Saat Camp Program Menjadi Daya Tarik Bimbingan Belajar Jamin Kelulusan

Discussion in 'Education' started by Educamp Ganesha, Oct 12, 2015.

  1. Educamp Ganesha

    Educamp Ganesha Member

    Joined:
    Nov 26, 2014
    Messages:
    100
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Banyaknya bimbingan belajar yang hadir dengan segudang fasilitas menjadikan siswa mendapatkan kemudahan untuk mengikuti ujian masuk Perguruan Tinggi. Meski banyak pihak yang mengatakan jika layanan ini hanyalah mengambil kesempatan di tengah metode Sekolah yang kurang menjembatani, namun hasilnya sungguh dirasakan siswa yang sudah menempuh jalur perkuliahan di Universitas unggulan.

    Diakui, tidak sedikit bimbel hadir di tengah masyarakat yang pastinya dibutuhkan kejelian dan ketelitian dalam memilih. Salah satu indikasi yang dipakai adalah banyaknya lulusan bimbel tersebut yang berhasil masuk ke Perguruan Tinggi favorit. Karena hal ini berhubungan erat dengan pola pengajaran serta kemampuan tutor dalam menjabarkannya kepada siswa.

    Salah satu layanan yang ditawarkan dan kini sedang populer adalah camp program. Yaitu satu program dimana siswa akan dikarantina untuk mempersiapkan diri masuk ujian Masuk PTN. Adapun Universitas yang dituju merupakan dambaan siswa secara umum seperti ITB, UGM, UI dan PTN favoritnya lainnya. Program ini terbuka untuk semua siswa kelas 12 SMA/SMK atau alumni seluruh Indonesia.

    Apa saja perbedaan camp program dengan sistem pembelajaran biasa? Salah satunya adalah bimbingan secara personal bagi setiap siswa yang bertujuan untuk memudahkan siswa tersebut bisa menentukan jurusan sesuai dengan bakat dan minat. Tak hanya itu, pembentukan skill dan karakter siswa juga akan dikembangkan. Atau, dalam kata lain siswa akan diberi kebebasan waktu untuk berdiskusi atau melakukan konsultasi dengan tutor berpengalaman. Dan itu semua tersedia selama 24 jam dalam 7 hari seminggu.

    Fasilitas yang diberikan oleh pihak bimbingan belajar cukup memuaskan dengan tujuan agar siswa merasa nyaman dalam mengikuti program ini. Seperti kamar dan ruang belajar yang menggunakan AC, pendamping belajar atau tutor yang menginap di lokasi yang sama, tersedianya lembar kemajuan belajar tiap siswa, adanya serangkaian tes potensi akademik, try out yang dilakukan setiap akhir pekan belajar hingga modul pembelajaran yang dilengkapi dengan beberapa bank soal di lima tahun terakhir.

    Tidak sedikit bimbingan belajar mengadopsi pola ini dengan rentang waktu yang berbeda beda. Ada yang mewajibkan untuk mengikutinya selama 54 hari atau malah lebih dimana waktu pelaksanaannya biasanya tidak terlalu jauh dengan Ujian Masuk atau sesaat setelah Ujian Nasional berlangsung.

    Enaknya mengikuti camp program ini adalah tidak melulu soal belajar atau membahas metode dan materi ujian saja. Namun berbagai kegiatan seperti makan bersama, training motivasi, sholat berjamaah, outbound, olahraga, konsultasi dengan psikolog untuk menghadapi ujian serta bagaimana memilih kampus atau jurusan.

    Dengan demikian, siswa akan lebih merasakan kekeluargaan meski harus terpisah dengan orang tua. Selain itu, rasa persaingan yang positif antar siswa bukan menjadi satu halangan untuk saling membantu mengingat pola pengajarannya benar benar membimbing siswa terutama dari segi karakter.

    Bagi para orang tua yang hendak menitipkan anaknya untuk mengikuti program yang ditawarkan oleh bimbingan belajar sebaiknya benar benar mempelajari tawaran yang diberikan. Seperti ada tidaknya dukungan staf pengajar yang sudah berpengalaman dan memiliki tingkat akademis diatas rata rata. Selain itu, perhatikan juga program yang dicanangkan apakah benar benar membuat siswa semakin paham dan mengerti untuk menjawab soal yang diujikan nantinya. Dengan demikian, para orang tua akan merasa nyaman mengingat biaya yang harus diinvestasikan tidaklah murah.

    Bagi siswa yang sudah dipercayakan untuk mengikuti program ini sebaiknya mempersiapkan segala sesuatu yang menunjang keberhasilan untuk lulus di Perguruan Tinggi Negeri. Tidak hanya bersifat mental saja, namun keperluan lainnya seperti pakaian sehari hari, perlengkapan mandi, perlengkapan ibadah, obat obatan, pakaian olahraga, peralatan tulis menulis hingga buku referensi lainnya juga harus disiapkan.
     
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,151
    Likes Received:
    2,701
    Trophy Points:
    413
  3. Educamp Ganesha

    Educamp Ganesha Member

    Joined:
    Nov 26, 2014
    Messages:
    100
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
  4. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,655
    Likes Received:
    758
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    pakai satu akun gak cukup @Educamp Ganesha , jadi yang @Guru Les dimerge saja,
    satu signature bisa 4 link, kalau digunakan untuk satu domain (beda anchor) sayang banget.
     
  5. Guru Les

    Guru Les Member

    Joined:
    Jul 16, 2015
    Messages:
    35
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    8
    Maklum gurunya ada beberapa kang..... he4 ia juga sih, kadang2 ngga koordinasi.
     
Loading...

Share This Page