Sejarah Buah Kurma

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by suryadie, May 9, 2016.

  1. suryadie

    suryadie New Member

    Joined:
    Mar 12, 2016
    Messages:
    7
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Buah kurma merupakan salah satu buah yang paling dikenal di seluruh dunia khususnya di negara-negara yang berpenduduk muslim. Meskipun buah ini tidak bisa tumbuh di setiap negara, namun banyak negara yang menjadi konsumen buah ini. Selain itu, yang menjadi daya tarik tersendiri dari buah kurma adalah ia merupakan salah satu buah yang senantiasa dikonsumsi oleh Nabi Muhammad SAW. Beberapa hadits Nabi juga menyebutkan nama buah kurma sebagai sebuah pengandaian. Seperti dalam hadits yang menerangkan tentang sedekah.

    “Jagalah diri kalian dari api neraka, meski hanya dengan bersedekah sepotong kurma”(HR.Bukhari Muslim)

    Adapun sejarah awal mula ditemukannya pohon kurma masih terjadi perbedaan pendapat di kalangan para peneliti kontemporer. Menurut Erdowardo Bakari, pakar tumbuhan palem asal italia yang dikutip oleh Dr. Ahmad Syauki Ibrahim, dalam bukunya Mau’suah Al ‘I’jaz Al-Ilmi Fil Hadits An-Nabawi atau Ensiklopedia Mukjizat Hadits Nabi dijelaskan bahwa ada beberapa jenis kurma yang tidak tumbuh dengan baik kecuali di daerah subtropis yang memiliki curah hujan yang sangat jarang dan akar-akar pohon jenis tersebut membutuhkan air yang cukup sehingga ia berjuang melawan kadar air asin. Menurut Dr. Ahmad Syauki Ibrahim, penjelasan Erdowardo tadi menunjukkan bahwa asal mula pohon kurma di daerah teluk Arab karena karakteristik daerah yang disebutkan Erdowardo Bakari hanya terletak di daerah sepanjang pesisir teluk Arab dan selatan India atau yang berikilim serupa adalah lembah antara sungai Tigris dan lembah sungai Nil. Fakta lain tentang sejarah pohon kurma di antaranya yaitu ditemukannya sebuah pohon kurma utuh di sebuah kuburan kuno di daerah Shakra sedangkan kuburan itu sudah ada sejak 3200 tahun sebelum masehi. Selain itu, di Al-Wadi Al-Jadidi, Mesir, ditemukan sisa-sisa pohon kurma dari zaman batu.

    Buah kurma memang terbilang cukup unik, hal ini bisa dilihat dari jenisnyab yang begitu banyak. Ada sekitar 10 jenis kurma yang paling popular dijual di seluruh dunia, yaitu :

    1. Kurma Ajwah (yang menjadi favorit Nabi Muhammad SAW)

    2. Kurma Deglet Nor

    3. Kurma Amer Hajj

    4. Kurma Mozafati

    5. Kurma Halawi

    6. Kurma Umelkhashab

    7. Kurma Thoory

    8. Kurma Zhagloul

    9. Kurma Sekkeri

    10. Kurma Saidy

    Demikianlah sejarah singkat buah kurma. semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam Infosiana
     
    Last edited: May 13, 2016
  2. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,138
    Likes Received:
    75
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Diantara 10 buah kurma, saya paling suka kurma ajwah, yang asli dari madinah memang harganya mahal. Konon jika dimakan pada waktu pagi dan sore hari secara rutin dan dimakan sebanyak 7 butir setiap makan, sambil mengamalkan surat tertentu, bisa menjadi tolak bala dari gangguan sihir, santet, teluh dan sejenisnya,,,
     
    suryadie likes this.
  3. suryadie

    suryadie New Member

    Joined:
    Mar 12, 2016
    Messages:
    7
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    yupzz bener banget mas
     
  4. widiyuningsih

    widiyuningsih Member

    Joined:
    May 9, 2016
    Messages:
    97
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    8
    kurma memang menjadi salahs satu makanan paling di buru menjelang bulan ramadhan.
     
  5. Kurniawati

    Kurniawati Member

    Joined:
    Nov 10, 2017
    Messages:
    49
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Buah kurma ini sunnahnya nabi banget yaa, puasa aja kita sangat disarankan buka dan sahur makan kurma, tapi beneran loh dia sumber energi banget
     
  6. Rinda Septiani

    Rinda Septiani Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    823
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
  7. Yeni Angraeni

    Yeni Angraeni Member

    Joined:
    Dec 10, 2017
    Messages:
    47
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Setuju mba Kurnia, aku selalu sempatkan kalau ada disupermarket stoknya pasti beli, buat nambah tenaga juga kerasa banget tuh mba
     
  8. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    859
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kalau untuk yg gemuk/berat badan berlebih aman ga sih kalau konsumsi banyak? pernah konsumsi skitar 10 biji, bikin cepet ngantuk...
     
  9. Angga Kurniawan

    Angga Kurniawan Member

    Joined:
    Oct 12, 2014
    Messages:
    41
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    kurma yang jenisnya manis banget, lembut dan kenyal apa ya namanya?
     
  10. Ahmad Mujib

    Ahmad Mujib Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    214
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Kurmapala atau kurmanisan mungkin,hhh
     
  11. abi winata

    abi winata New Member

    Joined:
    Jan 10, 2018
    Messages:
    21
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    bukan hanya saat puasa aja, sampai saat ini juga masih suka makan kurma untuk cemilan, soalnya buah kurma itu banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan
     
  12. Ardi Tri

    Ardi Tri Member

    Joined:
    Aug 18, 2017
    Messages:
    88
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Salah satu buah yang di sunnah kan dan banyak manfaat *wow2*
     
  13. aricabni78

    aricabni78 New Member

    Joined:
    Aug 4, 2019
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Ada supplier kurma tdk gan ? Mau bantu jual dgn dropship....

    Sent from my SM-G885F using Tapatalk
     
Loading...

Share This Page