Sejarah Awal Penggunaan Batu Gerinda Sampai Mata Gerinda Dan Menjadi Mesin

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Expedisi Murah, Sep 3, 2015.

  1. Expedisi Murah

    Expedisi Murah Member

    Joined:
    Feb 2, 2015
    Messages:
    388
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    SEJARAH AWAL PENGGUNAAN BATU GERINDA SAMAPI MATA GERINDA DAN MENJADI MESIN

    Pada dasarnya Gerinda adalah alat untuk memperhalus maupun menajamkan alat potong yaitu dengan cara mengasahnya yang pada mulanya dengan bahan pasir maupun batu. Sedang Sejarah Batu Gerinda ini jauh sebelumnya sudah ditemukan oleh manusia primitif yang mana dipergunakan untuk mengasah alat buru maupun untuk alat perkakas sehari-hari. Akan tetapi dengan menggunakan bahan yang ditemukan disekeliling nya contoh pasir maupun batu gamping.

    Sedangkan alat pengikis mulai dipergunakan di dalam pembuat batu gerinda yang mana ini pertama kali digunakan pada zaman besi dan perunggu. Pada zaman ini sudah dikembangannya Mata Batu Gerinda. Pada zaman ini mata gerinda sudah dibuat lebih bagus dan lebih baik dalam proses penajaman alat buru maupun alat perkakas. Dan di awal tahun 1900-an, mengalami perkembangan yang amat pesat seiring dengan kemampuan manusia membuat butiran abrasive seperti pasir silikon karbida serta aluminium karbida.

    Selanjutnya pada masa-masa selanjutnya mulai dikembangkan mesin pengasah dengan mata gerinda yang lebih efektif dan efisien yang lebih efektif dan efisien yang disebut dengan mesin gerinda. Mesin ini dapat mengikis permukaan logam dengan cepat dan mempunyai tingkat akurasi yang tinggi sesuai dengan bentuk yang diinginkan.


    Mesin gerinda pada prinsipnya adalah salah satu mesin perkakas yang dipergunakan untuk mengasah maupun memotong benda kerja dengan tujuan mempermudah pekerjan maupun untuk mendapatkan hasil yang lebih rapih serta bagus. Pada prinsip cara kerja mesin gerinda ini adalah batu gerinda yang berputar serta bersentuhan dengan obyek atau bahan yang ingin dibentuk maupun diubah sesuai dengan keperluan maupun yang dibutuhkan. Jadi mesin gerinda ini akan berfungsi cara kerja diputar manual maupun dengan mesin sehingga terjadi pengikisan, penajaman, pengasahan, atau pemotongan, pengampalsan dan sampai finishing pemolesan.

    [​IMG]


    Pada prinsip cara kerja utama mesin gerinda secara garis besar mempunyai tiga gerakan utama, yaitu:

    1) Gerak putar batu gerinda.
    2) Gerak meja memanjang dan melintang.
    3) Gerak Pemakanan.


    Macam Jenis- Jenis Mesin Gerinda Yang Umum Digunakan Dalam Kegiatan Produksi :



    Mesin Gerinda Permukaan

    Mesin Surface Grinding adalah jenis mesin dengan mata gerinda yang memfokuskan pada bentuk datar serta permukaan yang rata pada sebuah benda kerja yang berada di bawah batu gerinda yang berputar baik manual maupun automatic.

    Mesin surface grinding berdasarkan pergerakan meja dan spindlenya dibagi menjadi 3 macam, yaitu:


    1. Mesin dengan mata gerinda datar horizontal dengan bergerak meja bolak-balik.
    Mesin gerinda ini digunakan untuk menggerinda benda-benda dengan permukaan rata dan menyudut.
    2. Mesin dengan mata gerinda yang datar dengan posisi horizontal dengan cara kerja meja berputar
    Mesin dengan mata gerinda jenis ini dipergunakan untuk menggerinda permukaan rata pada benda kerja silindris.
    3. Mesin dengan mata gerinda datar vertical dengan cara kerja meja bolak-balik
    Mesin dengan mata gerinda jenis ini biasanya digunakan untuk menggerinda benda-benda berpermukaan rata serta lebar.
    Mesin dengan mata gerinda jenis ini dipergunakan untuk menggerinda permukaan rata poros dan lubang.
    Bisa juga untuk membuat lubang yang presisi bila memang tidak ada mesin universal grinding.

