sejak awal Januari bulan terakhir. Saya berdayakan remaja karangtaruna untuk menata sekaligus mengelola,” kata Sudrajat pekan lalu.

    Objek wisata Rumah Pohon terdiri dari dua lokasi, yakni Banyu Adem dan Tugulasi. Lokasinya berada di perbukitan Cikrak. Nama Banyu Adem karena di bukit itu terdapat mata air yang dingin. Sementara nama Tugulasi karena di bukit itu terdapat tugu patok bersejarah. Dia lalu membangun rumah-rumah yang berada di atas pohon. Sehingga rumah pohon itu mirip gardu pandang yang menampilkan pemandangan alam. Dia bersyukur karena ide tersebut mendapat dukungan dari warganya.

    ”Kita semangat untuk membuat wisata ini. Remaja, orang tua saling maupun pemerintah desa bisa kompak dan saling mendukung,” jelasnya.

    Hasilnya, wisata tersebut mulai dikunjungi masyarakat. Jumlah pengunjung saat akhir pekan bisa mencapai 300 orang, padahal baru dibuka satu dua bulan terakhir. Dia berencana akan terus mengembangkan Rumah Pohon. ”Kami sudah meminta izin Perhutani untuk memperluas objek wisata ini,” jelasnya.

    Objek wisata Rumah Pohon Banyu Anyep dia klaim baru sebagian kecil potensi alam di Desa Wonorejo. Objek wisata lain yang ingin dikembangkan adalah Keceh Ndeso. Objek wisata ini menyuguhkan arum jeram di Sungai Walikan dengan Sungai Jlantah hingga empat paket dengan panjang sektiar 12 kilometer. Lalu akan mengembangkan situs bersejarah Telogo Wurung, dan Watu Gajah. Kemudian jalur hiking sepanjang Sungai Walikan dan Air Terjun Ndas Londo yang berada di Bukit Supit Urang.

    ”Ini baru kulit luarnya saja, masih ada potensi wisata lainya yang belum kita kembangkan,” jelasnya.

    Namun demikian, pengembangan potensi tersebut belum bisa maksimal. Sebab, pemerintah desa belum terlibat secara penuh untuk ikut mengembangkan.”Kita sudah siapkan kerangkanya tahun depan. Kami berharap dalam APBDes tahun 2018 bisa disetujui untuk merealisasikan rencana itu,” jelasnya.

    Sumber: radarsolo.jawapos. com/read/2017/02/24/6590/kreativitas-sudrajat-kades-wonorejo-jatiyoso-kembangkan-potensi-lokal
     
  2. Silmi Alimatul

    Silmi Alimatul Member

    Joined:
    Apr 14, 2018
    Messages:
    410
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Tempatnya bagus buat foto-foto tapi sayang saya takut tinggi :D
     
Loading...

Share This Page