Sarapan Praktis & Menyehatkan Buat Si Super Sibuk

Discussion in 'Cooking' started by Wakuliner, Sep 16, 2018.

  1. Wakuliner

    Wakuliner New Member

    Joined:
    Aug 31, 2018
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sebab-sebab-Mengabaikan-Sarapan-Pagi1023.jpg

    Manusia dalam melakukan aktivitas memerlukan energi, dan energi didapat dari makanan yang masuk ke tubuh kita. Begitu pun ketika kita akan melakukan aktifitas di pagi hari, pastinya kita harus sarapan. Sayangnya beberapa orang kadang suka melewatkan sarapan dengan alasan tidak punya waktu. Padahal sarapan itu itu penting loh Wakulover. Ada banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan sarapan, salah satunya memberikan nutrisi pada otak. Dengan sarapan yang benar akan menambah energi kamu dalam bentuk glukosa dan glikogen, dimana glukosa adalah salah satu bahan bakar yang digunakan oleh otak.

    Selain itu sarapan juga bisa mengendalikan berat badan loh. Sarapan merupakan pemicu awal proses metabolisme, dan itu artinya pembakaran kalori menjadi lebih efisien selama sepanjang hari tersebut. Kalau kamu melewatkan sarapan, tubuh kamu seperti berpuasa selama 15-20 jam, sehingga tubuh tidak akan memproduksi enzim untuk proses metabolisme lemak. Akibatnya, lemak dalam tubuh akan menumpuk sehingga berat badan akan sulit turun. Menu sarapan yang sering dijumpai di Indonesia antara lain nasi goreng, nasi uduk, bubur ayam, nasi kuning, soto, dan lontong sayur. Rata – rata menu tersebut mengandung kalori padat dan karbohidrat sederhana yang dapat membuat gula darah melonjak dan turun dengan cepat.

    Sarapan tidak mesti berat kok, boleh juga makanan ringan asalkan tetap kaya akan nutrisi. Porsi sarapan sebaiknya juga jangan terlalu banyak dan hindari makanan berkomposisi gula sangat banyak, karena dampaknya pasti akan membuat kamu ngantuk. Sarapan yang sehat dianjurkan mengandung karbohidrat kompleks seperti biji-bijian utuh atau sereal gandum (oatmeal), protein seperti selai kacang, daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur rebus, keju atau susu rendah lemak, serta buah-buahan dan sayur-sayuran. Kombinasi tersebut memberi energi stabil sehingga membuat kamu kenyang selama berjam-jam sehingga meminimalkan keinginan untuk mengemil.

    Buah – buahan yang cocok untuk sarapan cepat antara lain Stroberi yang kaya antioksidan dan rendah kalori, Pisang yang mengandung pati resisten terbaik, dan Kiwi yang mengandung vitamin C, serat, serta kaya asupan kalium dan mineral. Kamu bisa santap langsung atau bisa juga diolah menjadi jus atau smoothie. Sedangkan sayuran yang cocok untuk sarapan cepat biasanya brokoli. Brokoli adalah salah satu sayuran yang kaya akan serat, kalori dan nutrisi yang akan membuat perutmu merasa kenyang pada jam-jam padat. Tak melulu direbus, brokoli bisa juga diolah menjadi smoothie sehingga lebih cepat dan mudah dikonsumsi bagi kamu yang selalu sibuk di pagi hari.

    Kalau Wakulover mau coba menu sarapan cepat yang berbeda, kamu bisa coba Ubi Jalar. Umbi – umbian jenis ini kaya akan serat yang membuat kamu lebih cepat kenyang dan rasa kenyang itu bertahan lebih lama. Proses pengolahannya cukup mudah yaitu direbus atau dikukus. Selain itu Jagung Rebus dan Edamame rebus atau kukus juga bisa menjadi salah satu menu sarapan cepat kamu. Bukan cuma makanan, beberapa jenis minuman juga bisa dijadikan buat sarapan cepat kok. Contohnya Infused Water dan Green tea madu. Kamu juga boleh meminum kopi saat sarapan asalkan diminum setelah sarapan untuk mencegah risiko iritasi lambung. Selain itu hindari konsumsi makanan instan saat sarapan karena umumnya makanan instan sangat minim serat dan banyak mengandung pengawet yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.

    Selain di atas tadi, Wakuliner juga akan memberikan beberapa resep menu sarapan buat kamu yang super sibuk di pagi hari. Salah satunya Telur Dadar Sayur. Kamu hanya perlu menambah potongan wortel, jagung, jamur, arugula dan sayuran hijau lainnya ke dalam kocokan telur. Kamu juga bisa mencoba menu sarapan ala barat yaitu pancake. Resepnya ternyata cukup mudah kok, hanya dengan mencampur tepung terigu, telur, susu cair, dan margarin kemudian masak di teflon agar tidak lengket. Sedangkan buat kamu yang punya microwave di rumah, kamu bisa mencoba resep 5-Minute Quiche in a Mug. Kamu tinggal masukan pecahan telur ke dalam mug lalu tambahkan sisa makanan yang ada di dalam kulkas, terakhir masukkan mug tersebut ke dalam microwave hingga matang.

    Selanjutnya buat kamu yang cuma punya nasi matang dan abon, kamu bisa membuat onigiri kreasi sendiri. Cukup membentuk bulatan pada nasi yang sudah diberi garam, lalu mengisinya dengan abon dan taruh nori atau lembaran rumput laut di atasnya bila punya. Ada lagi resep Southwest Tofu Scramble. Kamu tinggal hancurkan tahu putih dan campurkan dengan sisa sayuran hijau yang kamu punya, lalu tumis seperti biasa. Untuk mempersingkat waktu saat menyiapkan menu sarapan di atas, sebaiknya siapkan bahan-bahan makanan pada malam hari sebelum kamu tidur. Jadi ketika pagi hari, kamu bisa dengan mudah memprosesnya tanpa harus mencari di mana letak bahan-bahan makanan tersebut.

    Mengonsumsi sarapan di pagi hari sebelum beraktifitas merupakan bagian dari gaya hidup sehat loh Wakulover. Jadi biasakan selalu mengkonsumsi sarapan sebelum menjalani kegiatanmu di pagi hari ya.

    Wakuliner, Solusi Kuliner!
     
    Last edited by a moderator: Sep 16, 2018
  2. Tri Setiawan

    Tri Setiawan Member

    Joined:
    Nov 15, 2017
    Messages:
    191
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Wah, solusi bagus nih kadang suka lupa sarapan saking sibuknya hehee
     
Loading...

Share This Page