Sedikit Tips Ngatur Keuangan Untuk UMKM

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by harsonoegi, Mar 30, 2020.

  1. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    119
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Banyak hal yang harus diperhatikan oleh seorang pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Salah satu aspek paling vital adalah mengelola keuangan atau akuntansi di setiap bisnis termasuk oleh UMKM. Karna setiap data keuangan penting dan harus mudah diakses sehingga memudahkan pengambilan keputusan.


    [​IMG]

    1. Memisahkan Rekening Pribadi & Bisnis

    Dengan membuat 2 rekening yaitu rekening pribadi dan rekening bisnis, tentu akan membantu dalam pengelolaan arus kas perusahaan. Namun ada baiknya sebelum membuat rekening, pastikan untuk meriset perbandingan kebijakan bank. Biasanya rekening bisnis memiliki biaya admin yang lebih besar dibandingkan rekening pribadi.


    2. Buat Pembukuan yang Jelas

    Segala proses pencatatan transaksi keuangan yang meliputi penjualan, pembelian, pendapatan serta pengeluaran harus dicatat dalam pembukuan. Penggunaan pembukuan akan mempermudah dalam menganalisis setiap transaksi pengeluaran dan pendapatan sehingga mempermudah dalam pengendaliannya.


    3. Simpan Pendapatan untuk Modal

    Jangan pernah habiskan pendapatan jika ingin usaha lebih berkembang. Gunakanlah uang tersebut sebagai modal untuk mengembangkan usaha. Modal yang besar akan membuat usaha semakin mudah dikembangkan.


    4. Perekrutan Karyawan

    Aspek lain yang harus diperhitungkan bagi UMKM adalah masalah perekrutan karyawan. Cukup pekerjakan karyawan sesuai kebutuhan operasional usaha Anda. Jangan sampai pengeluaran Anda membengkak karena biaya operasional karyawan yang tidak terlalu perlu.

    5. Go Digital

    Sebenarnya ada cara lebih mudah dalam pengelolaan akuntansi usaha Anda. Salah satunya adalah dengan digitalisasi. Yang dimaksud dengan digitalisasi disini adalah penggunaan sistem komputerisasi mengenai jurnal keuangan usaha Anda.

    Kesimpulan:


    Salah satu cara untuk mengelola akuntansi UMKM adalah dengan sistem Point of Sale (POS). Masih banyak pelaku UMKM yang belum menerapkan POS, padahal POS sangat mempermudah pengelolaan transaksi dalam bisnis. Semua data transaksi akan terekam secara otomatis. Anda dapat dengan mudah mengakses dan menganalisis kapanpun dan dimanapun.

    Dengan POS Anda bisa meminimalisir kesalahan dalam proses pengelolaan akuntansi karena semua transaksi sudah terekam secara sistematis. Selain itu dapat menghemat biaya operasional karyawan. Apalagi disaat gempuran wabah Covid-19 seperti saat ini dimana Anda harus benar-benar bisa memanfaatkan cashflow dengan bijak. Kitadigi menyediakan platform digital bagi para UMKM.
     
  2. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    260
    Likes Received:
    71
    Trophy Points:
    28
    Ayo yang belum dapat kerjaan coba-coba berbsnis. Mulai dari UMKM dulu sesuai budget, siapa tahu menjadi besar. Toh tutorial mengelola usaha kecil termasuk cara mengatur keuangan UMKM seerti ini sudah banyak beredar di internet. Coba aja dulu yang sekiranya cocok
     
    harsonoegi likes this.
  3. bagus ananda

    bagus ananda New Member

    Joined:
    Dec 30, 2018
    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    manttap artikelnya, ditunggu yang lainnya ya
     
    harsonoegi likes this.
  4. harsonoegi

    harsonoegi Member

    Joined:
    Sep 23, 2019
    Messages:
    119
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    s
    siap gan. btw apakah kamu punya usaha?
     
  5. bagus ananda

    bagus ananda New Member

    Joined:
    Dec 30, 2018
    Messages:
    6
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    ya saya moncoba berjualan pom mini via blog, jadi masih perlu belajar banyak lagi
     
  6. daarelhijrah

    daarelhijrah New Member

    Joined:
    Apr 26, 2020
    Messages:
    36
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    yes,.. keren artikelnya.

    semangat terus untuk menulis artikel bermanfaat mas

    thanks artikelnya ya.
     
Loading...

Share This Page