    Berdasarkan prinsip kerjanya mesin gerinda datar dibagi menjadi 2 macam, yaitu:


    1. Surface grinding semi otomatis, proses pemotongan dapat dilakukan secara manual (tangan) dan otomatis mesin.
    2. Surface grinding otomatis, proses pemotongan diatur melalui pemograman.

    Berdasarkan prinsip pendingin (coolant) mesin gerinda datar dibagi menjadi 2 macam, yaitu:


    Penggerindaan kering
    Sesuai dengan tujuannya, penggerindaan kering dilakukan tanpa menggunakan cairan pendingin. Agar debu yang timbul dari penggerindaan tidak beterbangan dan terhisap oleh orang yang bekerja, maka mesin dilengkapi dengan penyedot debu. Karena apabila tidak disedot, maka debu akan mengendap pada bagian-bagian mesin.

    [​IMG]

    Penggerindaan basah
    Pada penggerindaan basah digunakan cairan pendingin untuk mencegah debu yang timbul dari penggerindaan. Hal ini perlu dijaga agar tidak sampai mengenai operator, dan tidak pula berserakan keluar mesin maupun kena lantai. Untuk itu mesin ini operlu dilengkapi perisai untuk menahan cairan pendingin. Pada penggerindaan basah, kita dapat mempertahankan sifat logam, karena tidak mengalami kenaikan suhu akibat gesesekan pada proses pemotongan.
    Prinsip kerja utama dari mesin surface grinding adalah gerakan bolak-balik benda kerja, dan gerak rotasi dari tool.

    [​IMG]

    Mesin Gerinda tangan merupakan mesin yang berfungsi untuk menggerinda benda kerja. Awalnya mesin gerinda hanya ditujukan untuk benda kerja berupa logam yang keras seperti besi dan stainless steel. Menggerinda dapat bertujuan untuk mengasah benda kerja seperti pisau dan pahat, atau dapat juga bertujuan untuk membentuk benda kerja seperti merapikan hasil pemotongan, merapikan hasil las, membentuk lengkungan pada benda kerja yang bersudut, menyiapkan permukaan benda kerja untuk dilas, dan lain-lain.

    Kecepatan dan kemampuan perputaran mesin gerinda sekitar 11000 - 15000 rpm. Dengan kecepatan tersebut batu grinda, yang merupakan komposisi aluminium oksida dengan kekasaran serta kekerasan yang sesuai, dapat menggerus permukaan logam sehingga menghasilkan bentuk yang diinginkan. Dengan kecepatan tersebut juga, mesin gerinda juga dapat digunakan untuk memotong benda logam dengan menggunakan batu grinda yang dikhususkan untuk memotong. Untuk mengetahui komposisi kandungan batu gerinda yang sesuai untuk benda kerjanya dapat dilihat pada artikel spesifikasi batu gerinda.

    Dengan batu atau mata yang sesuai kita juga dapat menggunakan mesin gerinda pada benda kerja lain seperti kayu, beton, keramik, genteng, bata, batu alam, kaca, dan lain-lain. Tetapi sebelum menggunakan mesin gerinda tangan untuk benda kerja yang bukan logam, perlu juga dipastikan agar kita menggunakannya secara benar, karena penggunaan mesin gerinda tangan untuk benda kerja bukan logam umumnya memiliki resiko yang lebih besar.

