Salah Kaprah Mengartikan Selfie

Discussion in 'General Discussion' started by Liszton, May 21, 2015.

  1. Liszton

    Liszton Member

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    537
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Sudah sejak lama saya risih terhadap salah satu kata yang pengertiannya jauh berubah seiring dengan kepopulerannya. Kata tersebut adalah SELFIE. Dulu yang saya tahu, selfie merupakan kegiatan memfoto diri sendiri dan dilakukan sendiri juga. Pengertian tersebut juga diperkuat oleh definisi.com yang berbunyi seperti ini, "Selfie secara harafiah seringkali diartikan sebagai aktivitas memotret diri sendiri atau narsisme." Jika ditelusuri lebih dalam pengertian ‘Selfie’ menurut referensi pustakawan Britania adalah “sebuah pengambilan foto diri sendiri melalui smartphone atau webcam yang kemudian diungguh ke situs web media sosial.

    Nah, yang membuat saya risih adalah definisi untuk selfie yang melenceng dari arti kata sebenarnya. Contohnya banyak bahkan sering dipakai oleh beberapa portal berita sebagai headline judulnya. Misalnya saat kemarin ada pendaki yang terjatuh di kawah Gunung Merapi, ada portal berita yang memberi judul, "Selfie Berujung Maut". Padahal jelas-jelas yang memfoto pendaki tersebut orang lain. Nah, disini kita melihat kesalahan pada konteks siapa yang memfoto.

    Selanjutnya sering saya jumpai caption di Instagram yang menyebutkan dalam foto tersebut dia sedang melakukan selfie. Padahal banyak dari foto ber-caption selfie dilakukan bersama dengan temannya bahkan banyak yang rombongan. Ayolah, caption tersebut jelas menyalahi definisi selfie yang sebenarnya. Foto selfie seperti yang saya jelaskan di awal, merupakan foto yang hanya ada satu orang di dalamnya.

    Yang paling parah adalah saat orang mengartikan selfie pada foto yang di dalamnya berisi banyak sekali orang dan cara mengambil foto tersebut meminta bantuan orang lain. Kalau ada diantara kalian yang termasuk dari orang di dalam foto tersebut, saya sarankan sebaiknya anda googling dulu pengertian selfie.

    Sebagai penutup saya berikan rangkuman dari salah kaprah mengartikan selfie yang terjadi:
    1. Foto yang diambil orang lain bukan foto selfie.
    2. Foto yang berisi lebih dari satu orang bukan foto selfie.
    3. Foto yang diambil orang lain dan di dalamnya berisi lebih dari orang, jelas jelas bukan selfie woooiii..

    Mengutip cak lontong, MIKIIIRRRR.....
     
  2. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,289
    Likes Received:
    219
    Trophy Points:
    63
    Pengamat selfie yah den .... hua hua ... ane malah kaga pernah selfie, apalagi ngerti devinisi selfie, mungkin ane yang salah satu salah kafrah *ngupil*
     
  3. Liszton

    Liszton Member

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    537
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Hehehe geregetan aja kang
     
  4. ziuma

    ziuma Well-Known Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    1,487
    Likes Received:
    221
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    he he he, akhirnya ada yang membahas ini

    saya setuju dengan tulisan @Liszton
    tidak semua foto disebut selfie (kalau di Indonesia jadinya swa foto)

    tapi, ya begitulah
    kadang ada selfie dalam tanda petik ( "selfie" ).
     
    Last edited: May 21, 2015
  5. Liszton

    Liszton Member

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    537
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    hehehe udah lama pengen nulis tapi baru sempet. Mending selfie dalam tanda petiknya dijabarin aja gan biar transparan hahaha
     
  6. Harmonisa

    Harmonisa New Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Paling gak suka selfie, lebih gak suka lagi kalo ada orang sering banget majang foto selfie-nya di facebook, padahalkan ada medianya seperti instagram. Nah kan nebarin foto selfienya jadi salah kaprah juga.
     
  7. Liszton

    Liszton Member

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    537
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Kalau orang gila eksis mah semua media sosial dilahap gan hehehe
     
  8. farid efendi7

    farid efendi7 Member

    Joined:
    Mar 14, 2015
    Messages:
    133
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
  9. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Kalimat "lebih dari orang" itu badaimana maksudnya? Apakah yang dimaksud itu alien atau hantu gitu? Kalau iya, saya setuju itu bukan selfie, tapi ngeri.
     
  10. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Kalau di indonesia sering memang salah pengucapan.
    Tapi untuk membenarkan juga agak sulit karena sudah tertanam di otak,
    seperti misal orang di daerah terntentu kalau bilang motor menyebutnya honda, padahal berbeda :D
     
  11. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,068
    Likes Received:
    2,677
    Trophy Points:
    413
  12. Yusuf.S

    Yusuf.S Well-Known Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    1,158
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    haha, yaudah-yaudah di dunia ini kamu memang yang selalu bener, semua orang salah kecuali kamu @Liszton :D
     
  13. Liszton

    Liszton Member

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    537
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    yaaa selebihnya seperti itu gan hehe
     
  14. Liszton

    Liszton Member

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    537
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    ngeri lagi kalau kurang dari 1 orang mas @Ardilas , misalnya setengah atau seperempat, nyebutnya apa coba? haha
     
  15. Liszton

    Liszton Member

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    537
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    Tempat saya juga gitu gan, naik motor honda mio haha
     
  16. Liszton

    Liszton Member

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    537
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    @Yusuf.S kalau poin 1, 2, 3 bisa dianggap selfie dan ada sumber yang menguatkan, saya mau kok mas dianggap salah
     
    Yusuf.S likes this.
  17. farhaki

    farhaki New Member

    Joined:
    May 19, 2015
    Messages:
    68
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
  18. Liszton

    Liszton Member

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    537
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    wahahaha ketahuan
     
  19. Liszton

    Liszton Member

    Joined:
    May 6, 2015
    Messages:
    537
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    wakakaka kalau foto ktp kayaknya mending pada pakai foto selfie aja
     
  20. ziuma

    ziuma Well-Known Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    1,487
    Likes Received:
    221
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    sama di tempat saya juga seperti itu.
     
    Last edited: May 22, 2015
Loading...

Share This Page