Seberapa Pentingkah Memiliki Perlindungan Kecelakaan Kerja Tambahan?

Discussion in 'Education' started by Septiano, Aug 30, 2019.

  1. Septiano

    Septiano New Member

    Joined:
    Apr 27, 2018
    Messages:
    35
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Angka kecelakaan kerja mengalami peningkatan yang signifikan tiap tahunnya. Menurut data yang dihimpun oleh BPJS Ketenagakerjaan, pada tahun 2017 ada 123.041 kasus kecelakaan kerja yang terjadi. Angka tersebut mengalami kenaikan sepanjang tahun 2018. Di tahun 2018, terdapat 173.105 kasus kecelakaan kerja yang terjadi di Indonesia. Peningkatan kasus kecelakaan kerja yang ada di Indonesia menjadi alasan penting mengapa setiap pekerja perlu memiliki perlindungan. Di samping memiliki perlindungan yang telah diberikan perusahaan, penting juga memiliki perlindungan tambahan. Apa saja sih kira-kira manfaat perlindungan kecelakaan kerja tambahan?

    keuntungan_memiliki_asuransi_rawat_inap.jpg

    Mengatur Pengeluaran

    Manfaat yang bisa kamu rasakan dengan memiliki perlindungan kecelakaan kerja tambahan ialah mengatur pengeluaran. Seringkali, ketika kamu mengalami kecelakaan kerja, kondisi keuangan menjadi tidak stabil. Walupun sudah memiliki perlindungan kecelakaan kerja dari perusahaan, terkadang kamu perlu mengeluarkan uang lain untuk kebutuhan tambahan. Uang yang dikeluarkan untuk kebutuhan tambahan akan membuatmu kesulitan untuk mengatur pengeluaran secara rapih, sebab kamu harus mengeluarkan uang lebih banyak daripada yang direncanakan.

    Menambah Dana Finansial

    Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari perlindungan kecelakaan kerja tambahan ialah adanya tambahan dana finansial. Tambahan dana finasial bisa didapatkan ketika kamu memilih produk perlindungan berupa asuransi yang memberikan santunan uang tunai. Tentu santunan tersebut akan berguna untukmu yang membutuhkankan dana segar, mengingat terkadang perlindungan yang diberikan pihak kantor tidak mencakup kebutuhan pengobatanmu secara 100%.

    Selain itu, dana finansial yang didapatkan dari perlindungan tersebut juga berguna untuk hal lain seperti biaya operasional keluarga di rumah. Ketika kamu mengalami kecelakaan kerja dan perlu dirawat inap di rumah sakit, pasti keuangan keluarga akan terganggu. Jika kamu memiliki santunan tunai dari perlindungan kecelakan kerja tambahanmu, kamu bisa menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluargamu di rumah.

    Memberikan Rasa Tenang

    Jika kamu memiliki perlindungan kecelakaan kerja tambahan, kamu tidak perlu merasa was-was tidak terlindungi secara penuh. Asuransi kecelakaan kerja yang diberikan pihak kantor terkadang tidak membayarkan klaim secara penuh. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan JAKPAT dan PFI Mega Life, rata-rata pasien yang hanya memiliki satu perlindungan, asuransinya tidak mencukupi limit pengobatan.

    Hal berbeda terjadi jika kamu memiliki asuransi kecelakaan kerja tambahan. Dengan memiliki perlindungan tambahan, kamu tidak akan cemas kalau asuransimu tidak mencukupi limit. Ada banyak asuransi yang memberlakukan double claim. Double claim memudahkanmu karena biasanya asuransi dengan fitur double claim memberikan manfaat dana tunai sesuai biaya rawat inapmu meskipun biayanya telah dibayarkan oleh asuransi dari kantormu. Mudah bukan?

    Mendapatkan Fasilitas Kesehatan yang Baik

    Berdasarkan riset yang dilakukan JAKPAT dengan PFI Mega Life, rata-rata orang memilih rawat inap di kelas dua karena takut asuransi tidak memasuki limit. Dengan memiliki asuransi tambahan, kamu tidak perlu menurunkan kelas fasilitas kesehatan hanya karena takut tidak mencukupi limit, sebab asuransimu yang lain bisa melengkapi kekurangan tersebut.

    Tips Memilih Perlindungan Kecelakaan Kerja Tambahan

    Nah, setelah menyadari betapa pentingnya perlindungan tambahan, bagaimana sih cara memilih perlindungan tambahan yang penting?

    Hal pertama yang perlu kamu perhatikan ialah melihat review produk asuransi yang ada. Kamu bisa mencari testimoni dan pengalaman klaim pengguna. Pastikan produk yang kamu pilih merupakan produk asuransi terpercaya dan tidak menyulitkanmu ketika kamu harus klaim.

    Selain melihat review sebelum memilih, kamu harus juga memperhatikan polis asuransi. Polis asuransi merupakan acuan kontrakmu dengan pihak asuransi. Pastikan kamu membaca polis dengan teliti karena kamu harus menyesuaikan manfaat yang diberikan dengan kebutuhanmu. Terkadang ketidaktelitian dalam membaca membuatmu mendapatkan manfaat yang jauh berbeda dari yang kamu inginkan.

    Perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum kamu menandatangani polis asuransimu. Lihat pula jenis asuransi yang akan kamu pilih. Apakah itu bentuk asuransi umum atau asuransi unit link yang memuat investasi di dalamnya. Oleh sebab itu, penting sekali agar kamu memilih perlindungan kecelakaan kerja dengan benar, agar kamu bisa mendapatka perlindungn secara maksimal.
     
Loading...

Share This Page