    Untuk itu kita perlu menggunakan peralatan keselamatan kerja seperti pelindung mata, pelindung hidung (masker), sarung tangan, dan juga perlu menggunakan handle tangan yang biasanya disediakan oleh mesin gerinda. Tidak semua mesin gerinda tangan menyediakan handle tangan, karena mesin yang tidak menyediakan handle tangan biasanya tidak disarankan untuk digunakan pada benda kerja non-logam.

    Untuk memotong kayu kita dapat menggunakan mata gergaji circular ukuran 4? seperti yang disediakan oleh merk eye brand dan GMT. Untuk memotong bahan bangunan seperti bata, genteng, beton, keramik, atau batu alam kita dapat menggunakan mata potong seperti yang disediakan oleh merk Bosch atau Makita. Untuk membentuk atau menggerinda bahan bangunan juga dapat menggunakan mata gerinda beton seperti yang disediakan oleh merk Benz. Untuk menggerinda kaca kita juga dapat menggunakan batu gerinda yang dikhususkan untuk kaca. Tetapi selain menggunakan batu atau mata yang tepat kita juga harus dapat menggunakan mesin gerinda tangan yang tepat pula.

    Dari beberapa pilihan merk dan tipe mesin gerinda tangan, mesin gerinda tangan ukuran 4? adalah mesin gerinda yang banyak disediakan di pasaran. Mesin gerinda tangan ukuran ini banyak digunakan untuk hobby dan usaha kecil dan menengah, sedangkan ukuran yang lebih besar biasanya lebih banyak digunakan untuk industri-industri besar.

    Pada mesin gerinda ukuran 4? beberapa merk terkenal (seperti : Makita, Bosch, Dewalt) memberikan minimal 2 pilihan yaitu yang standard dan yang bertenaga lebih besar. Tipe standard biasanya memiliki daya listrik berikisar antara 500 - 700 watt (Makita 9500N / 9553B, Bosch GWS 6-100, Dewalt DW810) sedangkan yang bertenaga lebih besar memiliki daya lebih besar dari 800 watt (Makita 9556NB, Bosch GWS8-100C / CE, Dewalt D28111).

    Pada dasarnya semua keperluan cukup menggunakan tipe standard, penggunaan mesin dengan tenaga yang lebih besar diperlukan untuk benda kerja yang lebih keras, seperti stainless steel, logam yang lebih keras, keramik, batu alam atau beton. Mesin tipe standar yang digunakan untuk material-material tersebut umumnya lebih cepat panas dan berumur lebih pendek, karena pada material yang lebih keras, mesin bekerja lebih keras sehingga membutuhkan torsi yang lebih besar dan ketahanan panas yang lebih tinggi.

    Khusus untuk benda kerja berupa kaca, karena sifat materialnya, kita membutuhkan mesin gerinda dengan kecepatan lebih rendah. Dan yang menyediakan mesin untuk keperluan ini adalah merk Bosch dengan tipe GWS 8-100CE, mesin ini memiliki fitur berupa pengaturan akecepatan, yang tidak dimiliki merk lainnya. Dengan demikian kita dapat mengatur mesin pada kecepatan rendah sehingga mengurangi resiko rusak pada benda kerja. Selain itu karena fitur ini, mesin gerinda Bosch GWS 8-100CE ini juga dapat digunakan untuk memoles mobil. Cukup dengan menggunakan piringan karet dan wol poles yang sesuai.

    Mesin gerinda tangan adalah mesin yang serba guna, dapat digunakan untuk menggerinda atau memotong benda logam, kayu, bahan bangunan, kaca dan juga memoles mobil. Dengan menggunakan mesin dan mata yang tepat maka kita dapat menggunakan mesin gerinda dengan optimal. Tetapi tak lupa kita juga perlu memperhatikan keselamatan kerja.


    3. Mesin Gerinda Duduk

    Fungsi utama gerinda duduk adalah untuk mengasah mata bor, tetapi dapat juga digunakan untuk mengasah pisau lainnya, seperti mengasah pisau dapur, golok, kampak, arit, mata bajak, dan perkakas pisau lainnya. Selain untuk mengasah, gerinda duduk dapat juga untuk membentuk atau membuat perkakas baru, seperti membuat pisau khusus untuk meraut bambu, membuat sukucadang mesin jahit, membuat obeng, atau alat bantu lainnya untuk reparasi turbin dan mesin lainnya.

