Sangat Kaya Rasa,Ini 3 Kuliner Nikmat Asal Palangkaraya!

Discussion in 'Tourism' started by Wisato, Jan 6, 2020.

  1. Wisato

    Wisato Member

    Joined:
    Jun 13, 2019
    Messages:
    57
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    1. IKAN JELAWAT
    [​IMG]
    Sumber: Instagram @Yusuf_ipink
    Jenis ikan ini mungkin masih terdengar asing di telinga anda. Itu hal yang wajar, sebab Ikan Jelawat memang hanya hidup dikawasan Kalimantan saja. Makanya, rugi deh kalau berbagai olahan Ikan Jelawat gagal dibawa pulang. Ikan Jelawat memiliki ukuran yang cukup panjang yaitu sekitar 25 CM. Uniknya lagi, nih, Ikan ini pun sampai dibuat monumen, loh, di Sungai Mentaya Kalimantan Tengah. Ikan Jelawat umumnya diolah dengan cara dibakar atau digoreng. Bumbu yang dpakaipun terbilang biasa hanya bawang putih, jahe, dan sederet bumbu dapur lainnya. Tapi soal rasa, aduh jauh banget dari biasa deh. Enak banget pokoknya. Apalagi kalau sudah mengunyah bagian ikannya yang lembut. Mantap … banget!!

    2. BENGAMAT
    [​IMG]
    Sumber: Instagram @felixsienatra
    Apakah anda pernah memakan dari daging kelelawar? Di Palangkaraya, olahan daging dari hewan yang hobi terbang di malam hari ini namanya Bengamat. Bengamat bisa juga dibilang Paniki-nya orang Palangkaraya Biasanya sebelum diolah, daging kelewar tersebut dibersihkan terlebih dahulu, lalu dimasak dengan sayur hati pisang. Walaupun terbilang ekstrim, tapi efeknya memang bikin penasaran. Terlebih kalau sudah mendengar berbagai testimoni dari masyarakat di sana bahwa Bengamat punya rasa yang jempolan, makkin banyak, deh, yang akhirnya membawa Bengamat ini sebagai oleh-oleh.

    3. IKAN SALUANG
    [​IMG]
    Sumber: Instagram @deddyhuang
    Jangan geleng-geleng kepala mendengar berbagai olahan jenis ikan dari Palangkaraya, sebab kota terluas di Indonesia ini emang gudangnya kuliner ikan-ikanan. Jika tadi sudah dibahas mengenai Ikan Jelawat, sekarang adalagi namanya Ikan Saluang. Di Palangkaraya hidangan Ikan Seluang umumnya dimasak sampai garing lalu dinikmati dengan sambal. Sebelum digoreng, ikan Saluang ditaburi bumbu bawang putih dan garam yang sudah dihaluskan supaya lebih lezat.

    Sumber: https://wisato.id/wisata-kuliner/10-oleh-oleh-khas-palangkaraya/
     
  2. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    145
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    hmmm enak sekali itu sepertinya, makanan dari palangkaraya. kapan aku bisa kesana ya. haha
     
    Wisato likes this.
  3. elfathin

    elfathin Member

    Joined:
    Jul 31, 2018
    Messages:
    44
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    jadi tergiur dengan aneka makanan khas palangkaraya liat sambal nya itu bikin ngiler.
     
    Wisato likes this.
Loading...

Share This Page