Sebelum Bekerja di Jepang, Sebaiknya Pahami Hal-Hal Berikut Ini

Discussion in 'Education' started by Nur Maulida, Jun 12, 2020.

  1. Nur Maulida

    Nur Maulida Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    46
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Bekerja di luar negeri tentunya akan menjadi salah satu pengalaman berharga dan unik yang bisa Anda miliki. Hal ini tidak lain karena Anda telah sengaja keluar dari zona nyaman dan berani menerima tantangan dengan sistem kerja yang tentunya berbeda dengan negeri sendiri. Salah satunya adalah bekerja di Jepang.

    Jika Anda berniat bekerja di Jepang, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu cara bekerja di Jepang tersebut, muali dari budaya, adat istiadat dan beberapa hal lainnya. Sebab, bekerja di Jepang itu tidak sesimpel seperti bekerja di Indonesia.

    Nah, berikut ini adalah cara bekerja di Jepang yang perlu Anda ketahui:

    1. Mempelajari Bahasa Jepang

    Langkah pertama sebelum bekerja di Jepang adalah mempelajari terlebih dahulu bahasa Jepang dan menguasainya. Sama seperti bahasa Indonesia yang wajib digunakan di dalam negeri, bahasa Jepang pun seperti itu. Hal ini terjadi karena tidak semua orang Jepang dapat berbahasa Inggris dengan fasih dan lancar.

    Banyak cara loh agar Anda dapat belajar bahasa jepang dengan lancar. Salah satunya adalah dengan berlatih di Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang ada di Indonesia.

    2. Melamar di Perusahaan Jepang yang ada di Indonesia

    Cara lain yang bisa Anda lakukan agar dapat bekerja di Jepang adalah melamar di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia. Dengan bekerja di perusahaan Jepang, maka persentase Anda untuk bekerja di Jepang tentu akan sangat besar, mengingat perusahaan tersebut sering menugaskan karyawan terbaiknya untuk bekerja di sana.

    3. Menjadi pekerja magang melalui jalur Depnaker

    [​IMG]
    Jika langkah sebelumnya belum berhasil, Anda dapat mengikuti langkah lainnya, yaitu menjadi pekerja magang melalui program kerja sama antara Departemen Tenaga Kerja (Depnaker) dengan IMM-Japan. Keunggulan dari program ini adalah tidak diperlukannya pendidikan yang terlalu tinggi, bahkan lulusan SMA pun dapat mengikuti program kerja sama ini.

    4. Mencari Sekolah di Jepang

    Cara ini terbilang cukup mudah meski prosesnya akan cukup panjang. Sebab, melalui cara ini memungkinkan seluruh administrasi Anda akan diurus oleh perusahaan tempat bekerja Anda nantinya. Sekolah di Jepang sendiri mencakup sekolah bahasa Jepang setelah lulus SMA atau kuliah di Indonesia atau Anda bisa mendaftar S2 di Jepang setelah lulus S1 di Indonesia.

    5. Menikah dengan orang Jepang

    Cara ini mungkin agak susah-susah gampang. Sebab, sebelum Anda menikah, tentunya Anda perlu mengenal tentang orang Jepang itu sendiri. Langkah pertama untuk mengenalnya adalah dengan mempelajari bahasa dan budayanya. Karena itu, sebelum Anda berniat menggunakan cara ini, sebaiknya pastikan bahwa Anda telah memahami dan berbahasa Jepang dengan benar.
     
Loading...

Share This Page