    4. Mesin Gerinda Silindris

    Mesin gerinda silindris adalah alat pemesinan yang berfungsi untuk membuat
    bentuk-bentuk silindris, silindris bertingkat, dan sebagainya. Berdasarkan
    konstruksi mesinnya, mesin gerinda silindris dibedakan mejadi menjadi empat
    macam:
    A. Gerinda silindris luar
    Mesin gerinda silindris luar berfungsi untuk menggerinda diameter luar benda
    kerja yang berbentuk silindris dan tirus.

    B. Mesin gerinda silindris dalam
    Mesin gerinda silindris jenis ini berfungsi untuk menggerinda benda-benda
    dengan diameter dalam yang berbentuk silindris dan tirus.

    C. Mesin gerinda silinder luar tanpa center (centreless)
    Mesin gerinda silindris jenis ini digunakan untuk menggerinda diameter luar
    dalam jumlah yang banyak/massal baik panjang maupun pendek

    D. Mesin gerinda silindris universal
    Sesuai namanya, mesin gerinda jenis ini mampu untuk menggerinda benda
    kerja dengan diameter luar dan dalam baik bentuk silinder

    Sumber : http://batugerindapisaupotong.weebly.com/sejarah-batu-gerinda.html
     
  2. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    859
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    tapi kayanya sih daripada versi mesin, lebih bagus pengasahan nya melalui mesin gerinda manual ya, lebih gimana gitu
     
  3. HermanFaiber

    HermanFaiber Member

    Joined:
    Sep 18, 2017
    Messages:
    73
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Mungkin mengapa kalau manual selalu lebih baik dengan yg mesin otomatis ialah karena prosesnya lebih pelan" detail dan secara khusus dilakukan, dirumah juga biasa pakai batu gerinda manual buat asah pisau atau gunting
     
  4. Kurniawati

    Kurniawati Member

    Joined:
    Nov 10, 2017
    Messages:
    49
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Panjang juga jalannya yaaa, sekarang udah serba mudah, ada juga pisau yg tanpa diasah pun dia masih tetap bagus hingga bertahun"
     
  5. Rinda Septiani

    Rinda Septiani Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    823
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
  6. OkaSaputra

    OkaSaputra Member

    Joined:
    Dec 2, 2017
    Messages:
    100
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Bener gan apa" tuh kalau otomatis emang kurang bagus, contoh, Kita foto pake pengaturan otomatis akan jauh hasil kualitasnya kalau kita atur dulu sesuai suasana, baru okeh
     
  7. Yeni Angraeni

    Yeni Angraeni Member

    Joined:
    Dec 10, 2017
    Messages:
    47
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Bener tuh, sama kaya produk HOMEMADE buatan tangan, manual pasti lebih bagus hasilnya
     
  8. Nurul Amalia Wati

    Nurul Amalia Wati Member

    Joined:
    Dec 18, 2017
    Messages:
    42
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    sejarahnya cukup lengkap yaaa..Semua ada kurang dan lebihnya, kalau menurut saya malah lebih bagus mesin karena lebih cepat dan bisa lebih diandalkan hihi
     
  9. Jo Han

    Jo Han Member

    Joined:
    Aug 30, 2017
    Messages:
    80
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Betul"... Apapun kalau yang Hand Made itu lebih oke gan, karena dibuatnya dengan penuh kesabaran, Pelan"..
     
  10. Samuel Samuel93

    Samuel Samuel93 Member

    Joined:
    Oct 30, 2017
    Messages:
    487
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    jai begitu ya sejarahnya. CUkup jelas dan memberikan wawasan yang lebih untuk pembacanya.
     
Loading...

Share This Page